Marketing Strategy

Aqua Siap Gempur Pasar Indonesia Via Ajang Tarung Bebas

Aqua Siap Gempur Pasar Indonesia Via Ajang Tarung Bebas

Haier, produsen peralatan elektronik rumah tangga raksasa dari China terus meluaskan pasarnya di Indonesia. Salah satunya dengan memboyong merek Aqua dari Jepang ke Indonesia. Aqua yang diakuisisi Haier dari Sanyo pada tahun 2011 merupakan salah satu merek elektronik rumah tangga di Jepang.

Adapun salah satu strategi Haier untuk memperkenalkan merek teranyar itu dengan mensponsori perhelatan ajang tarung bebas (mix martial arts) One Fighting Champhionship (One) di Istora Senayan, Jakarta, pada 27 September 2015 mendatang. Dalam ajang yang akan disiarkan langsung oleh RCTI itu, juara bertahan di kelas bulu, Narantungalag Jadambaa akan bertarung mempertahankan gelar juara dunia mix martial arts (MMA ) melawan penantang Marat Gafurov.

Yoshiaki Ito, CEO dari Haier Asia, sekaligus atlet amatir MMA, hadir langsung memberi sambutan dalam acara konferensi pers One di Hotel Midplaza, Jakarta.

(ki-ka) Chatri Sityodtong, Victor Cui, Yoshiaki Ito, Mr. Kazuki Baba, Mr. Willy Sanjaya di sela-sela acara jumpa pers One Fighting Championship

(ki-ka) Chatri Sityodtong, Victor Cui, Yoshiaki Ito, Mr. Kazuki Baba, Mr. Willy Sanjaya di sela-sela acara jumpa pers One Fighting Championship

“Inilah nilai-nilai Aqua yang tercermin pada One penyelenggara Mixed Martial Arts yang unik. Dengan memiliki penggemar yang tersebar di lebih dari 70 negara, One merupakan organisasi MMA terbesar dari Asia. Kami bangga mendukung kerja sama ini agar bisa memberikan tontonan yang tidak terlupakan bagi para penggemarnya di Jakarta,” ujarnya.

Victor Cui, CEO dari One Championship mengatakan, “Aqua merek peralatan elektronik rumah tangga di Jepang mempunyai komitmen yang sama dengan One Championship untuk membawa produk terbaik ke Indonesia. Para penggemar di Jakarta dan seluruh dunia bisa berharap melihat One membawa MMA ke tingkat berikutnya karena dua superpower telah bekerja sama,” urainya.

Haier sebagai perusahaan induk Aqua sendiri memiliki rekam jejak gemilang di kancah global. Pasalnya, menurut data Euro Monitor, perusahaan yang berkantor pusat di Qingdao, Shandong, China itu memegang predikat sebagai jawara produsen elektronik rumah tangga besar di dunia selama enam tahun berturut-turut. Karena itu, Yoshiaki, yang lahir dan dibesarkan di Bangkok, Thailand menilai, saat ini merupakan waktu paling tepat bagi Aqua untuk bekerja sama dengan One Championship dan menghibur penggemarnya yang sangat banyak di Indonesia.

Pria 45 tahun itu lebih lanjut memaparkan alasan kehadiran Aqua di Indonesia. Jumlah penduduk Indonesia yang besar dan perekenomiannya yang terbesar di Asia Tenggara telah menjadi magnet bagi Aqua untuk melayani pasar Indonesia. Selain itu, melalui Sanyo yang juga diakuisisi Haier pada 2011, Yoshiaki menyebutkan, perusahaannya telah berkontribusi di Indonesia sejak tahun 1977.

“Dengan pengalaman 30 tahun lebih di sini, Indonesia telah menjadi kunci utama bagi kesuksesan perusahaan kami. Sekarang, kami berupaya membangun kesuksesan lebih besar lagi dengan memperkenalkan Aqua, merek peralatan rumah tangga unggulan dari Jepang untuk pasar Indonesia,” jelas MBA Manajemen Internasional dari Thunderbird School of Global Management, Arizona, AS itu.

Tak lupa Yoshiaki mengungkapkan latar belakang Aqua yang mengusung produk seperti kulkas, mesin cuci dan AC dalam mensponsori One Championship. “ Aqua memiliki semangat yang sama dengan para petarung One Championship, yaitu mentalitas juara. Kami mengusung mentalitas perbaikan terus-menerus, secara berkesinambungan memperbaiki diri dengan ketelitian Jepang, tak henti berjuang terus memperbaiki kualitas, agar menjadi produk yang lebih baik lagi,” katanya seraya menyebutkan dalam waktu dekat Aqua akan meluncurkan jajaran produk yang dirancang khusus untuk pasar Indonesia. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved