Management Strategy

Upaya HIPPI Dongkrak Produk Indonesia Menembus Pasar Global

Upaya HIPPI Dongkrak Produk Indonesia Menembus Pasar Global

Untuk meningkatkan daya saing usaha dan industri dalam negeri serta menguatkan produk dalam negeri menjadi tuan rumah di negeri sendiri, Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) kembali menggelar Pameran Interior & Craft (ICRA) 2013. ICRA ke 3 yang digelar di Jakarta Convention Center (5-9 Juni 2013) kali ini mengangkat tema “Membangun Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya Inovasi Intektual dan Teknologi” dan dibuka oleh Menteri Perdagangan RI, Gita Wirjawan.

Sebagai organisasi yang mengusung ekonomi kebangsaan, HIPPI berusaha memperjuangkan agar produk Indonesia dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan mampu menembus pasar global. Apalagi HIPPI merupakan organisasi yang mewadahi pengusaha pribumi Indonesia serta memiliki perwakilan di 33 provinsi yang ada di seluruh indonesia.

Menurut Suryani Sidik Motik, Ketua Umum DPP HIPPI, istilah dari pengusaha pribumi di sini ditunjukkan untuk para pengusaha warga negara Indonesia yang memiliki idealisme dalam memperjuangkan kepentingan bangsa dan negara Indonesia. Sebagian besar anggota HIPPI bergerak pada skala UKM di mana pilar utama ekonomi bangsa Indonesia adalah UKM. Bila tahun lalu dalam empat hari pameran, hasil penjualanya sekitar Rp 6 miliar, maka tahun ini dengan lima hari pameran, HIPPI menargetkan penjualan sekitar Rp 7,5 miliar.

Suryani mengharapkan ICRA 2013, selain berfungsi sebagai ajang promosi, juga berperan sebagai ajang pembelajaran bagi para pelaku UMKM dalam mencari peluang pasar, baik dalam negeri maupun di luar negeri. “Saya berharap kehadiran produk-produk lokal dan meningkatkan semangat kewirausahaan di segala bidang, sehingga dalam jangka menengah akan mampu membuka lebih banyak lagi kesempatan dan lapangan pekerjaan di Indonesia,” kata Suryani.

Hardini Puspasari, Ketua Panitia ICRA 2013, menambahkan, kegiatan ini nantinya diharapkan dapat meningkatkan dan mengembangkan pasar produk-produk karya anak bangsa baik di pasar lokal maupun internasional. Selain pameran, ICRA tahun ini juga dilengkapi dengan acara menarik lainnya seperti: Dialog Interactive mengenai Hak Kekayaan Intelektual; Music Corner; Talk Show tentang Kewirausahaan, Fashion Show, dan lain-lain.(EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved