AHM Optimis, Honda CRF 15O L Diterima Pasar

Setelah lama ditunggu-tunggu   PT Astra Honda Motor (AHM)--Agen Pemegang Merek motor Honda di Indonesia-- akhirnya meluncurkan Honda CRF150L di Tanah Air. Produk  motor garuk tanah (trail) ini diperuntukkan bagi konsumen pehobi offroad, trail dan penyuka tantangan. "Kami persembahkan motor ini untuk konsumen yang tangguh, berani, dan suka memicu adrenalin. Saya yakin anda semua akan semakin menikmati pengalaman berkendara bersama motor baru ini," ujar Presiden Direktur AHM, Toshiyuki Inuma, di Tangerang, Kamis (9/11/207).

Honda CRF150L ini merupakan motor berkonsep sport off road yang desainnya persis versi CRF series, baik versi L maupun special engine. Lampu depan mirip sang 'kakak' CRF250L, begitu juga dengan area buritan. Motor ini mengusung mesin 150 cc, SOHC yang tangguh dan bertenaga. Mesin sama dengan yang digunakan pada Honda Verza, 4 langkah, 150 cc, 2 katup berpedingin udara transmisi 5 percepatan. Tenaga maksimum yang dihasilkan yakni 9,51 kW (12,91 PS)/8.000 rpm dan torsi maksimum yakni 12,43 Nm (1,27 kgf.m)/6.500 rpm. Performa mesin menawarkan torsi yang menjanjikan pada putaran bawah, namun juga sangat irit konsumsi bahan bakar mencapai 39,3 km/liter. Suspensi depannya sudah upside down dan dibekali kaki-kaki dengan lingkar roda 21 inci di depan dan 18 inci di belakangserta panel indikator yang semuanya sudah digital.

AHM mengklaim, selain untuk off road, motor ini juga nyaman digunakan di jalan raya. Motor yang tersedia dalam satu warna Extreme Red ini dijual dengan harga Rp 31,8 juta (On The Road DKI). AHM optimistis motor ini akan diapresiasi oleh konsumen motor di Tanah Air. Selain harga yang lebih murah dengan kompetitor, CRF 150 L menawarkan pilihan seperti sistem injeksi bahan bakar  yang sabgat adaptif terhadap perubahan suhu dan tekanan udara.

Di segmen ini, CRF 150 L akan berhadapan dengan Kawasaki KLX, motor yang makin populer setelah dipakai Presiden Jokowi dalam meninjau bebebrapa proyek di Papua dan Muara Gembong ini memiliki banyak varian ketimbang Honda. Varian Kawasaki KLX 150BF, misalnya,  yang merupakan varian termurah  dari Kawasaki Trail ini dengan kaki-kaki berdiameter 21-18 inci dijual Rp 32,4 juta. Sedang varian Kawasaki KLX paling tinggi adalah KLX 150BF Special Edition Extreme, yang harganya Rp 34,5 juta on the road Jakarta.

Michael Tjandra Tanadi, Head of Marketing PT Kawasaki Motor Indonesia—APM Kawasaki di Indonesia—tetap optimistis produknya akan diapresiasi konsumen meski datang kompetitor baru. Pasalnya, selama ini konsumen Kawasaki cukup loyal dan dia yakin konsumennya tidak akan berpaling ke produk lain.   “Kami mengetahui kalau konsumen sudah fanatik dengan (produk) Kawasaki, mereka tidak akan pindah. Dengan masuknya Honda pasar motor trail akan lebih berkembang, tidak ada kekhawatiran dari kami. Karena, kalau market-nya berkembang, pengguna trail akan bertambah,” ujarnya..

Dengan masuknya Honda ke segmen motor trail 150 cc,  persaingan akan bertambah semarak. Meningat segmen yang kecil ini akan dimasuki Kawasaki, Honda dan Viar. Sayangnya, Viar—produk motor butan Semarang ini—belum menjadi anggota AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia).  Berdasarkan data AISI pada 2016 lalu, segmen ini masih dikuasai sepenuhnya oleh Kawasaki di mana penjualan KLX250 mencapai 2.272 sepanjang 2016, dengan rata-rata penjualan 190-an unit perbulannya. Menyusul kemudian  Suzuki DR 200 S yang penjualannya mencapai 1.400 unit, di mana hampir sebagian besar konsumennya adalah pihak Kepolisian Republik Indonesia. Kemudian Yamaha WR250, yang tidak tercantum rekapitulasi penjualannya di data AISI, di mana sudah meluncur sejak awal 2015.  Kawasaki  KLX150,  penjualannya mencapai angka  64.030 unit selama 12 bulan  2016 atau rata-rata sebesar 5.336 unit per bulannya.

Lantas bagaimana Honda?  AHM optimistis bahwa CRF 150 F akan diapresiasi konsumen. Direktur Marketing AHM Thomas Wijaya  optimitis dan mematok target penjualan mencapai 35 ribu unit per tahun. Namun, untuk sisa  dua bulan pada tahun ini, diharapkan bisa terjual 5.000 unit.. "Target pasar adalah para konsumen pecinta fun offroad, itu yang kami sasar. Ada beberapa segmen lain di sana untuk berkembang, kami akan melayani mereka," katanya di sela-sela peluncuran CRF 150 L.

Saat ini segmen pasar motor 'petualang' di Indonesia terus bertumbuh. Motor bukan hanya alat transportasi yang fungsional, namun juga menjadi identitas yang menunjang gaya hidup sebagian orang. Dan, tambah Thomas,  penjualan motor seri petualang meningkat dari 4 persen pada 2014 menjadi 12 persen pada 2017. Untuk itu AHM optimistis bisa memperluas pasarnya di segmen ini dengan meluncurkan Honda CRF150L yang menjadi pesaing Kawasaki KLX 150 itu. Di pasar Indonesia, AHM menghadirkan seri CRF dengan meluncurkan beberapa produk yang berkarakter petualang, mulai CRF1000L Africa Twin, CRF250 Rally.  "Tahun ini selama tiga kuarter, awal tahun penjualan kami pada kuarter pertama 154 unit, berlipat pada kuarter ketiga mencapai 431 unit dari produk adventure termasuk CRF," kata Wijaya. (Rian S)

 

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)