Upaya Omron Memperluas Pasar Segmentasi di Indonesia

Omron Corporation berusaha membuktikan sebagai perusahaan yang menjadi pemimpin global pada bidang otomasi. Hal ini ditunjukkan dengan beberapa segmentasi bisnis yang dikelola oleh Omron: Healthcare bussines (medical equipment); electronic and mechanical components business; automotive electronics components business; dan industrial automation business (control equipment dan FA system).

Omron

Indonesia sebagai salah satu pabrik Omron di Asia Pasifik, memiliki peranan yang besar dalam pengembangan bisnis perusahaan asing itu. Hal ini dikarenakan PT Omron Manufacturing Indonesia (OMI) memegang tiga segmentasi bisnis, yaitu electric appliances, industrial automation, and automative market.

Negara kita merupakan satu-satunya negara di Asia pasifik yang menguasai tiga segmentasi pasar Omron sekaligus. Indonesia juga memiliki perkembangan yang cukup pesat, sehingga CEO Omron Corp, Yosihito Yamada, ingin memperluas segmentasi pasar OMI. “Indonesia juga memiliki perkembangan pasar yang cukup menjanjikan. Pada tahun 2009 penjualan kami sempat jatuh hingga 44%, namun akhirnya naik hingga menembus angka 89% pada tahun 2013. Kami optimistis akan mampu menaikkan penjualan hingga 103%,” jelasnya.

Oleh karena itu OMI melakukan berbagai cara guna memperkenalkan produk Omron. Salah satunya dengan mengadakan acara berkunjung ke pabrik OMI di Cikarang Selatan dengan media. Pada acara ini OMI memperkenalkan berbagai produk andalan mereka di berbagai bidang seperti kesehatan, electrical appliances, industrial automation, dan automotive market.

OMI mengembangkan berbagai produk seperti relay, switches, dan sensors. Peralatan ini biasanya terdapat pada sepeda motor, selain itu mereka juga mengembangkan berbagai produk yang biasa digunakan dalam mesin cuci, ac, kulkas, dan berbagai alat elektronik lainnya. Untuk pemasaran, dirangkul sejumlah perusahaan elektronik dan otomotif.

Produk relay, switches, sensors, misalnya, didistribusikan untuk keperluan motor merek Honda. OMI juga memproduksi berbagai produk automasi khusus untuk pabrik. Selain menjual produk automasi, mereka juga menggunakan berbagai produk automasinya untuk internal.

Sayangnya pasar automasi di Indonesia masih belum berkembang. “Indonesia memiliki potensi automosi yang sangat besar, sayangnya permintaan automasi dalam negeri masih kurang karena orang Indonesia masih mengandalkan impor. Padahal kami bisa buat di Indonesia dan bisa menawarkan harga yang kebih terjangkau. Oleh karena itu tahun depan kami ingin mengejar potensi tersebut,” jelas Irwan Santoso, Presiden Direktur PT Omron Manufacturing Indonesia. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)