Zap Clinic Wujudkan Mimpi Wanita Indonesia Tampil Cantik dan Percaya Diri

Setelah sukses memasarkan layanan penghilang rambut, kini Zap Clinic memperluas layanan yang lebih komplit dan terintegrasi agar wanita Indonesia tampil lebih cantik dan percaya diri. Seperti apa layanannya?

Ada pemandangan yang berbeda di Zap Clinic Menteng pada peringatan Hari Kartini, 21 April 2016. Pada hari istimewa itu, bertepatan dengan kelahiran RA Kartini, Zap Clinic meluncurkan pembukaan cabangnya di Menteng, tepatnya satu atap dengan Oria Hotel, Jl. KH Wahid Hasyim 85, Jakarta Pusat. Para karyawan yang semuanya wanita mengenakan kebaya dengan nuansa hijau, warna yang menjadi ciri khas Zap. Asiknya lagi, bagi pengunjung yang melakukan perawatan di hari itu dan memakai kebaya mendapatkan diskon 21 persen.

Pengunjung Zap Clinic Menteng di klinik yang nyaman Pengunjung Zap Clinic Menteng di klinik yang nyaman (foto: by Eva/SWA)

Kesempatan tersebut tidak disia-siakan oleh para wanita. Tak heran setelah resmi pembukaan, Zap Clinic Menteng pun diserbu pengunjung. Namun, karena tempatnya yang terbatas, maka para kastemer harus rela mengantre. “Saya registrasi dulu nggak papa antre, sekalian ditinggal jalan-jalan ke Sarinah,” ujar Dewi yang tidak mau kehilangan kesempatan emas dapat potongan harga 21 persen tersebut. Kebetulan Dewi juga habis merayakan Kartinian di kantornya di kawasan Tanah Abang, sehingga masih berbusana atasan kebaya dipadukan rok batik.

Ada alasan tersendiri mengapa Zap Clinic memberikan apresiasi khusus bagi para perempuan. Zap menyadari bahwa kini perempuan dihadapkan dengan banyak pilihan dan tantangan hidup, termasuk membuat keputusan baik untuk dirirnya sendiri, keluarga atau pekerjaan. “Selama ini banyak peran yang dilakukan perempuan. Untuk itu, Zap hadir dengan berbagai perawatan kecantikan dan biaya terjangkau untuk mendukung perempuan Indonesia tampil lebih cantik dan percaya diri setiap hari,” ujar Fadly Sahab, CEO Zap Clinic.

Ungkapan Fadly itu bukan isapan jempol. Coba Anda perhatikan, sebelum kehadiran Zap Clinic, perawatan kecantikan di klinik – klinik yang bagus, dengan peralatan canggih serta ditangani dokter ahli hanyalah milik orang-orang berkantong tebal. Maklum, tarif perawatan minimal Rp500 ribu hingga puluhan juta. Bandingkan dengan Zap Clinic, yang menyuguhkan atmosfir klinik yang nyaman, modern, alat alat kecantikan berteknologi canggih dan ditangani oleh dokter spesialis, tapi harganya tidak mahal. Alhasil, makin banyak perempuan yang dapat mewujudkan impiannya untuk menjadi lebih cantik dan menarik. Harga perawan Zap dibanderol mulai Rp199 ribu untuk Hair Removal dan Rp499 ribu untuk Photo Facial, sehingga mahasiswi, ibu rumah tangga dan karyawati pun bisa melakukan perawatan.

Fadly Shahab, Owner dan CEO Zap Clinic Fadly Shahab, Owner dan CEO Zap Clinic

Saking tingginya apresiasi Fadly terhadap wanita, para karyawan pun semuanya wanita. Mulai dari resepsionis, admin, terapis, bahkan para dokternya semua wanita. Jadi, klinik ini dikelola untuk kaum Hawa dan dipersembahkan untuk para Hawa juga. “Total karyawan di seluruh cabang sekitar 250 orang dan semua wanita,” jelas pria lulusan Program Studi Perencanaan Pembangunan Wilayah Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta itu. Boleh jadi, lantaran konsep klinik kecantikan Zap membidik para wanita, maka pelanggan juga merasa lebih nyaman ditangani oleh karyawan wanita. Pun, mengelola sumber daya manusia gender wanita lebih mudah diajak bekerja sama membangun tim yang solid.

“Betul, kastemer Zap Clinic kebanyakan wanita dan angka kepuasan pelanggan (customer satisfaction) mencapai 98%, sehingga terjadi repeat order untuk traetment mencapai hasil yang lebih sempurna,” ujar Fadli saat dihubungi SWA Online di sela-sela grand opening Zap Clinic Menteng.

Nah, guna menginspirasi para perempuan di seluruh Indonesia tampil lebih percaya diri dengan kecantikan yang mereka miliki, Zap mengajak para perempuan untuk menyebarkan rasa percaya diri yang mereka miliki. “Bagikan inspirasimu melalui #DiscoverYourConfidence di media sosial, dan jadilah bagian dalam semangat inspirasi kecantikan perempuan Indonesia,” pesan Fadly yang mengawali bisnis Zap Clinic sejak 7 tahun lalu, itu.

Beberapa keunggulan Zap jadi magnet

Apabila ditarik benang merahnya, Zap Clinic ini memiliki beberapa keunggulan, sehingga memikat kastemer baru untuk mencoba dan yang existing customer melakukan repeat order. Apa saja daya tariknya?

Pertama, sudah pasti dari sisi harga yang tidak membuat dompet Anda terkuras.

Kedua, kualitas layanan yang optimal. Contohnya untuk jasa penghilang rambut, proses di Zap Clinic berbeda dengan klinik kebanyakan. Umumnya jasa penghilang rambut menggunakan sistem waxing atau cabut bulu (plucking) yang agak bikin sakit. Bandingkan dengan Zap menerapkan metode penyinaran ke daerah yang diinginkan, sehingga diklaim lebih nyaman. Sinar tersebut kemudian menjadi energi panas yang merambat hingga ke akar rambut, alhasil rambut halus bisa hilang secara permanen. Metode ini bisa digunakan untuk berbagai area tubuh seperti wajah, kaki, tangan, ketiak, sampai bikini line.

Dokter Zap Clinic sedang menangani perawatan kastemer Dokter Zap Clinic Menteng sedang menangani perawatan kastemer (foto: by Eva/SWA)

Ketiga, dari sisi lokasi klinik yang mudah diakses karena berada di dekat pusat perbelanjaan, perkantoran maupun kawasan komersial lainnya.

Keeempat, cabangnya banyak, karena sampai sekarang sudah ada 18 gerai Zap Clinic. Hingga Agustus 2016 Zap telah memiliki 18 cabang yang tersebar di; Jakarta, Tangerang (Bintaro), Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Bali, Makassar, Medan dan Manado serta menyusul di beberapa kota besar lainnya. “Bertepatan dengan HUT RI ke-71 tahun, kami buka cabang Zap Clinic di Bintaro Jaya Xchange Mall,” ujar Fadly. Menurut pria kelahiran 11 Agustus 1984 itu, pembukaan cabang baru ini untuk menjawab kebutuhan pelanggan. Pasalnya, karakter klien Zap itu kebanyakan adalah wanita yang suka mengujungi mal karena mudah dijangkau dan jam buka lebih lama sesuai jam operasional pusat perbelanjaan.

Kelima, ditangani tim medis kecantikan yang profesional dan berpengalaman. Semua perawatan dilakukan langsung oleh dokter ahli dibantu terapis.

Keenam, memiliki peralatan canggih yang aman. Hal ini dibenarkan oleh dr. Fika Putri Aesthetika B.Med.Sci, MARS. “Prosedur standar yang disusun Zap Clinic mengutamakan keamanan dan kenyamanan klien. Seluruh prosedur laser dilakukan oleh dokter berpengalaman di bawah pengawasan yang ketat dari kami dan juga dari konsultan medik Zap yaitu dr. Endi Novianto SpKK,” kata Fika menegaskan.

Ketujuh, inovasi dengan produk baru dan lengkap. Sebab, Zap tidak cuma melakukan perawatan kecantikan bagi perempuan, tapi menghadirkan berbagai produk untuk menunjang kepercayaan diri. Dengan inovasi teknologi standar internasional, Zap juga memproduksin Zap Beauty Cream, Zap Brightening Cream, Zap Facial Wash dan Zap Lip Blush.

Fadly mengaku, jika awalnya layanan unggulan Zap adalah perawatan menghilangkan rambut secara permanen, kini pelanggan juga bisa memilih perawatan kulit wajah dengan teknologi modern yaitu Photo Facial. Perawatan ini diformulasikan untuk memperbaiki kondisi kulit wajah mulai dari lapisan dalam (dermis), lapisan luar (epidermis), hingga permukaan kulit. Ada tiga tahapan treatment, yaitu Face Toning, Face Rejuvenation, dan Oxy Infusion.

“Perawatan Zap Photo Facial dapat menjadi solusi tepat bagi wanita yang dalam kesehariannya menggunakan make-up. Photo Facial sendiri terdiri dari tiga tahap yaitu Face toning menggunakan teknologi laser, bekerja pada kulit lapisan dalam (dermis) berfungsi untuk mengecilkan pori, menyamarkan kerutan halus, flek dan bekas jerawat yang dalam,” jelas dr. Fika Putri Aesthetika B.Med.Sci,MARS dari Zap Clinic.

Untuk Face Toning menggunakan teknologi laser yang bekerja pada kulit lapisan dalam (dermis). Perawatan ini efektif untuk meratakan warna kulit wajah, mengurangi flek coklat (pigmen) pada lapisan dermis, mengecilkan pori-pori, menyamarkan kerutan halus, mengatasi bekas jerawat serta mengurangi produksi minyak berlebih yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Perawatan Face Toning dilakukan langsung oleh dokter kecantikan Zap secara efektif dalam waktu sekitar 5 menit, relatif aman, dan tanpa rasa nyeri. Treatment Face Toning dapat dilakukan setiap hari atau maksimal 4x per hari dengan jarak waktu 60 menit antar treatment.

Layanan Face Rejuvenation menggunakan teknologi berbasis cahaya yang bekerja pada kulit lapisan luar (epidermis). Manfaatnya, menghilangkan tanda-tanda penuaan dini dengan merangsang regenerasi kolagen sehingga membuat kulit wajah terasa lebih halus dan kenyal (kelenturan wajah terjaga) serta mengurangi kerutan halus. “Face Rejuvenation juga efektif untuk mengurangi pigmentasi sehingga kulit wajah terlihat lebih cerah, mengurangi flek, jerawat atau peradangan pada wajah,” jelas Fadly.

Sementara itu, Oxy Infusion adalah perawatan dengan memberikan oksigen secara optimal yang akan diserap langsung oleh permukaan kulit wajah melalui pori pori. Kulit wajah akan terlihat lebih segar dan juga menjaga kelembaban kulit.

Menurut dr. Fika, pemakaian make-up secara rutin dapat memberikan dampak tidak baik bagi kulit. Terutama jika sisa make-up di wajah tidak dibersihkan dengan benar, maka sisa makeup akan menyerap masuk menyumbat pori – pori serta memicu munculnya bakteri di permukaan kulit. Untuk itu, selain membersihkan wajah dari sisa kosmetik dan kotoran, dia memberikan tips agar kulit tetap sehat dan bersih. “ Pertama, kurangi makanan yang mengandung minyak, lemak dan manis. Kedua, gunakan suncreen setiap pagi dan siang hari dengan SPF minimal 30. Ketiga, pilih produk kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit,” dia menyarankan.

Buah dari kerja keras Fadly dan tim

Fadly Sahab mengisahkan, perjalanan bisnis yang ditekuni sejak 7 tahun lalu cukup berliku. Perjuangannya membangun bisnis kecantikan ini tidak semulus kulit wajah para klien yang ditangani. Dengan modal awal Rp100 juta hasil patungan bersama temannya, dia berani mengibarkan bendera Zap Hair Removal yang kini mereposisi menjadi Zap Clinic sesuai dengan ekspansi layanan yang beragam. Mula-mula omsetnya kecil sekitar Rp2 juta, sehingga dirinya rela merangkap banyak pekerjaan sebagai terapis, sopir hingga tukang angkut mesin kecantikan Zap lantaran jumlah karyawan masih minim.

Fadly Shahab bersama para kastemer, seperti Gisella Anastasia, Patricia Gouw, Fazriyah Nugrahwati dan dr. Fika Putri dari Zap Clinic Fadly Shahab bersama para kastemer, seperti Gisella Anastasia, Patricia Gouw, Fazriyah Nugrahwati dan dr. Fika Putri dari Zap Clinic (foto: by Eva/SWA)

“Waktu itu, Zap hanya dikenal sebagai bisnis kecil rumahan dengan layanan penghilang rambut di tubuh yang melayani pelanggan door to door. Orang yang kenal Zap juga segelintir kalangan saja. Outlet perdana Zap sangat minim fasilitas dan jauh dari pusat kota. Namun, kami bersyukur Zap kini sudah punya 18 outlet yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia,” ujar Fadly yang mengaku iklan di media sosial mengubah pancaran bisnis Zap yang terus moncer hingga sekarang.

Sejak tahun 2013, selain tetap menyediakan Hair Removal Treatment, Zap melakukan ekspansi menjadi klinik kecantikan yang menghadirkan berbagai perawatan kecantikan wajah dan kulit, dimana seluruh perawatan ditangani langsung oleh dokter profesional. Kini, Zap mantap memperkenalkan identitas baru dengan sebutan “Zap Clinic” dan telah melayani hampir 750.000 perawatan.

Atas keberhasilan itu, tak mustahil jika baru-baru ini Zap Clinic meraih penghargaan Top Brand Award 2016. Ini adalah apresiasi bagi sebuah merek yang sukses mempertahankan ekuitas tinggi di mata konsumen, imej dan loyalitas jangka panjang. Penghargaan ini mengacu pada hasil survei perusahaan riset terhadap konsumen Indonesia di 15 kota besar dengan total responden 14.000 orang.

Selain diakui oleh lembaga riset atas prestasi Zap Clinic, suara konsumen adalah pernyataan lugas dan penting bagi input kemajuan bisnis Fadly ini di masa mendatang.

Fazriyah Nugrahwati, polisi wanita Dit.Reskrimum Polda Metro Jata, mengatakan, profesinya sebagai polisi memiliki banyak tantangan, salah satunya dengan beraktifitas di luar ruangan dan berhubungan dengan keputusan penting lainnya. “Saya ingin menunjukkan bahwa perempuan juga dapat diandalkan dan memegang peran penting di dunia yang identik dengan citra maskulin. Saya memilih Zap karena perawatan kecantikan disini sangat baik bagi kulit saya yang sering terpapar sinar matahari secara langsung,” jelas Fazriyah.

Opini Fazriyah diamini oleh artis Gisella Anastasia. Menurutunya, dia kerap dihadapkan dengan jadwal yang sangat padat dan menyita banyak waktu. Untuk itu, perlu memiliki waktu khusus memanjakan diri dengan melakukan perawatan kecantikan. Salah satunya adalah perawatan di Zap Clinic. “Zap mampu menjawab kebutuhan saya akan perawatan yang dapat memberikan hasil nyata, dengan proses perawatan yang nyaman dan dalam waktu singkat. Perawatan di Zap Clinic itu selalu menjadi pengalaman yang menyenangkan,” ucap Gisel dengan wajah sumringah.

Hal senada dingkapkan oleh Patricia Gouw, model Indonesia yang telah go international melalui ajang Asia’s Next Top Model Cycle 4. Di mata Patricia, kini banyak kesempatan yang datang, termasuk peluang mengikuti ajang pemilihan model internasional. Sebagai seorang model, lanjut Patricia, dunia modeling saat ini sangat kompetitif sehingga dibutuhkan perawatan kecantikan terbaik, aman dan ditangani langsung oleh dokter yang berpengalaman seperti di klinik Zap Clinic.

Kesuksesan Zap Clinic tidak hanya berhenti sampai di sini. Fadly pun tidak lekas puas. Maklum, pengusaha muda ini masih banyak ambisi yang harus diwujudkan dengan semangat membara. “Ke depan, kami berencana membuka 5 outlet baru hingga pengujung tahun 2016,” ungkapnya dengan nada optimitis. Kelak, makin banyak wanita Indonesia yang tampil lebih cantik dan percaya diri. (SWA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)