AISI Harapkan IMOS 2016 Mampu Genjot Penjualan Sepeda Motor

Ketua Umum Asosiasi Sepeda Motor Indonesia (AISI), Gunadi Sindhuwinata, mengatakan, ajang tahunan Indonesia Motorcyle Show (IMOS) 2016 diharapkan mampu meningkatkan penjualan sepeda motor, khususnya di dalam negeri. Hal itu terkait dengan target penjualan 6,3 juta unit hingga akhir tahun mendatang.

“Ajang ini diharapkan mampu menjadi dorongan bagi konsumen untuk membeli. Supaya pasar otomotif dalam negeri bisa segera pulih,” kata Gunadi kepada SWA Online saat pembukaan IMOS 2016, di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (2/11/2016).

Penjualan sepeda motor tahun ini, lanjut Gunadi, hingga September 2016 tercatat di angka 4,6 juta unit. Dengan demikian, para produsen sepeda motor, khususnya mereka yang tergabung dalam AISI, dapat menjadikan acara tersebut untuk memamerkan perkembangan teknologi yang ada dalam produk masing-masing merek.

img_8479

Kendati demikian, Gunadi mengatakan IMOS 2016 bukanlah sebagai tempat berjualan utama. Pasalnya,  sampai saat ini memang transaksi lebih banyak dilakukan di dealer. Tahun lalu misalnya, penjualan di pameran serupa mencatatkan nilai transaksi jual beli 1.500 unit sepeda motor.

“Transaksi di sana memang kecil. Ajang ini lebih sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan pengetahuan konsumen terhadap produk-produk yang ada di pasaran. Beberapa merek juga melakukan launching dalam acara ini,” kata Gunadi.

Terkait ajang IMOS yang diselenggarakan tiap 2 tahun sekali, menurut Gunadi  sudah sangat tepat mengingat pengembangan produk sepeda motor memerlukan biaya tinggi. Dengan demikian, menurutnya, jika dalam rentan waktu tersebut dapat mengembangkan 3-4 produk baru sudah masuk dalam kategori baik.

“Motor sesuai dengan sasaran pasarnya rasanya 2 tahun sekali udah cukup. Meskipun volumenya sangat besar, biaya development untuk motor kan sangat besar. Sedangkan harga motor standar Rp12-15 juta. Investasi di bidang pengembangan dan implementasi teknologi memerlukan biaya yang besar,” jelas Gunadi.

IMOS dibuka oleh Menteri Perindustrian, Airlangga Hartato. Pameran ini menghadirkan 39 peserta eksibisi, termasuk 5 anggota AISI yakni Honda, Kawasaki, TVS, Suzuki, dan Yamaha. Acara yang berlangsung selama 5 hari tersebut mengusung tema “Teknologi untuk Kehidupan yang Lebih Baik”. Pihak penyelenggara menargetkan 150.000 pengunjung hingga akhir pekan mendatang.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)