Yayasan doctorSHARE Kembali Berlayar, Gandeng Swasta dan Pemerintah

doctorSHARE atau Yayasan Dokter Peduli kembali akan melangsungkan rangkaian pelayanan medis dengan menggunakan Rumah Sakit Apung (RSA) dr. Lie Dharmawan ke beberapa bagian wilayah Indonesia Tengah dan Timur yaitu Bali (3 – 5 September 2013), Labuan Bajo – Pulau Komodo (9 – 14 September 2013) serta Kei, Maluku Tenggara. Tanggal pelayanan medis di pulau Kei masih tentatif, tergantung keadaan alam di sana.

DoctorShare

Pelayanan medis di Bali ini merupakan hasil kerjasama doctorSHARE dengan Lions Clubs Indonesia MD 307, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, dan RS Sanglah dalam rangka ANZI Pacific Forum III Lions Club dan Dies Natalis ke-51 Universitas Udayana, Bali. Aktivitas pelayanan medis RSA dr. Lie Dharmawan di Bali akan dihadiri oleh Lions Clubs International President, Barry J. Palmer. Lions Clubs merupakan salah satu organisasi sosial terbesar di dunia.

RSA dr. Lie Dharmawan berangkat akhir Agustus dari Jakarta dan diperkirakan tiba di Pelabuhan Benoa, Bali pada 1 September 2013. Pada 4 September 2013, tim doctorSHARE akan melakukan bedah mayor di dalam RSA dr. Lie Dharmawan. Selain bedah mayor, tim doctorSHARE juga mengadakan bedah minor serta pengobatan umum yang akan berlangsung di Pulau Serangan, Bali. Pelayanan medis di Bali menargetkan sekitar 250 pasien pengobatan umum, 15 pasien bedah minor, dan 5 pasien bedah mayor. Warga yang menjalani pengobatan maupun bedah tidak dipungut biaya.

Tim doctorSHARE yang diketuai dr. Edward Susanto menerjunkan sembilan dokter (termasuk dokter bedah dan spesialis anestesi), seorang perawat, dan lima relawan non medis. Tim doctorSHARE berkolaborasi dengan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana yang akan menerjunkan dua dokter bedah dan anestesi, dua perawat bedah dan perawat anestesi, dua perawat pasca bedah, dan lima dokter umum.

Dari Bali, tim doctorSHARE akan melanjutkan pelayaran ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur – bergabung dengan rekan-rekan TNI AL yang akan melangsungkan pelayanan medis dalam ajang Sail Komodo 2013. Jenis pelayanan medis yang akan dilakukan adalah pengobatan umum, bedah minor, bedah mayor, dan pendampingan (penyuluhan) kesehatan dengan mengambil topik HIV/AIDS.

Pelayanan medis di Labuan Bajo – Pulau Komodo bertema “Bersama Bangun Jembatan Emas Menuju Nusa Tenggara Timur Sehat dan Sejahtera”. Tim doctorSHARE dikepalai dr. Paulus Lukman menerjunkan delapan dokter umum, enam dokter spesialis, seorang perawat bedah, dan enam relawan non medis. Pelayanan medis doctorSHARE dalam ajang Sail Komodo 2013 berlangsung pada 10-14 September 2013 bekerjasama dengan Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kemenkokesra) beserta jajaran kepanitiaan Sail Komodo 2013 lainnya.

Bedah mayor dan minor akan berlangsung di dalam RSA dr. Lie Dharmawan sementara pengobatan umum dan penyuluhan diadakan di Pulau Komodo. Bedah mayor menargetkan tujuh pasien, bedah minor 20 pasien, dan pengobatan umum 500 pasien. Seluruh pasien sama sekali tak dipungut biaya.

Bersama tim lainnya, doctorSHARE dengan RSA dr. Lie Dharmawan-nya juga akan menghadiri acara puncak Sail Komodo 2013 di Pantai Pede yang diikuti oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, para menteri, beserta jajaran pejabat lainnya. Keikutsertaan tim doctorSHARE dengan RSA dr. Lie Dharmawan merupakan satu-satunya keikutsertaan rumah sakit apung swasta dalam ajang Sail Komodo 2013. “Keikutsertaan dalam ajang ini sesuai dengan visi dan misi doctorSHARE yaitu membantu mereka yang terperangkap dalam kesulitan agar dapat keluar dari keterpurukannya dengan kekuatan sendiri,” papar pendiri doctorSHARE, dr. Lie A. Dharmawan, Ph.d, FICS, Sp.B, Sp.BTKV.

Usai mengikuti yacht rally dan acara puncak, menurut rencana doctorSHARE akan bertolak ke Kei, Maluku Tenggara untuk melangsungkan pelayanan medis bagi warga di sana. Kei merupakan tempat lahirnya ide RSA dr. Lie Dharmawan beberapa tahun silam. Di kawasan ini, doctorSHARE juga memiliki sebuah Panti Rawat Gizi yang sudah berjalan sejak 2009. Pelayanan medis di Kei, Maluku Tenggara direncanakan akan berlangsung hingga akhir September 2013 dalam bentuk pengobatan umum, bedah minor, dan bedah mayor.

Sebelumnya, doctorSHARE dengan RSA dr. Lie Dharmawan-nya telah melakukan pelayanan medis ke berbagai penjuru Indonesia yaitu Pulau Panggang – Kepulauan Seribu (16-17 Maret 2013), Belitung Timur (2-4 April 2013), Ketapang – Kalimantan Barat (12-14 April 2013), Pontianak – Kalimantan Barat (11-13 Juni 2013), dan Bangka Tengah (17-19 Juni 2013).

KM RSA DR. LIE DHARMAWAN berukuran panjang 23,5 meter dan lebar 6,55 meter. RSA yang diresmikan pada 6 Juni 2013 memiliki fasilitas rumah sakit seperti kamar bedah, kamar EKG, USG dan Rontgen, Laboratorium, Ruang Rawat Pasien, Ruang Resusitasi, Kamar Dokter, dan sebagainya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)