AHM Siap Penuhi Kebutuhan Masyarakat di Setiap Lapisan

Bisnis penjualan motor di tahun 2016 penuh dengan tantangan dan kondisi yang cukup berat. Berdasarkan data dari Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), sepanjang tahun lalu sepeda motor domestik terjual 5.931.285 unit, terkoreksi 8,6% dibandingkan total penjualan tahun 2015 yang terjual sebanyak 6.480.155 unit.

Sebagai perusahaan otomotif, Astra Honda Motor (AHM) juga merasakan adanya kondisi tersebut. Penjualan sepeda motor Honda sebesar 4.380.888 unit, yang sedikit terkoreksi sebesar 1,6% dibandingkan tahun 2015 yang sebanyak 4.453.888 unit. Walaupun demikian, menurut Margono Tanuwijaya, Marketing Director PT Astra Honda Motor, AHM mampu meningkatkan penguasaan pasar.

Margono Tanuwijaya, Marketing Director PT Astra Honda Motor

“Di tengah kondisi pasar yang sedang tertekan tersebut AHM mampu meningkatkan penguasaan pasar 5,1% dengan total market share sebesar 73,9 % sepanjang tahun 2016 terhadap penjualan sepeda motor di Tanah Air,” ujar Margono.

Melihat perkembangan bisnis tersebut, Margono melihat di tahun 2017 diprediksi masih cukup berat dan penuh tantangan, namun demikian AHM tetap berkomitmen tinggi dan berusaha untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat melalui produk-produk baru dan layanan berkualitas. “Meskipun demikian, AHM tetap berusaha meraih kepercayaan masyarakat dengan melahirkan beberapa produk dengan kualitas dan harga terbaik,” tambahnya.

Sebagai tantangan di 2017 ini yang diprediksi adalah perubahan kebutuhan konsumen. Oleh karena itu AHM akan terus melakukan inovasi dengan memberikan produk dan layanan terbaik sesuai dengan kebutuhan masyarakat di setiap segmen. Melalui filosofi andalannya yakni Satu Hati (One Heart), AHM meyakini akan memenangkan kepercayaan masyarakat.

“Ini merupakan kompetisi bagi setiap pelaku otomotif dalam memenangkan kepercayaan masyarakat. Dan dengan prinsip Satu Hati, kami yakin dapat meningkatkan kepercayaan tersebut. Kami berusaha untuk dapat terus melakukan inovasi dengan memberikan produk dan layanan terbaik sesuai dengan kebutuhan di setiap lapisan masyarakat sebagai alat transportasi pendamping keseharian masyarakat dalam berakvitas menggapai mimpi-mimpinya,” jelas Margono.

Selain itu, AHM berharap faktor penting lain yang memicu pertumbuhan bisnis yakni pembangunan infrastruktur dan perbaikan harga komoditas dan dukungan kuat perusahaan pembiayaan, dapat membuat pertumbuhan bisnis yang lebih baik sehingga daya beli masyarakat meningkat.

“Kami berharap dengan kondisi ekonomi saat ini pemerintah dapat fokus dalam menggenjot perekonomian untuk meningkatkan daya beli masyarakat. Realisasi pembangunan infrastruktur dapat segera ditingkatkan agar dapat menopang kegiatan ekonomi masyarakat sehingga pergerakan ekonomi dapat lebih berkembang,” lanjutnya. Untuk target peningkatan pendapatan sendiri, Margono mengatakan bahwa di tahun 2017 ini AHM memperkirakan penjualan sepeda motor Honda sekitar 4,4 - 4,5 juta unit.

 

 

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)