Aplikasi PunyaCelengan Dorong Literasi Keuangan Anak

MNC Bank meluncurkan aplikasi PunyaCelengan untuk mendukung program literasi keuangan kepada nasabah Tabungan MNC. PunyaCelengan merupakan aplikasi mobile yang dikembangkan untuk memberikan solusi kepada orang tua dalam memberikan pemahaman dasar nilai uang (value of money) dengan konsep permainan (gamification) kepada anak-anak.

Benny Purnomo, Presiden Direktur MNC Bank dan Benny Helman, Direktur Keuangan MNC Bank saat peluncuran aplikasi PunyaCelengan.

PunyaCelengan menargetkan segmen keluarga yang memiliki anak dengan usia 7-15 tahun, di mana aplikasi ini dapat dimainkan oleh seluruh anggota keluarga. PunyaCelengan dapat digunakan orang tua untuk membantu anak memahami hubungan antara tiga hal utama dalam konsep keuangan yakni earning, saving, dan spending.

Orang tua dapat membuat daftar tugas untuk dikerjakan anak dengan hadiah sejumlah koin, ini akan mengajarkan anak bahwa diperlukan suatu usaha untuk mendapatkan sejumlah uang. Kedua ketika tugas selesai dikerjakan, anak akan mendapatkan koin yang akan ditabung. Ketiga, apabila jumlah koin pada daftar keinginan anak telah tercapai, orang tua dan anak akan melakukan pembelian untuk mewujudkan keinginan anak. Meski demikian aplikasi ini dirancang sebagai catatan, bukan aplikasi transaksional sehingga tidak mempengaruhi jumlah saldo nasabah.

Presiden Direktur MNC Bank, Benny Purnomo, mengatakan, aplikasi PunyaCelengan ini adalah salah satu strategi dalam meningkatkan jumlah nasabah, serta porsi dana murah pada Dana Pihak Ketiga (DPK) perseroan. "Kami optimistis, melalui aplikasi ini, jumlah nasabah penabung MNC Bank dapat bertambah secara signifikan. Kami menargetkan jumlah download mencapai 20 ribu," ucap Benny Purnomo, Presiden Direktur MNC Bank saat peluncuran PunyaCelengan di Jakarta, (9/3).

MNC Bank menargetkan pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) sebesar 12 persen di 2017. Selain itu, perseroan juga akan memfokuskan target bisnis pada segmen retail dan consumer serta menargetkan penyaluran kredit meningkat hingga 15% pada akhir 2017 dengan tetap mengedepankan pengembangan inovasi produk dan layanan berbasis digital/IT. Adapun MNC Bank menggelontorkan investasi untuk pengembangan infrastruktur IT sebesar Rp 80 miliar.

Lebih lanjut Benny menjelaskan, aplikasi PunyaCelengan merupakan bagian dari program financial literacy dalam mendukung program pemerintah, untuk meningkatkan kesadaran menabung sejak usia dini. Diharapkan, aplikasi tersebut dapat membantu nasabah MNC Bank memberikan pendidikan tentang pengelolaan keuangan yang baik dan benar kepada anak.

"Kami optimistis dengan inovasi produk serta layanan berbasis lT/digitai termasuk pengembangan fasilitas mobile banking dan internet banking, penerbitan e-money MNC Fiazz, peluncuran aplikasi punyakartu dan punyacelengan dapat mendukung kinerja positif perseroan di 2017,” ujar Benny.

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)