Upaya Bank Indonesia Gulirkan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT)

GNTT

Secara resmi Gubernur Bank Indonesia mencanangkan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT). Pencanangan ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Bank Indonesia dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Keuangan, Pemerintah Daerah serta Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia sebagai komitmen untuk mendukung GNNT. Pencanangan dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, pelaku bisnis dan juga lembaga-lembaga pemerintah untuk menggunakan sarana pembayaran non tunai dalam melakukan transaksi keuangan, yang tentunya mudah, aman dan efisien.

Agus D.W. Martowardojo, Gubernur Bank Indonesia,mengungkapkan, GNNT ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penggunaan instrumen non tunai, sehingga berangsur-angsur terbentuk suatu komunitas atau masyarakat yang lebih menggunakan instrumen non tunai (Less Cash Society/LCS) khususnya dalam melakukan transaksi atas kegiatan ekonominya.

"Sebagai bentuk komitmen atas perluasan penggunaan instrumen non tunai, kami akan menjadikan GNNT sebagai gerakan tahunan yang didukung dengan berbagai kegiatan untuk mendorong meningkatkan pemahaman masyarakat akan penggunaan instrumen non tunai dalam melakukan transaksi pembayaran," jelas Agus.

Penggunaan transaksi masyarakat Indonesia dalam pembayaran berbasis elektronik masih relatif rendah dibandingkan negara ASEAN lainnya. Sementara itu Indonesia memiliki potensi dalam perluasan akses sistem pembayaran karena didukung oleh kondisi geografi dan jumlah populasi yang cukup besar.

Untuk itu, Bank Indonesia bersama perbankan sebagai pemain utama dalam penyediaan layanan sistem pembayaran kepada masyarakat perlu memiliki visi yang sama dan komitmen yang kuat untuk mendorong penggunaan transaksi non tunai oleh masyarakat dalam mewujudkan LCS.

Pada kesempatan yang sama dilakukan penandatanganan nota kesepahaman mengenai integrasi Electronic Data Capture (EDC) oleh 3 bank pemerintah yang tergabung dalam Himbara yaitu BRI, BNI dan Mandiri.

Bank Indonesia mengapresiasi langkah ketiga bank tersebut yang tentunya sejalan dengan semangat meningkatkan efisiensi dalam sistem pembayaran ritel. Bank Indonesia juga mendorong penyelenggara sistem pembayaran lainnya untuk mengikuti langkah strategis ini, demi terwujudnya masyarakat yang menggunakan instrumen non tunai

Dalam rangka mewujudkan sistem pembayaran yang efisien, aman dan andal dengan tetap menjunjung tinggi aspek perlindungan konsumen, memperhatikan perluasan akses dan kepentingan nasional, Bank Indonesia akan meningkatkan elektronifikasi transaksi pembayaran dan peningkatan infrastruktur sistem pembayaran.

Terkait hal itu, Bank Indonesia akan menyusun sentralisasi pembayaran utility bills dan mendorong penggunaan transaksi pembayaran Pemerintah secara elektronik dengan lebih aktif dan terkoordinasi. Untuk mendukung hal ini, akan dikembangkan pula integrasi Electronic Bill Presentment System dan Integrasi Layanan Pembayaran antar jaringan pembayaran. (EVA)

Leave a Reply

1 thought on “Upaya Bank Indonesia Gulirkan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT)”

Selamat Pagi ,... Salam sejahtera selalu teruntuk para pejabat di Negeri ini... kami ingin mendapatkan BPJS non tunas bagaimana prosedur nya karena kami ini tergolong rakyat miskin yang mana bekerja sebagai buruh cleaning service di Puskesmas Poned Rajapolah sudah se Tahun ini...tapi kami tidak mendapatkan fasilitas yang di berikan oleh pemerintah..giliran yang pegeri negeri dan pensiunan saja ada yang mendapatkan fasilitas Non Tunai apalagi kami sudah mempunyai anak 3 orang , yang paling besar sudah mendapatkan kerja di negeri Jiran karena setelah lulus di salurkan dari SMK Rajapolah...tinggal anak kami yang no 2 masih duduk di SMP dengan bersusah payah menyekolahkan anaak -anak kami, rasa sedih jadi rakyat yang serba kekurangan dimana letak keadilan pemerintah Indonesia yang menyalurkan salah penempatannya.. kami mohon keadilan dari para pemimpin Negeri ini barangkali masih punya hati nurani dan rasa empatinya terhadap kami... sekian dan terima kasih
by Rief Husyahadi, 17 Dec 2014, 11:04

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)