Upaya Jamkrindo Memajukan UMKM Indonesia

Untuk mendorong peningkatan dan pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Perum Jamkrindo menggelar Festival UMKM untuk pertama kalinya.

Direktur Utama Perum Jamkrindo, Randi Anto, mengatakan, kegiatan ini digelar sebagai Pertanggung jawaban sosial Jamkrindo untuk membesarkan UMKM. Selain itu untuk meningkatkan kapabilitas usaha dan berjejaring usaha dengan berbagai pihak. Karena di festival ini mereka bisa melakukan display produk dan melakukan promosi langsung kepada masyarakat.

“Saya berharap festival ini bisa meningkatkan semangat pengembangan UMKM dan meningkatkan perhatian masyarakat terhadap peran Jamkrindo,” ujarnya.

Adapun UMKM yang ikut serta dalam festival ini berjumlah 87 booth pameran. Produk-produk yang dipamerkan terdiri dari produk fashion, kosmetik, makanan ringan, minuman, makanan besar, kemudian juga produk dari mitra Jamkrindo, serta komunitas UMKM.

Selain pameran UMKM, kegiatan ini juga berisi kelas bisnis (business insight class), one-on-one coaching, booth perizinan usaha, kompetisi video pendek bertemakan "Social Impact UMKM", serta berbagai lomba bagi anak-anak seperti lomba mewarnai, youth mini soccer dan gobak sodor.

Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI, Yuana Sutyowati, mengapresiasi rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Jamkrindo. Ia mengatakan bahwa Festival UMKM besutan Jamkrindo untuk pertama kalinya ini merupakan wujud nyata untuk membantu para UMKM ini bisa naik kelas. Pasalnya mereka membutuhkan dorongan berupa pelatihan-pelatihan dalm rangka pengembangan usaha.

“Pameran seperti ini, bisa mereka manfaatkan untuk memperluas networking,” ujarnya kepada wartawan di sela-sela acara Seminar Economic Outlook 2020 bertajuk 'Strategi Penguatan Kapabilitas SDM UMKM di Era Digital dan Persaingan Global' di Jakarta.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa jumlah UMKM di Indonesia mencapai 62,9 juta. Namun baru ada 19,8% atau 13 juta UMKM yang tersentuh oleh layanan perbankan. Padahal menurutnya UMKM ini memiliki peran penting terhadap perekonomian nasional. Oleh karena itu, ia berharap adanya sinergi antar BUMN untuk terus mendorong para UMKM tersebut. Sehingga nantinya bisa menjadi motor perekonomian pada bangsa ini.

Untuk diketahui, Festival UMKM 2019 ini digelar dalam satu rangkaian acara dengan UMKM Appreciation Awards. Dalam awards ini, terdapat 68 UMKM yang menjadi nominasi, terdiri terdiri dari 37 usaha mikro, 18 usaha kecil, dan 13 usaha menengah.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Tags:
Jamkrindo UMKM

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)