Utang Publik Perancis Capai 91% dari PDB

Utang publik Perancis mencapai 91% dari produk domestik bruto (PDB) pada kuartal II tahun 2012. Utang publik tersebut mencakup anggaran nasional, lokal dan kesejahteraan.

Pada akhir kuartal I tahun 2012, utang publik Perancis sebesar 89,3% dari PDB, namun pada Jumat (28/9), kantor statistik nasional INSEE, melaporkan sejak akhir Maret lalu, jumlah utang tersebut bertambah 43,2 miliar euro (US$ 55,8 miliar).

Posisi total utang negara tersebut per Juni 2012 sebesar 1.833 miliar Euro atau 91% dari PDB. Padahal, batas teoritis utang dibandingkan dengan PDB yang ditetapkan Zona Euro sebesar 60 %. Artinya Perancis telah jauh melampaui batas aman.

INSEE melaporkan, kenaikan utang publik dikarenakan adanya dari kenaikan utang pemerintah setempat yang mencapai  51,3 miliar Euro dalam tiga bulan, April- Juni 2012. Sementara biaya Jaminan Sosial menurun sebesar 8,2 miliar Euro.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Keuangan Perancis, Pierre Moscovici , mengungkapkan keyakinannya bahwa tahun depan utang publik akan kembali ke batas aman yakni 60% dari PDB. Saat ini pemerintah negara itu tengah mempersiapkan pertemuan kabinet yang membahas anggaran 2013. (AFP/Lila Intana)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)