AEON Mall BSD City Pionir Mall Bergaya Jepang

Mengusung konsep mall bergaya Jepang sejati, AEON Mall BSD City terus berbenah diri meningkatkan fasilitas dan kenyamanan pengunjung dari kalangan keluarga yang menjadi target market.Seperti apa gambarannya?

Kehadiran AEON Mall di BSD City melengkapi keberadaan kawasan hunian milik Sinar mas Land itu sebagai kota mandiri di Tangerang Selatan. AEON Mall adalah satu-satunya mal di sana yang bisa dijadikan tempat hangout dan hiburan untuk anak muda, eksekutif, komunitas, hingga keluarga.

Arsitektur AEON Mall BSD City (Foto by Eva/SWA) Arsitektur AEON Mall BSD City (Foto by Eva/SWA)

Sebagai pusat perbelanjaan ritel di BSD City, AEON Mall bersanding dengan Courts Megastore. Dan tidak lama lagi akan dibangun Qbig BSD City, retail complex satu lantai berkonsep Power Center yang pertama dan terbaru di Indonesia seluas 17,5 hektar.

Pengembangan AEON Mall BSD City ini bekerja sama dengan Sinar Mas Land atas nama PT AMSL Indonesia. Pertama kali pembangunan ditandai dengan acara ground breaking pada 24 Agustus 2013 dan dihadiri oleh kedua pihak, baik Sinar Mas Land maupun AEON Mall Jepang. Pembangunan mall dilaksanakan sesuai rencana, yaitu dimulai pada kuartal III tahun 2013, tepatnya bulan Agustus dan beroperasi sejak 30 Mei 2015.

Ketika peletakan batu pertama pembangunan AEON Mall BSD City, Michael Widjaja, Group CEO Sinar Mas Land, menjelaskan, kehadiran AEON Mall BSD City merupakan bukti komitmen Sinar Mas Land dan AEON Mall dalam menyediakan pusat perbelanjaan dengan fasilitas terbaik bagi masyarakat. Tidak hanya bagi warga penghuni BSD City, tetapi juga warga Serpong dan Jabodetabek.

Jajaran manajemen AEON Mall BSD City Jajaran manajemen AEON Mall BSD City

Saat ini, AEON Mall BSD City yang berdiri megah di atas lahan seluas 100 ribu meterpersegi dan bangunan 177 ribu meterpersegi sudah lebih dari setahun beroperasi di Indonesia.

Hebatnya, meski mall pendatang baru, tapi sampai sekarang tingkat okupansi tenant sudah mencapai 100%. Total toko yang ada di AEON Mall BSD City sekitar 300 toko, termasuk 22 toko yang pertama kali ada di Indonesia dan 38 toko asal Jepang. Produk yang ditawarkan mulai beragam kebutuhan makanan, pakaian dan hiburan dalam satu tempat yang menarik. Khsusus gerai AEON Supermarket, AEON Store dan AEON Dept Store hanya ada di jaringan mal AEON Mall, termasuk AEON Mall BSD City.

Tidak hanya jumlah tenant yang sudah terisi 100%, jumlah pengunjung mal pun rata-rata tidak pernah sepi. Kalau dipuku rata, jumlah pengunjung pada hari kerja (weekday) 20-30 ribu orang per hari, sedangkan akhir pekan (weekend) mencapai 85 ribu orang.

“Misi AEON Mall adalah mengembangkan komunitas lokal sekitar dengan menyediakan pusat perbelanjaan yang mampu meningkatkan kualitas hidup dan menghadirkan gaya hidup baru bagi masyarakat. Hal ini yang juga mendukung diadaptasinya konsep ‘For Your Smart Living’ yang membuat masyarakat dapat memenuhi segala kebutuhan hidup secara lengkap dan memberikan waktu berkualitas bersama keluarga di mal ini, ”jelas Presiden Direktur PT AMSL Indonesia, Ryuma Okazaki saat seremonial pembukaan mall tersebut.

Pengunjung AEON Mall BSD City tak pernah sepi (Foto by Eva/SWA) Pengunjung AEON Mall BSD City tak pernah sepi (Foto by Eva/SWA)

Dari sisi arsitektur, AEON Mall BSD City didesain dan dikembangkan ramah bagi lingkungan dan pengunjungnya. Mall yang bernuansa Jepang pertama di Indonesia ini mengusung konsep ‘For Your Smart Living’ yang berarti memberikan one stop service untuk memenuhi kebutuhan berbelanja lengkap bagi seluruh keluarga dan menawarkan beragam fasilitas serta pengalaman berbelanja yang menarik untuk mendukung kehidupan masyarakat yang berkualitas.

Model arsitektur mall 5 lantai ini dibuat lantai atas berbentuk skeleton (tembus pandang), sehingga tidak ada barang yang jatuh. Dan atap bagian tengahnya juga menggunakan kaca, alhasil mengurangi penggunaan lampu dan hemat energi. Singkatnya, mall ini mengutamakan kenyamanan, keamanan, kelengkapan fasilitas, kebersihan dan kepuasan pengunjung, terutama anggota keluarga yang menjadi target pasar.

Dengan mengklaim satu-satunya mall bernuasa Jepang, AEON Mall BSD City tidak asal ngecap. Berbeda dengan mall atau pusat perbelanjaan lain yang latah meniru bergaya Jepang atau asal berbau Negeri Sakura, atmosfir di AEON Mall BSD City benar-benar seperti mall di negara asalnya. Di AEON Mall BSD City selain banyak diisi tenant dari Jepang, juga menjadi surganya para penggemar kuliner Jepang. Pasalnya, beragam makanan khas Jepang dijual di foodcourt di sana dengan harga terjangkau, ditambah lagi banyak restoran Jepang yang bersaing menawarkan produknya. Juga,desain interior khas Jepang dan kegiatan-kegiatan meramaikan mall dengan budaya khas Jepang.

Ciri khas AEON Mall

AEON Mall BSD City memiliki deferensiasi sesuai tagline “From the Heart of Japan.” Apa saja spot yang menjadi ciri khas Jepang di mall ini? Ada dua, yakni Sakura Lite Tunnel dan Sakura Illumination Park. Dua-duanya adalah taman dengan lampu-lampu yang menyala di bagian atas, yang tidak akan ada di mal lain.

Selain itu, karakteristik AEON Mall BSD City adalah fasilitas food court dan resto terbanyak di daerah BSD dengan 140 outlet. Ada Food Culture terdiri dari 21 resto khas Jepang hingga Barat beratmosfer Jepang modern. Lalu, ada Café Street yang memiliki teras terbuka, Food Carnival dengan ribuan tempat duduk serta Ramen Village.

Supermarket AEON Mall BSD City (Foto by Eva/SWA) Supermarket AEON Mall BSD City (Foto by Eva/SWA)

Dari sisi kuliner, AEON Mall BSD City paling komplit. Di lantai dasar yang berdekatan dengan AEON Supermarket (Waroeng Bongkoes) tersaji aneka sushi dari harga Rp3.000 hingga puluhan ribu dalam satu kemasan. Tak ketinggalan, Food Culture, resto Sukiya, Gyukaku, Chikugo Udon, Ishiyaki Gohan, Uchino Shokudo, Sagami Food, Fuji Restaurant, plus Kin No Torikara.

Nico Abiawan, Advertising and Promotion Staff Marketing and Strategic PT AMSL Indonesia, mengatkan, pihaknya menyiapkan toko ramen sebanyak 7 toko yang menyediakan berbagai pilihan rasa. Contoh, Ebi Soba Ichigen yang berasal dari Hokaido Sapporo yang menyediakan sup udang yang di Jepang tokonya selalu antri.

Untuk restoran, ada restoran Sukiya dari Jepang yang pertama kali buka di daerah Banten. Lalu, roast chicken dengan bumbu yang special Kenny Rogers Roasters, Bebek Begor Pondok Suryo, Resto Kushiyamonogatari Buffee Sate dan Uchinoshokudo berkonsep makan di rumah, serta Kaihomaru restaurant seafood yang bahannya fresh dikirim langsung dari Jepang.

Pengunjung dapat juga menikmati food court dan casual dining. Ada Food Carnival yang menyediakan makanan bercita rasa lokal Indonesia yang memiliki 33 toko dengan kapasitas sekitar 1.100 tempat duduk/seat. Ini adalah food court terbesar di daerah Banten dengan ketinggian atap 10 meter, sehingga terasa luas. Menyediakan menu masakan Indonesia dengan harga yang terjangkau. Di bagian tengah terdapat space untuk dipergunakan sebagai tempat penyelenggaraan event konser pertunjukan

Surganya sushi ada di AEON Mall BSD City (Foto by Eva/SWA) Surganya sushi ada di AEON Mall BSD City (Foto by Eva/SWA)

Selain itu, di lantai dasar AEON Mall BSD City terdapat 2 konsep zone, yaitu Café Street dan Food Culture. Active Sport Zone lokasinya di lantai sekitar AEON Supermarket. Untuk Café Street ini terdapat kafe dari Indonesia, yakni Liberica Coffee yang berasal dari Bandung, Starbucks Coffee, Caffe Bene dari Korea serta Del Immo, sweet café (kafe dengan cake) yang terkenal di Jepang dan pertama kali buka di Indonesia.

Terkait life style kesehatan di AEON Mall BSD City ada di area aktif sport zone seperti Nike, Billabong, Planet Sport. Ada pula toko perlengkapan motor seperti Motoritz dan Motobaiku asal Jepang. Juga dibuka toko khusus sepeda seperti Build a Bike.

Mall ini juga tempat pemburu fashion. Beragam tenant fashion berkelas seperti Uniqlo, Charles & Keith, Hush Puppies, Clarks, Guess, hingga Batik Keris pun kian melengkapi destinasi fashion para pengunjung. Ada pula toko peralatan sehari-hari dari Jepang, Best Denki, yang menyediakan berbagai peralatan elektronik dan perlengkapan rumah tangga.

Bagi para traveler, AEON Mall BSD City menyediakan Travel Lounge yang menyediakan berbagai perlengkapan travel dengan tenant-tenant ternama seperti JTB, H.I.S., perusahaan travel agent asal Jepang dan toko Studio Tas dari Indonesia. Di lounge ini juga diperkenalkan berbagai tempat tujuan wisata di Jepang dan juga akan dilakukan event yang memperkenalkan beberapa tempat wisata baik di Indonesia maupun di Jepang.

Mal ini juga berperan sebagai pusat komunitas yang berguna bagi orang tua, orang dengan kebutuhan khusus (special needs) dan juga bagi para orang tua yang membawa anak-anaknya agar mereka bisa berbelanja dengan nyaman.

Foodcourt lantai dasar AEON Mall selalu ramai (Foto by Eva/SWA) Foodcourt lantai dasar AEON Mall selalu ramai (Foto by Eva/SWA)

AEON Mall BSD City juga ramah lingkungan. Sebab, pengelolaan mall memperhatikan lingkungan dan manusia, seperti menggunakan lampu LED untuk penerangan dan signage yang bisa mengurangi CO2 dan hemat energi. AEON Mall di seluruh dunia memiliki tradisi dalam rangka pembukaan mall, yaitu melakukan kegiatan penanaman pohon untuk membantu pelestarian lingkungan dengan mengikutsertakan masyarakat sekitar. Waktu pembukaan perdana, mall ini mengadakan kegiatan penanaman pohon di area seluas 3.000 m2.

Selain hobby, kuliner, fashion, manajemen AEON Mall BSD City juga memperhatikan kebutuhan berbagai tenant dari beberapa sektor usaha. Pengunjung pun dapat melakukan berbagai aktivitas di mall bersama anggota keluarga. Misalnya nonton bioskop bersama, membeli hiburan CD favorit, berbelanja, olahraga fitness, beli buku, mengantar anak bermain, belajar atau kegiatan menyenangkan lainnya.

Ishak Chandra, Managing Director Corporate Strategy and Services Sinar Mas Land, optimistiis mal bergaya Jepang ini akan menjadi salah satu pusat perbelanjaan yang unik sekaligus terbaik. ”Untuk pertama kali di Indonesia ada mall bergaya Jepang yang menyediakan beragam fasilitas, serta berada di lokasi strategis,” jelasnya.

Maklum lokasi AEON Mall BSD City dapat dijangkau dengan mudah melalui 2 jalur tol. Pertama, jalan Tol Jakarta-Tangerang dari Jakarta melalui simpang susun Tomang, kemudian keluar Tangerang pada Km 18. Kedua, jalan Tol Bintaro Serpong yang juga terhubung dengan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) dan pada ujungnya terdapat 2 pintu keluar menuju BSD City yaitu Lingkar Barat (km 12) dan Lingkar Timur BSD (km 10).”

Akses bagi masyarakat semakin mudah karena keberadaan lajur tol JORR W2 Utara yang sudah mulai beroperasi penuh dengan dibukanya ruas Ciledug– Ulujami sejak tanggal 22 Juli 2014 lalu. Hal ini membuat AEON Mall BSD City dapat diakses dari segala arah, bahkan perjalanan dari Bandara Soekarno Hatta, Pluit, Kebon Jeruk, Permata Hijau, Kebayoran dan TB Simatupang menuju BSD City atau sebaliknya, kini dapat ditempuh dalam waktu jauh lebih cepat. (***)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)