Yang Begini yang Dicari Head Hunter

Di tengah gesitnya lompatan board of director dari satu perusahaan ke perusahaan lain, adalah head-hunter yang jeli menelisik potensi seseorang. Pri Notowidigdo salah satunya. Pria yang lebih suka disebut executive search dibanding head-hunter ini merupakan sosok di balik suksesnya eksekutif perusahaan besar termasuk Garuda Indonesia.

Pri Notowidigdo Pri Notowidigdo, managing partner Amrop

"Garuda sedang menawarkan 9 posisi," ungkap Pri. Ia pun kemudian memaparkan posisi-posisi penting yang tengah diburu jasa profesional seperti dirinya. "Sektor paling hot sekarang ini FMCG, energi, professional services, asuransi, farmasi, dan infrastruktur," tutur managing partner Amrop tersebut.

Pri menuturkan bahwa eksekutif yang banyak dicari saat ini adalah mereka yang project-oriented, bukan lagi job-oriented. Keamanan posisi eksekutif semacam ini diperoleh dengan selalu mempelajari hal baru. Selain itu eksekutif yang berorientasi entrepreneurial pun menjadi incaran orang-orang sepertinya. "Mereka mau ambil resiko, kreatif, dan fleksibel," kata Pri. Ia menambahkan, networking adalah kunci utamanya. Seseorang yang bisa mengembangkan, mengatur, dan memperbaiki hubungannya dengan orang sekitar hampir selalu menjadi sasaran Pri.

Kepada anggota Professional Women Group dari British Chamber at Indonesia, ayah satu putri juga membagikan ciri-ciri sosok yang kerap jadi target executive search. "Seorang berpengetahuan luas pasti banyak dicari," katanya. Selain itu, seorang yang tampak berjiwa muda namun mature dan berorientasi bisnis dengan gelar MBA tak luput jadi sasarannya.

"Penuhi dompet dengan kartu nama. Anda harus siap sedia untuk networking," tegas Pri. Ia pun mengaku tengah membidik mereka yang tidak kebanyakan istirahat, selalu mau belajar, dan tampak terorganisasi namun tidak sempurna.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)