Marketing Trends

Mangkokku Kenalkan Holding Company Hingga Rencana Bisnis di HUT ke-3

Mangkokku Kenalkan Holding Company Hingga Rencana Bisnis di HUT ke-3
Mangkokku

Sejak dibuka pada 2019 oleh Randy Julius Kartadinata, Chef Arnold Poernomo, Kaesang Pangarep, dan Gibran Rakabuming, Mangkokku terus bergerak adaptif dan kreatif demi menghadirkan yang terbaik bagi pelanggan. Di usianya yang ke-3, perusahaan rintisan yang bergerak di bidang kuliner ini memperkenalkan Nusantara Culinary Company sebagai induk perusahaan.

Nantinya, Nusantara Culinary Company akan mengembangkan ragam produk kuliner seperti minuman dan sambal yang memiliki ekosistem lengkap sehingga mampu bersaing secara internasional, dan akan diikuti bermacam produk kuliner lain untuk memenuhi kebutuhan pelanggan secara menyeluruh.

“Mimpi besar kami adalah bisa go global, membawa kuliner lokal Indonesia ke panggung dunia. Melalui Nusantara Culinary Company, kami percaya dunia akan kian mengenal kekayaan kuliner Indonesia. Selain Mangkokku, saat ini kami punya brand Puedes Indonesia untuk sambal rumahan dan Numinum untuk minuman rasa khas Indonesia,” ujar Randy, CEO & Co-founder Mangkokku dalam acara Mangkokku 3rd Anniversary di Jakarta, Rabu (29/06/2022).

Untuk mencapai tujuan tersebut, Randy mengaku bahwa pihaknya telah menyiapkan berbagai strategi. Sebagai titik awal, perusahaan akan menargetkan negara-negara di Asia Tenggara seperti Singapura dan China.

“Kami mencari yang sudah ada komunitas Indonesia-nya dulu sehingga starting point-nya juga tidak sulit. Untuk masalah rasa, kami sudah punya Chef Arnold yang bisa mengubah taste-nya menjadi localized. Kalau pun kita mau ke Eropa, Dubai, atau Amerika, rasanya juga tidak terlalu sulit untuk meng-adjust taste ke masing-masing negara tersebut,” lanjut Randy.

Awal Juni lalu, Mangkokku mengumumkan pendanaan Seri A sebesar US$ 7 juta atau sekitar Rp101 miliar. Dana tersebut berasal dari Alpha JWC Ventures & EMTEK, serta partisipasi dari Cakra Ventures. Melalui pendanaan tersebut, rencananya Mangkokku akan membuka lebih banyak restoran dine-in sambil terus menambah gerai cloud kitchen-nya ke kota-kota baru, khususnya ke luar Pulau Jawa.

Saat ini Mangkokku mengoperasikan 54 cabang di wilayah Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Malang, Semarang dan Solo. Dari 54 outlet tersebut, 27 di antaranya adalah outlet dine-in.

“Selama dua tahun terakhir ini kita selalu makan di rumah, atau pesan lewat ojol. Sekarang di saat pandemi sudah menjadi endemi, kita ingin mengembalikkan bagaimana rasanya makan comfort food dine-in di restoran dengan keluarga atau teman-teman. Kami juga melihat minat konsumen untuk dine-in cukup tinggi. Makanya kami akan fokus membuka outlet dine-in,” ucap Chef Arnold, Co-founder & Chief Creative & Innovation Mangkokku.

Bersamaan dengan hadirnya holding company, Mangkokku juga mengusung tagline baru yakni #1 Chef’s Quality Comfort Food. Tagline ini sebagai bentuk penyegaran dan optimisme dalam menghadirkan relevansi kebutuhan pelanggan akan hidangan comfort food ala chef profesional dalam bentuk rice bowl yang dapat dinikmati siapapun.

“Dalam menghadirkan sebuah menu kami berkaca pada apa yang jadi keinginan pelanggan. Preferensi rasa, menu favorit serta bagaimana sebuah menu meninggalkan kenangan rasa sangat penting bagi Mangkokku. Seluruh proses tersebut mendorong Mangkokku dapat terus memperkaya cita rasa kuliner Indonesia, serta menciptakan menu asli Indonesia dengan lebih modern. Makanya kami rebranding dari Bersih, Merakyat, Nikmat Nyata menjadi #1 Chef’s Quality Comfort Food,” tambah

Sementara itu, untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-3, Mangkokku meluncurkan kampanye ‘Harbowlnas’ (Hari Rice Bowl Nasional). Harbowlnas akan menjadi agenda tahunan Mangkokku dimana pada tahun ini secara spesial berkolaborasi dengan food youtuber Tasyi Athasyia menghadirkan sebuah menu istimewa yakni Golden Beef Bowl Sambal Mangga.

Chef Arnold menyampaikan, Harbowlnas menjadi langkah Mangkokku memanjakan pelanggan melalui pengalaman kuliner unik dan kolaboratif yang memorable setiap tahunnya. “Kolaborasi menu Golden Beef Bowl Sambal Mangga bersama Tasyi Athasyia menjadikan empal daging sapi khas Indonesia sebagai bintang utama, dikombinasikan telur dadar khas Mangkokku, lengkap dengan sambal mangga dan kremesan yang bisa dinikmati bersama nasi aromatik,” jelasnya.

Sepanjang Juli ini juga Mangkokku akan memberikan berbagai penawaran spesial seperti Diskon Tebus Murah + 3rb, 2nd Bowl Rp.0, Buy 3 Get 3, serta serangkaian 7x giveaway berhadiah menarik. Khusus tanggal 7 Juli 2022 atau 7.7 Harbowlnas yang jadi puncak peringatan ulang tahun Mangkokku, akan tersedia penawaran paling spesial sepanjang hari.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved