ManyOption Jadi Solusi Penghuni Apartemen Smartliving

Aplikasi ManyOption telah didownload oleh ribuan user di berbagai property di Jakarta dan Bandung

Tinggal di apartemen di pusat kota kini telah menjadi pilihan dan kebutuhan hidup utama bagi sebagian warga perkotaan dan kota-kota pendukung metropolitan city. Kedekatan jarak dengan kantor, tersedianya fasilitas ekonomi, sosial dan hiburan yang lengkap yang menunjang lifestyle, serta lingkungan yang relatif terjamin keamanannya dan privasinya menjadi faktor yang membuat semakin banyak orang beralih tinggal di hunian vertikal tersebut.

Selanjutnya, bersama dengan sebuah perusahaan software development Nusatek.id, Arif Susilo dan Syamsul Muttaqin mempersiapkan sebuah aplikasi bernama ManyOption yang menjadi cikal bakal berdirinya perusahaan rintisan atau startup ManyOption. Hingga akhirnya ManyOption resmi meluncur di platform Play Store dan App Store pada Maret 2019 dan mulai beroperasi di beberapa partner apartemen di Jakarta dan Bandung pada April 2019.

“ManyOption ini merupakan aplikasi smart living yang ditujukan kepada penghuni dan pengelola apartemen dan landed housing complex yang berorientasi pada layanan pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari bagi semua pemangku kepentingan yang terlibat di dalamnya, baik penghuni, pengelola maupun merchants dan partner properti tersebut,” jelas Arif Susilo, Chief Executive Officer ManyOption.

Dia mengklaim, ManyOption bergerak cepat dalam menggarap pasar. Tercatat, pada awal tahun 2020 ini ManyOption telah mengantongi kerja sama dengan lebih dari 33 developer properti yang ada di Jakarta dan Bandung. “Ini membuat kami semakin bersemangat.” tambah Arif.

Cara menggunakan ManyOption bagi penghuni maupun pengelola gedung mudah. Untuk penghuni, pertama-tama pastikan apartemen atau housing complex telah bekerja sama dengan ManyOption, selanjutnya penghuni tinggal mengikuti langkah pendaftaran di aplikasi ManyOption yang setelah mengunduhnya dari Play Store dan App Store. “Sementara untuk pihak developer atau building management dapat menghubungi via website live chat. Selanjutnya dilakukan proses implementasi hingga on-board ke dalam sistem ManyOption.

Chief Technology Officer ManyOption, Syamsul Muttaqin, mengungkapkan, secara umum fitur-fitur ManyOption dibagi menjadi dua. Pertama, kategori community services atau layanan-layanan kepada komunitas dan interaksi antara penghuni dan building management maupun developer. Kedua, kategori commercial services atau penghubung antara penghuni dengan merchants maupun partner ManyOption yang memberi banyak layanan dan kemudahan serta promo.

Saat ini ManyOption mampu menghandle billing system yang cukup bervarisi pada pembayaran Iuran Pengelolaan Lingkungan (IPL), pembelian token listrik secara online bagi apartemen yang menjual token listrik di propertinya, termasuk pembelian ataupun penyewaan berbagai jasa penunjang lainnya seperti laundry, air minum, makanan, hingga jasa baby sitter dan beragam jasa profesional lainnya. “Fasilitas umum seperti kolam renang, tennis court, gym dan sebagainya juga dapat direservasi melalui ManyOption,” urai Syamsul.

Dalam melayani banyaknya penghuni yang melakukan pembelian secara online di online store, ManyOption pun membantu pengelola gedung dalam melakukan notifikasi kepada penghuni apabila barang yang dibeli oleh penghuni telah sampai di properti mereka secara spesifik. “Selain itu masih banyak lagi fitur-fitur dalam ManyOption yang bertujuan memudahkan para penghuni maupun pengelola apartemen ataupun rumah tapak,” ungkap Arif.

Di sisi lain, ManyOption pun memberikan beragam fitur yang memudahkan para pengelola gedung dan rumah tapak dalam mengelola huniannya. Antara lain adanya aplikasi meter checker yang diperuntukkan untuk pengecekan air dan listrik di setiap properti. Dengan demikian engineering team dari pihak developer dan building management sangat dimudahkan karena pengecekan air dan listrik sangat cepat dan minim kesalahan input dengan aplikasi QR pada tiap-tiap meter.

Dengan berbagai keunggulannya saat ini tak mengherankan meski usianya baru seumur jagung, namun aplikasi ManyOption telah didownload oleh ribuan user di berbagai property di Jakarta dan Bandung. “Total 33 apartemen yang telah resmi bergabung bersama ManyOption baik di Jabodetabek dan Bandung, dan akan segera berekspansi ke daerah lain. Sejumlah apartemen lainnya pun saat ini sedang dalam proses onboard ke dalam system ManyOption,” terang Arif.

ManyOption juga mengembangkan kerja sama dengan merchant-merchant dan pihak ketiga yang mendukung visi dan misi ManyOption sesuai dengan konsep bisnis ManyOption B2B2C. Ke depannya, ManyOption akan menjadi aplikasi yang dapat digunakan oleh public sehingga target user akan semakin meluas, tidak hanya dikhususkan untuk penghuni apartemen dan landed housing complex.

Berbagai pihak yang telah menggunakan aplikasi ManyOption pun mengaku memiliki pengalaman yang memuaskan. Di antaranya Mersis Barasina Parhusip, warga apartemen Landmark Residence, Bandung. Mersis mengaku mengetahui aplikasi ManyOption dari banner ketika dirinya keluar dari lift apartemennya. “Dari situ lalu saya download. Setelah saya lihat dan coba ternyata aplikasi ini bagus banget. Selain memudahkan saya untuk bayar IPL dan tagihan listrik, saya juga bisa reservasi ruangan dengan mudah.” urai Mersis.

Senada dengan warganya, pihak pengelola apartemen Landmark Residence pun mengaku puas bekerja sama dengan ManyOption. Sadasa Prakosa, Property Manager Apartemen Landmark Residence "Kehadiran ManyOption tepat dengan Landmark Residence, yang ingin menghadirkan pelayanan yang terbaik bagi penghuni. Sehingga dalam hal ini ManyOption memberikan dukungan ada sistem pembayaran IPL, pembelian token, reservasi fasilitas dan lain-lain.. Semoga dengan langkah positif ini kita bisa kerjasama dengan lebih baik lagi," tegas Sadasa.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)