Uni Eropa Perbarui Kerja sama dengan Indonesia

Uni Eropa dan Indonesia akan melakukan perubahan kerja sama internasional menjadi kerja sama mitra sejajar. Perubahan kerja sama ini karena Indonesia telah berhasil memperbaiki kondisi perekonomian.

“Uni Eropa akan membangun kerja sama modern dan berwawasan luas yang mendasarkan prinsip kemitraan sejajar dan dialog di bidang seperti perubahan iklim, kejahatan lintas negara, tata kelola global yang baik, dan keamanan kawasan,” kata Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Brunei Darussalam, dan Asean, Julian Wilson, di Jakarta, Selasa (21/5).

Menurut Wilson, Indonesia berhasil mengurangi kemiskinan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menjelma menjadi kekuatan ekonomi dan komersial baru.

Sepanjang 2012, Uni Eropa memberikan dana sebesar 300 juta euro dan menyalurkannya ke berbagai sektor. Sektor pendidikan sebesar 115 juta euro, sedangkan ke sektor ekonomi, perdagangan dan investasi sebesar 32 juta euro. Dana untuk lingkungan hidup dan perubahan iklim sebesar 88 juta euro, tata kelola yang baik 18 juta euro, kesehatan, air, dan sanitasi 45 juta euro, serta kesiapsiagaan bencana serta pencegahan konflik sebesar 6 juta euro.

Ke depan Uni Eropa-Indonesia akan membangun kerja sama yang modern dengan berdasar pada prinsip kemitraan yang sejajar dan dialog di bidang seperti perubahan iklim, kejahatan lintas negara, tata kelola global yang baik dan keamanan kawasan. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)