APPKTM Jual Mocin 4000 Unit Tiap Bulan

Di tengah meredupnya pasar motor cina (mocin) di Indonesia, PT Asean Motor Internasional (AMI) yang mengusung merek APPKTM  berupaya untuk tetap eksis di tengah ketatnya persaingan motor asal Jepang. Saat ini pasar mocin di Indonesia diprediksi hanya  10 ribu/bulan, di mana saat ini APP KTM mengklaim menguasai 30-40% dari total pasar. “Setiap bulan kami bisa menjual sekitar 3000-4000 unit,” kata  Redy Sun, General Marketing PT AMI.

Ia menambahkan dari varian yang ada tahun lalu masih didominasi motor bebek (40%), matic (50%) dan motor roda tiga/kendaraan niaga (10%). Tapi tahun ini, permintaan kendaraan niaga (Gajah) terus mengalami peningkatan. Bahkan hingga akhir tahun diprediksi akan memberikan kontribusi sekitar 30% bagi  AMI, mengingat permintaan motor roda tiga semakin diminati khususnya di Pulau Jawa, Sumatera dan Kalimantan.

Keberhasilan APPKTM tak lepas dari pengalaman pemilik  AMI, yaitu Rahman Hakim. Rahman mengawali bisnis kendaraan beroda sekitar 35 tahun sebagai main dealer Honda di Pontianak dan Bangka. Alhasil,  untuk bisa eksis di bisnis ini menurut Sun sangat tergantung dari produk yang berkualitas, harga terjangkau, after sales service (bengkel dan spare part), dukungan lembaga pembiayaan, karena umumnya 90% pembelian motor dibiayai dengan kredit. “Selain menggandeng Adira, untuk pembiayaan kami memiliki pembiayaan internal (Varia Mitra Finance) yang kontribusi masing-masing 50%:50%,” ujar Sun.

Selain itu, APPKTM juga menggelar acara tahunan menjelang lebaran yaitu Program Paket Service Gratis dan Diskon Spare Part untuk pengguna motor APPKTM. Menurut Weiky Chain, Manager After Sales Service AMI, program  yang digelar sejak tahun 2004 itu sekarang diadakan mulai 1-16 Agustus 2012 dan berlaku di bengkel resmi AMI cabang Sumatera Selatan, Lampung, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur dan Kalimantan Barat.

Program service gratis berlaku untuk service ringan, sedangkan service berat diberi diskon 50% dan spare part potongan harganya higga 10% untuk spare part tertentu.  “Jumlah peminat service gratis menyambut leberan meni ngkat sekitar 15%, selama Setelah seminggu berjalan jumlah motor yang melakukan service gratis tercatat 800 unit baik untuk kendaraan roda dua maupun roda tiga,” kata Weiky. (EVA)

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)