Advan Gandeng FC Barcelona dan Siapkan Produk Tematik

Sebagai salah satu brand lokal yang memiliki pangsa pasar cukup besar di Indonesia, Advan kembali melakukan gebrakan baru untuk konsumen setianya di Tanah Air. Salah satu strategi yang diambil Advan adalah menggandeng klub raksasa La Liga Spanyol, FC Barcelona.

Tjandra Lianto, Direktur Marketing Advan Tjandra Lianto, Direktur Marketing Advan

"Lewat kerja sama ini, Advan ingin menjadi brand kebanggaan Indonesia. Kita merasa bangga bisa di-endorse oleh salah satu klub ternama dunia, yang memiliki banyak penggemar di Indonesia dan di seluruh dunia," ujar Direktur Marketing Advan, Tjandra Lianto.

Lebih lanjut Tjandra mengatakan, terkait dengan kontrak kerja sama ini, pihaknya akan menyiapkan sejumlah produk (televisi, smartphone, tablet dan notebook), yang bertemakan klub asal Spanyol tersebut. Tidak hanya itu, Advan juga akan menggandeng pemain Barcelona untuk tampil dalam tayangan iklan komersial sejumlah produk Advan.

Menurut Tjandra, nilai kontrak dengan Barcelona sendiri cukup mahal, dengan nilai mencapai jutaan euro, mengingat masih adanya sejumlah kesepakatan kontrak lainnya yang masih dibahas antara pihak Advan dan FC Barcelona.

"Meski demikian, hal itu sengaja kita lakukan untuk membuktikan bahwa Advan bisa menjadi brand lokal yang menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia. Selama ini, kita hanya melihat brand global dari Amerika Serikat dan Korea yang melakukan hal ini. Belum ada brand lokal lain yang melakukan kerja sama seperti yang dilakukan Advan. Kita ingin membuktikan bahwa kita bisa melakukan hal tersebut," tegasnya.

Berapa target penjualan dengan adanya kontrak eksklusif FC Barcelona? Menurutnya, sekarang manajemen Advan tidak memikirkan peningkatan pendapatan. Kontrak dengan FC Barcelona tersebut semata-mata untuk membangun merek. "Kalau 5-10 tahun lagi baru diketahui pengarug kerja sama denga FC Barcelona. Lagkah ini bukan biaya tapi investasi Advan untuk mengembangkan merek," Tjandra menguraikan.

Sinergi dengan FC Barcelona juga bukan upaya ekspansi ke pasar regional. "Kami masih fokus menggarap pasar dalam negeri. Saat ini pasar lokal masih tinggi, terutama pasar smartphone," katanya.

Muthia Andriaty, Manajer Produk Advan, mengklaim, hingga kini pangsa pasar produk tablet Advan berada di peringkat pertama untuk merek lokal. Sementara untuk smartphone berada di urutan ke-4 untuk seluruh merek. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)