Unilever Siapkan Langkah Antisipasi Kenaikan Harga BBM

Guna menghadapi dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dan inflasi pada kuartal II tahun 2013, PT Unilever Indonesia Tbk mempersiapkan beberapa langkah efisiensi. Bagi Direktur Utama Unilever Indonesia, Maurits Lalisang, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah peninjauan ulang Internal Cost Effectiveness Program. Ia memaparkan, perusahaan telah melakukan efisiensi biaya internal sampai 2,5%. “Sebisa mungkin kami menekan biaya-biaya yang tidak perlu, seperti biaya transportasi untuk meeting, dan sebagainya,"  imbuh Maurits.

Selain memangkas ongkos yang tidak perlu, Maurits juga mengatakan bahwa perusahaan akan menekan biaya aksidental. “Kami akan mencoba untuk menggunakan teknologi teleconference dan telepresence untuk memangkas biaya-biaya yang biasanya diperlukan untuk kegiatan meeting.”, tambahnya. Ia kembali menambahkan, perusahaan akan meningkatkan margin dengan cara menggenjot penjualan produk-produk yang beromset tinggi, seperti produk personal care. “Strategi lainnya adalah menggenjot penjualan produk-produk campuran.”, ujarnya.

Unilever akan menaikkan harga jual jika semua strategi tersebut tidak mampu menutup biaya produksi yang terkena imbas kenaikan harga BBM dan inflasi. Di kuartal I tahun 2013, perusahaan telah menaikkan harga jual sebesar 4-5% untuk semua kategori produk. Maurits dan timnya akan melihat perkembangan pasar terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menaikkan harga jual pada kuartal II. Namun pihaknya berjanji bahwa jika ada kenaikan harga, tidak jauh berbeda dengan harga pasar dan tetap terjangkau masyarakat.

Sekadar informasi, di kuartal I tahun ini, penjualan Unilever meningkat sebesar 14,7% menjadi Rp 7,6 triliun dengan laba bersih Rp 1,4 triliun. Sementara itu, anggaran belanja modal tahun ini sebesar Rp 1 triliun, yang sudah terserap Rp 360 miliar.  Fokus alokasi belanja modal tahun ini adalah untuk pengembangan fasilitas manufaktur dan penambahan kabinet es krim. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)