UOB-Temasek Gelontorkan US$500 Juta Untuk Startup di Asia

United Overseas Bank Limited (UOB) dan Temasek sepakat akan mengucurkan dana senilai US$500 Juta sebagai utang ventura bagi perusahaan-perusahaan start-up di Tiongkok, India dan Asia Tenggara (termasuk Indonesia).

Berdasarkan laporan Ernest & Young (EY) mengenai utang ventura, potensi pasar untuk utang ventura di Singapura, Tiongkok dan India sebesar US$2,2 miliar.

Untuk memenuhi permintaan pasar utang ventura, UOB dan Temasek bersama-sama akan menyediakan dana hingga US$500 juta dalam kurun waktu 5 (lima) tahun yang akan datang.

Para pemenang Indonesia Youngster Inc. Startup Champions 2014

Adapun, perusahaan start-up yang akan dibiayai adalah yang inovatif dan bergerak di bidang teknologi, konsumer, kesehatan, dan teknologi ramah lingkungan.

Sebagai bagian dari kesepakatan, UOB akan mendapatkan bagian sebesar 50 persen di InnoVen Capital (InnoVen), anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh Temasek, sembari menunggu persetujuan regulator.

InnoVen nantinya akan menjadi perusahaan patungan UOB-Temasek, dan masing-masing perusahaan akan menyetorkan modal sebesar US$100 juta di perusahaan patungan tersebut.

Managing Director and Head of Commercial Banking, UOB Group, Eric Tham menilai kolaborasi ini menyatukan kekuatan dan pengalaman UOB di segmen usaha kecil dan menengah, juga menggabungkan kepiawaian Temasek sebagai investor papan atas kelas dunia.

“Utang ventura sangat penting karena hal ini membantu perusahaan-perusahaan start-up di Asia menjadi perusahaan kelas dunia. Kami melihat hal ini di Tiongkok dan India dimana mereka memiliki ekosistem yang mendukung, Singapura sendiri menjadikan dirinya sebagai pusat start-up di kawasan Asia Tenggara” ujar dia dalam rilisnya.

Managing Director, Enterprise Development Group, Temasek Ong Beng Teck menambahkan, Temasek berkomitmen untuk membangun InnoVen dan mendorong pertumbuhan perusahaan-perusahaan invoatif bekerjasama dengan berbagai pengusaha dan pemodal ventura di kawasan Asia.

“Melalui inisiatif pembiayaan modal ventura lintas Asia ini akan memberikan bantuan yang dibutuhkan untuk kesuksesan perusahaan-perusahaan masa depan,” katanya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)