Mandiri Kucurkan Pembiyaan Tol Semarang-Batang Rp2,5 Triliun

Bank Mandiri menyalurkan pinjaman sindikasi bersama 6 lembaga keuangan lainnya senilai Rp7,731 triliun untuk pembangunan ruas tol Semarang - Batang sepanjang 75 km.

Adapun porsi Bank Mandiri sebesar Rp2,5 triliun atau 32,34% dari total pinjaman sindikasi bertenor 15 tahun itu. Dalam skema ini, Bank Mandiri juga ditunjuk sebagai Joint Mandated Lead Arranger & Bookrunner, serta sebagai agen escrow dan jaminan.

“Bank Mandiri memiliki komitmen dalam pembangunan proyek-proyek infrastruktur penting, seperti pembangunan jalan tol, dan pembangunan bandara maupun pelabuhan laut. Untuk itu, kami memiliki produk-produk pembiayaan yang bisa dimanfaatkan, termasuk pada tahap pembebasan lahan, pembangunan konstruksi maupun tahap pengoperasian,” jelas Senior Vice President Corporate Banking Bank Mandiri, Yusak L.S. Silalahi.

Saat ini, Bank Mandiri telah memberikan pembiayaan untuk pembangunan tol senilai Rp14,2 triliun untuk 14 ruas tol sepanjang 592 km yang tengah dibangun, dengan realisasi penyaluran sebesar Rp 7,6 triliun hingga Desember 2018.

“Hampir kira-kira 75% Bank Mandiri merealisasikan pembangunan tol secara sindikasi, baik dengan bank BUMN, bank swasta, maupun lembaga keuangan non bank. Hal ini merupakan salah satu strategi untuk mengelola risiko dan menjaga kualitas pembiayaan kami,” kata Yusak.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)