Aplikasi BB Permudah Pembelian Tiket Kereta Hingga Pilih Tempat Duduk

Banyak cara untuk membeli tiket kereta api. Belakangan ini PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) semakin gencar membuka channel pembelian tiket. Baik maupun melalui online ticketing di website korporat, contact center 121, hingga membeli tiket di Alfamart atau Indomart.

IMG_0162Kini PT KAI kembali membuat gebrakan untuk semakin memudahkan pelanggan dalam mendapatkan tiket dengan meluncurkan “KAI Official Mobile Application”.

KAI Official Mobile Application adalah aplikasi mobile pada smartphone Blackberry (BB) yang didesain oleh tim Information Technology PT KAI. Dengan aplikasi ini masyarakat tak perlu antre atau jauh-jauh ke stasiun untuk membeli tiket kereta api. Pemesanan tiket melalui BB dapat di-download pada App World BB Indonesia bernama "Kereta Api Indonesia".

Caranya mudah, setelah aplikasi tersebut terinstal, calon penumpang cukup memilih stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan dan jumlah penumpang (dewasa/anak/infant). Kemudian calon penumpang wajib mengisi data diri sesuai identitas.

Jika semua data diri telah diisi, calon penumpang akan mendapatkan kode pembayaran yang selanjutnya dibayarkan melalui ATM (Mandiri, BRI, BNI, BII, CIMB Niaga, OCBC NISP, BJB, Mega, Panin, BPR-KS, BPD DIY, BRI Syariah, Mayapada, BTN, Pundi dan BCA), atau melalui payment point di Alfamart, Indomart, Alfamidi, Kantor Pos dan PPOB BRI-Delaprasta. Batas maksimal waktu pembayaran adalah tiga jam setelah pemesanan.

Setelah pembayaran, calon penumpang akan mendapatkan notifikasi melalui email. Cetak email notifikasi ini dan tukarkan dengan tiket di loket stasiun terdekat.

Fitur-fitur menarik ditampilkan untuk melengkapi aplikasi tersebut. Selain tampilan interface pengguna yang simple dan mudah dimengerti, melalui aplikasi ini calon penumpang juga dapat memilih tempat duduk sesuai keinginan. Fitur lainnya yaitu terintegrasi dengan kalender pada BB masing-masing pengguna yang dilengkapi juga dengan pengingat (reminder) batas waktu pembayaran dan keberangkatan. Pemesanan tiket kereta dapat dilakukan H-2 hingga H-90 keberangkatan.

“Animo masyarakat untuk naik kereta api semakin tinggi, oleh karena itu kami perlu mempermudah mereka dalam mendapatkan tiket. Reservasi tiket melalui aplikasi ini selain memberikan kemudahan bagi pengguna jasa kereta, tentunya akan mempersempit ruang gerak para calo,” ujar VP Public Relation PT KAI, Sugeng Priyono.

Pengembangan fitur lainnya pun akan segera menyusul diantaranya perluasan channel pembayaran, informasi kedatangan dan keberangkatan kereta api, pemesanan menu makanan di atas kereta, hingga  informasi relasi setiap kereta api. (EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)