Avanza Paling Laris di Segmen Low MPV

Toyota Avanza bisa jadi adalah mobil yang paling laris dalam satu dasa warsa terakhir ini. Sempat  menurun penjualannya saat  kemunculan  kompetitornya, Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio, namun dengan  strategi jitu yang dilakukan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) serta inovasi minor dan major yang bersifat jangka pendek ataupun menengah, Avanza pun akhirnya tetap di puncak, tak goyah meskipun kompetitor keluar dengan berbagai inovasi.

Penjualan Avanza rata-rata 10 ribu unit per bulan. Data yang dilansir dari Gaikindo (Gabungan Industri kendaraan Bermotor Indonesia) selama Januari – November 2016., mobil low MPV (Multi Purpose Vehicle)  Toyota itu terjual 112.931 unit. Mobil Toyota yang paling laris lainnya adalah  LCGC Toyota Agya, yang rata-rata terjual 3800 unit.

avanza

Dibanding kompetitornya,  harga Toyota Avanza sedikit lebih mahal. Harga Avanza termurah adalah Rp 185 juta dan termahal sekitar Rp 230 juta-an. Namun, demikian tidak mengurangi minat pembeli untuk meminang mobil ini.

Lantas, apa rahasianya? Kuncinya adalah inovasi dan juga kekuatan brand. Ketika kompetitor sudah  berupaya keras dengan meluncurkan berbagai fitur canggih di kelasnya, Avanza  langsung meluncurkan bebebrapa fitur yang tak kalah canggihnya dengan menyematkan  fitur seperti side impact beam,. key mobilzer,  rem ABS, EBD serta perubahan desain mobil.

Menurut Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi, penjualan  Toyota  secara keseluruhan sudah sesuai target yang diusung TAM sejak awal tahun. Di saat pasar otomotif hanya tumbuh sekitar tiga persen,  justru penjualan Toyota berhasil tumbuh hingga 19 persen. Hingga akhir November 2016. penjualan wholesales mobil telah capai 974.972 unit. Dari total penjualan tersebut, Toyota menjadi kontributor terbesar dengan total penjualan 349.707 unit dengan market share 35,87 persen. "Penjualan tahun ini sangat positif, terutama dibantu produk-produk baru seperti Avanza, Innova, Fortuner, Sienta dan tentunya Toyota Calya. Dari sisi market share, kalau tahun lalu ada di kisaran 32-33 persen, tahun ini kita bisa mencapai 35-36 persen," ujarnya, Minggu (1/1/2017).

Tidak hanya sukses menjual Toyota Avanza, justru hampir di semua segmen produk Toyota cukup laris. Hanya di segmen sedan, Toyota dikalahkan Honda  Meski pasar sedan dianggap kecil, TAM tetap serius menggarap pasar tersebut. Tahun lalu secara diam-diam TAM meluncurkan Vios baru. Untuk tahun depan, TAM  mematok target pangsa pasar 35%, tidak jauh dari target tahun lalu, mengingat pasar otomotif diperkirakan masih stagnan seperti 2016.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)