Upaya IBI Menjaring SDM Perbankan

Ikatan Bankir Indonesia (IBI) menggelar Bankers Career Expo untuk menjaring tenaga terampil yang akan mengisi posisi di bank-bank nasional dan asing. Expo lowongan pekerjaan di bidang perbankan tersebut digelar pada 4-5 November 2014 di Gedung SMESCO-UKM, Jakarta.

bankir

Ketua Umum IBI, Zulkifli Zaini, mengatakan, career expo ini merupakan salah satu upaya IBI dalam pemenuhan kebutuhan tenaga kerja di bidang perbankan untuk mendukung pertumbuhan bisnis dan kantor cabang guna melayani masyarakat di berbagai wilayah Indonesia.

”Melalui Bankers Career Expo ini, kami ingin menjaring generasi terbaik untuk menjaga dan terus meningkatkan pertumbuhan dan kinerja perbankan nasional, sehingga mampu mendukung penciptaan kondisi perekonomian nasional yang stabil dan siap menuju Masyarakat Ekonomi Asean,” kata Zulkifli.

Penyelenggaraan Career Expo ini juga merupakan rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) IBI ke-9 pada 12 Desember 2014. Kegiatan lainnya yaitu pada puncak acara, IBI akan mengadakan Seminar Economic Outlook 2015 yang berlangsung pada 11 Desember 2014, sekaligus peluncuran buku/modul kompetensi bankir yang diterbitkan oleh IBI bekerja sama dengan PT Gramedia Pustaka.

Menurut Zulkifli, IBI sebagai organisasi bankir profesional selalu berkomitmen untuk berperan aktif bersama regulator dan pelaku bisnis dalam mendukung perekonomian. Untuk itu, IBI telah melakukan berbagai kegiatan yang bertujuan meningkatkan kemampuan dan pengetahuan para bankir guna merealisasikan komitmen tersebut melalui berbagai seminar, forum diskusi serta memberikan masukan kepada pemerintah dan regulator dalam merumuskan kebijakan di sektor perbankan.

Khusus untuk peningkatan kompetensi, IBI bersama stakeholders lainnya telah membentuk Lembaga Sertifikasi Profesi Perbankan yang bertugas melaksanakan sertifikasi bankir yang independen dan bermutu, menetapkan sistem dan metode sertifikasi sesuai kebutuhan industri perbankan, dan memastikan penyusunan standar kompetensi kerja bidang perbankan yang terkini dan setara secara internasional.

Dari 13 bidang kompetensi dalam industri perbankan, IBI melakukan sertifikasi terhadap 9 (sembilan) bidang kompetensi, antara lain Funding & Services, Treasury Dealer, Operation, General Banking, Wealth Management, Risk Management, Compliance, Internal Audit dan Credit. IBI juga akan memberikan gelar profesi kepada pemegang sertifikat kompetensi yang diterbitkan LSPP.

“Profesi bankir merupakan jenjang karier yang sangat menjanjikan di Indonesia. Selain kebutuhan tenaga bankir yang besar karena potensi industri perbankan yang masih luas, industri perbankan juga menawarkan jenjang karier yang beragam karena luasnya spektrum layanan perbankan, dari perbankan mikro hingga corporate banking. Sampai akhir Oktober 2014, sebanyak 71.120 bankir telah disertifikasi IBI melalui sertifikasi profesi LSPP. Dengan diselenggarakannya IBI Banker Career Expo ini, kami harap profesi bankir dapat berkembang lebih pesat, sehingga kontribusi industri perbankan terhadap perekonomian Indonesia dapat lebih ditingkatkan," jelas Fransiska Oei, Ketua Panitia IBI Banker Career Expo

Upaya IBI untuk meningkatkan kompetensi bankir juga dilakukan dengan menerbitkan buku-buku khusus bidang perbankan yang dapat digunakan sebagai buku pegangan para bankir untuk sertifikasi. Buku-buku tersebut meliputi 9 (sembilan) bidang unit kompetensi yang pada tahun 2014 akan terbit lebih dari 20 (dua puluh) buku.

Dalam kesempatan ini IBI juga menaruh harapan atas kerjaseamanya dengan seluruh stakeholder perbankan yang telah terjalin dengan baik selama ini, akan mampu mendorong kemajuan perbankan nasional secara keseluruhan, yang pada gilirannya akan mampu memberikan kontribusi bagi pertumbuhan perekonomian Indonesia. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)