3M Targetkan 10 Ribu Konsumen Membeli Clinpro White Vanish

3M Indonesia yang fokus pada penerapan sains dan teknologi, memahami bahwa kesehatan gigi dan mulut sangat penting dan bersifat progresif, sehingga jika terjadi permasalahan harus segera dilakukan perawatan yang benar. “Sesuai prinsip Science that Protects, kami menawarkan solusi untuk permasalahan tersebut melalui produk Clinpro White Varnish,” kata Dwi Dessy Mediana, Director Health Care Market Center PT 3M Indonesia.

img-20161101-wa0002

3M sudah hadir di Indonesia sejak 40 tahun yang lalu. Kini, 3M sedang fokus untuk mendukung rencana pemerintah agar Indonesia Bebas Karies 2030. Clinpro White Varnish sudah  diluncurkan di Indonesia sejak tahun 2013. Tapi diakui oleh Clifford Lang, Head of Division ESPE Health Care Business PT 3M Indonesia bahwa penggunaan produk ini masih sangat kecil.

Sedikitnya pengguna produk ini karena sebagian besar masyarakat Indonesia hanya akan datang ke dokter gigi jika sudah mengalami sakit gigi seperti gigi berlubang. Strategi yang dlakukan oleh 3M untuk mengatasi persoalan tersebut adalah dengan melakukan kampanye berkolaborasi dengan Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia (IDGAI).

“Kami melakukan kampanye preventif bahwa mencegah sakit gigi lebih baik dari pada mengobati. Baru-baru ini kami sudah melakukan kampanye perdana kami di Daerah Batu, Jawa Timur, dengan melibatkan 2.000 siswa sekolah dasar,” lanjut Cliff.

Sekolah dasar dipilih agar edukasi mengenai pentingnye mencegah masalah pada gigi ini sudah dipahami dan diterapkan sejak dini. Selain menggandeng IDGAI, selanjutnya 3M akan berencana melakukan kampanye preventif di wilayah lainnya dengan turut menggandeng persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI).

Upaya lain yang dilakukan 3M adalah membuat kemasan baru akrilik yang di dalamnya terdapat Clinpro White Varnish dalam bentuk sachet yang diletakkan di meja para dokter gigi. Tujuannya, memikat para pasien agar tertarik dan mau menggunakan produk ini.

“Hingga saat ini sudah terdapat 3.000 sachet produk Clinpro White Varnish yang disebakan ke dokter gigi di seluruh Indonesia, sebagai upaya kami juga untuk memperkenalkan produk ini. Karena produk ini tidak bisa digunakan langsung oleh konsumen, melainkan harus dengan dokter gigi,” ungkapnya.

Cliff melanjutkan dari banyaknya produk perawatan gigi 3M yang terjual di Indonesia, baru 10-20% yang membeli produk Clinpro White Varnish. Di tahun 2016, 3M menargetkan 10.000 orang dapat menggunakan produk ini, dengan dukungan dari berbagai pihak seperti PDGI, IDGAI dan pemerintah.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)