25 Tahun Canon EOS-1 Series Mengawal Fotografer Profesional

Tepat pada tanggal 10 Juni 2014 kamera SLR (single-lens reflex) Canon, EOS-1 series, menginjak usia 25 tahun sejak pertama kali diproduksi tahun 1989. Model kamera yang khusus ditujukan untuk segmen fotografer profesional ini telah mencapai generasi ke-14, termasuk seri EOS-1D C dengan teknologi perekaman video beresolusi 4K.

Tahun 1987, Canon meluncurkan EOS, kamera SLR pertama di dunia dengan sistem AF (autofocus). Kamera ini menerapkan secara utuh sistem elektronik pada mounting-nya untuk mengatur fungsi fokus otomatis dan penyesuaian diafragma lensa. Dua tahun kemudian, Canon memperkenalkan kamera seri EOS-1 yang secara khusus dirancang untuk kalangan fotografer profesional. Berdasarkan konsep EOS yang menghadirkan kinerja secara otomatis sesuai dengan keinginan pengguna, EOS-1 dilengkapi dengan teknologi mutakhir dan performa yang mengungguli kamera SLR pada umumnya. Selain itu, keandalan, daya tahan, dan ketangguhan yang dimiliki kamera ini telah terbukti memuaskan para penggunanya.

Canon EOS-1D X

Seiring perjalanan waktu, semakin banyak fotografer yang memanfaatkan kemampuan autofocus yang ditawarkan kamera ini. Tahun 1994, Canon meluncurkan EOS-1N yang dibekali dengan penambahan titik fokus dan predictive focusing untuk membidik subjek bergerak. Di tahun 2000, Canon memperkenalkan EOS-1V yang dilengkapi dengan 45 titik AF dan kecepatan bidikan hingga 9 fps.

Canon secara konsisten meluncurkan rangkaian kamera SLR yang khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan profesional. Setelah memasuki era digital, Canon meluncurkan model kamera digital SLR papan atas pertama yaitu Canon EOS-1D pada tahun 2001, diikuti dengan EOS-1Ds yang dilengkapi dengan sensor full-frame 35mm pada tahun 2002. Sejak saat itu, Canon terus memperkuat jajaran produk kamera SLR dengan peningkatan kualitas gambar dan kemampuan continuous shooting-nya.

Pada Juni 2012 yang lalu, Canon meluncurkan EOS-1D X, kamera digital SLR profesional generasi ke-13 dari seri EOS-1 sejak pertama kali diluncurkan. EOS-1D X telah memperoleh pengakuan dan pujian atas performa dan kualitasnya oleh para profesional dari berbagai bidang, mulai dari fotografer jurnalistik, olahraga, komersial dan fotografer alam. Canon juga menghadirkan EOS-1D C di akhir tahun 2012 yang memiliki teknologi perekaman video beresolusi 4K sebagai jawaban atas kebutuhan pengguna yang menginginkan suatu perangkat yang mampu merekam video dengan kualitas serta detail yang sangat halus.

"Canon sebagai penyedia perangkat kepercayaan para fotografer profesional lewat Canon seri EOS-1 telah mendapatkan berbagai pengakuan baik secara global maupun di Indonesia sejak dulu. Selain menghadirkan jajaran produk terunggul, kami juga terus berupaya meningkatkan pelayanan purnajual kepada para fotografer profesional melalui serangkaian program khusus seperti program CPS (Canon Professional Services)," ujar Merry Harun, Canon Division Director pt. Datascrip. (EVA)
 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)