Aqua Japan Bidik Penjualan Naik 20%

Aqua Japan memperkenalkan kampanye baru Know You Better untuk memperkuat merek. Produk ini dimulai dari Sanyo yang merupakan cikal bakal mereknya. Sanyo masuk ke Indonesia pada 1947, perubahan terjadi 2006 merek ini di Jepang berubah menjadi Aqua Japan yang kuat sebagai produk mesin cuci. Tahun 2012, di bawah Haier Group merek ini melakukan upaya strategis pengembangan pasar. Pada 2015, melancarkan upaya pengembangan pasar ke ASEAN, termasuk Indonesia dan baru pada 2016 pasar global digarap lebih serius.

“Sejak diluncurkan kembali tahun 2016, berbagai produk kami mendapat sambutan yang baik dari konsumen. Kenaikan ini tidak terlepas dari produk Aqua Japan yang memiliki berbagai inovasi serta mengusung teknnologi dan kualitas dari Jepang. Tahun ini kami siap masuk ke segmen menengah atas dengan menghadirkan produk inovasi terbaru seperti mesin cuci Aqua duo, Smart TV dan AC Nebula yang basis internet. Kami menargetkan kenaikan penjualan 20% di tahun 2017,” papar Kenji Sadayuki, Presiden Direktur Aqua Japan Indonesia.

Aqua Japan disebut Sadayuki, sebelumnya membidik segmen middle low dengan strategi baru kedepannya akan dikembangkan produk inovatif dan juga beragam produk terkait IoT (internet of thing) Aqua Japan akan mulai menggarap segmen middle up juga.

Maka itu tahun ini Aqua Japan membidik kenaikan pertumbuhan penjualan 20 persen dengan ekspansi segmen pasar ke menengah atas. Saat ini market share kulkas 12,5 persen, mesin cuci 11 persen. Targetnya akhir tahun ini bisa tembus masing-masing produk tersebut 15 persen market share-nya.

Glenn Manengkei, Senior Manager Marcom Aqua Japan mengatakan market Aqua Japan adalah mereka yang berusia 25-40 tahun yang merupakan segmen produktif. Mereka ini berada di level keluarga muda, yang sedang semangat mencapai impian-impian mereka. Mereka ini punya karakter mengeksplorasi produk baru yang inovatif, tidak mudah tergiur promo lebih percaya pada reputasi dan kualitas produk dari merek itu sendiri.

Karakter segmen yang dibidik Aqua Japan dinilai Glenn merupakan segmen yang suka mengeksplor hal-hal baru dan mereka ini sangat dekat dengan dunia digital. Maka itu kampanye Aqua Japan ke depan akan lebih fokus ke digital marketing. "Kami ingin meyakinkan bahwa Aqua Japan lah yang lebih paham kebutuhan mereka melalui kampanye baru Know You Better ini," jelasnya.

Produk andalan Aqua Japan tahun ini disebut kulkas empat pintu dengan dua warna pilihan hitam dan gold yang dilengkapi dengan kompresor infreter, dengan glass door yang anti gores, bisa disetting suhunya dari luar. Kapasitas produk ini sangat luas.

Mesin cuci Hijab Series misalnya, produk terbaru ini menariknya hanya ada di Indonesia. Memahami pasar konsumen muslim Indonesia yang besar, mesin cuci ini diciptakan agar hijab tidak cepat rusak setelah sering kali dicuci. Sebab, ketika dicuci berada di tengah, ada semprotan ditengah agar kotorannya lepas. Karena kalau mesin cuci biasa jika digiling dengan kekuatan biasa hijab akan melayang, sedang kalau terlalu kuat akan ada dibawah akibatnya kotorannya tidak terlepas sempurna dan kerap kali hijab akan cepat rusak.

Pengembangan service area akan lebih banyak ke modern store. Targetnya ada 200 modern store akan ada semua produk Aqua Japan. Service center akan lebih dikuatkan. Melalui 158 service center di seluruh Indonesia, juga bisa menghubungi call center san online chat service center Aqua Japan. Pihaknya juga mengemukakan unique selling point tiap produk, serta berbagai keunggulan produk.

"Komunikasi ATL dan BTL kami jalankan demi menaikan kampanye baru Aqua Japan," ujar Glenn. Pihaknya sudah menyiapkan dua tipe kampanye untuk TVC dan digital. Untuk digital ada tambahan jingle yang menarik karena tipe penikmat digital sangat suka berlama-lama di internet.

Glenn menambahkan, salah satunya dengan membuat webseries juga untuk memberikan edukasi tentang bagaimana baiknya merawat dan menggunakan produk elektronik. Ia menyebut setelah re-born menjadi Aqua Japan, pada awal 2016 brand awareness-nya baru 7 persen, dengan berbagai strategi ATL dan BTL yang telah dilakukan brand awareness Aqua Japan pada akhir 2016 mencapai 27 persen. Diharapkan dengan kampanye baru #knowyoubetter ini brand awareness Aqua Japan akan naik menjadi 37 persen.

Saat ini line up produk Aqua Japan lebih banyak dibanding waktu masih dengan merek Sanyo. "Seperti disebut divatas rata-rata market share produk kami dobel digit, diharapkan dengan line produk lebih banyak market share kami akan mencapai 15 persen," tegas Sadayuki.

Tahun 2016, di tengah menurunnya penjualan industry elektronik rumah tangga hingga 2,6 persen di Indonesia, Aqua Japan dengan salah satu inovasi mesin cuci khusus hijabnya berhasil membukukan kenaikan nilai penjualananya hingga 12,5 persen dari tahun sebelumnya.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2016 berdasakan Badan Pusat Statistik Indonesia tumbuh 5,02 persen. Sementara itu industri elektronik rumah tangga di Indonesia tahun 2016 mengalami penurunan sebesar 2,6 persen. Namun demikian Aqua Japan Indonesia pada tahun 2016 berhasil menjual lebih dari 1 juta unit produk elektronik rumah tangga atau naik lebih dari 3 persen dan membukukan kenaikan nilai penjualan 12,5 persen dari tahun sebelumnya. Hal ini didukung oleh kenaikan penjualan produk Kulkas, Mesin Cuci, Televisi, AC, Chest Freezer dan Cooler.

Aqua Japan optimistis target 2017 dapat tercapai dengan hadirnya produk-produk inovasi Jepang yang mereka tawarkan. Produk elektronik rumah tangga Aqua Japan terus berinovasi dari produk standar saat diluncurkan sekitar 40 tahun yang lalu, hingga menjadi produk premium inovatif di tahun 2016, serta produk dengan platform internet di tahun 2017 ini.

Produk berbasis internet yang diluncurkan Aqua Japan adalah AC Nebula Inverter yang dapat dikendalikan melalui jaringan WiFi. AC ini juga memiliki keunggulan teknologi Aqua Nano yang memiliki efek membersihkan udara dan juga memiliki bunyi yang sangat senyap.

Saat ini kulkas menyumbang paling besar penjualan Aqua Japan di Indonesia adalah kulkas dan mesin cuci sekitar 75 persen, lalu disusul TV dan AC yang masih dibawah 3 persen, sisanya disumbang small home appliances. Targetnya tahun 2017 porsi penjualan TV dan AC naik kontribusi penjualannya menjadi 5 peraen. Kulkas ini diproduksi di pabrik Indonesia bahkan untuk pasar Timur Tengah dan Asia Tenggara.

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)