Bagaimana BNI Life Memenangkan Persaingan di Industri Asuransi?

Menjaga pertumbuhan premi asuransi di atas pertumbuhan rata-rata industri asuransi tidaklah mudah. Hal ini bisa dicapai BNI Life dengan langkah-langkah strategis yang melekat dengan nasabah.

Pada semester I/ 2017, pertumbuhan premi BNI Life sekitar 30-40 persen di atas pertumbuhan industri asuransi jiwa nasional yang berada di angka 20 persen. Diterangkan Lia Mariani, Assistant Vice President Head of Communications BNI Life, dalam dua tahun terakhir pihaknya melakukan beberapa langkah transformasi produk dan layanan yang kesemuanya sangat melekat dengan kebutuhan nasabah.

Sejak tahun lalu BNI Life meluncurkan kembali Employee Benefit produk asuransi kumpulan untuk nasabah korporat. Produk ini lebih kompetitif karena lebih disesuaikan dengan kebutuhan nasabah korporat.

"BNI Life selama ini masih didominasi pasar individu, dengan strategi ini dan memanfaatkan kemitraan Bank BNI kami mendorong pertumbuhan produk asuransi kumpulan ini," jelas Lia. Produk employee benefit BNI Life yang diperbaharui ini memungkinkan perusahaan dengan karyawan di bawah 10 orang pun dapat memanfaatkan produk asuransi kesehatan dan hari tua untuk karyawannya.

Produk yang bagus juga harus didukung layanan terbaik, kata Lia, ini sangat disadari BNI Life. Maka itu BNI Life memperhatikan proses klaim yang cepat agar nasabah nyaman selama menggunakan produk-produk asuransi ini. Untuk nilai klaim hingga Rp 10 juta proses klaim BNI Life sangat cepat hanya 25 menit saja. "Layanan cepat ini merupakan inovasi kami guna mempersingkat proses klaim dan pencairan langsung dapat diterima melalui transfer hanya dalam 25 menit," ujarnya. Sedangkan untuk nilai klaim di atas Rp 50 juta, BNI Life menyediakan layanan One Day Service.

Layanan cepat dan terbaik yang BNI Life bisa berikan ke nasabah ini lanjut Lia tidak terlepas dari dukungan back end yang andal seperti SDM operasional dan pembenahan sistem yang berkelanjutan.

Untuk mendukung layanan terbaik, dikatakan Lia, dalam dua tahun terakhir BNI Life melakukan penetrasi ke 6 kota di Indonesia yaitu Bandung, Denpasar, Surabaya, Semarang, Yogykarta, dan Palembang. "Selama ini BNI Life kuat pasarnya di Jawa, Bali dan Sumatera, kami ingin memperkuat pasar di enam kota tersebut dengan menambah kantor layanan tahun depan," terangnya.

Kemudahan akses bagi nasabah yang sedang sakit pun diberikan BNI Life dengan menyediakan layanan BNI Life Lounge di RS Pertamina. Menurut Lia layanan ini disediakan di sana karena tingkat klaim BNI Life di sana cukup tinggi. "Bisa dibilang gerai layanan ngamar di rumah sakit ini yang pertama dan satu-satunya di Indonesia. Kami berencana akan membuka gerai layanan serupa di rumah sakit-rumah sakit lain di Indonesia terutama yang menjadi mitra BNI Life," ujarnya.

Untuk mendukung transformasi produk dan layanan tersebut, BNI Life menggaungkan kampanye #SiapkanBekalnya. Kampanye ini bukan saja melalui digital tapi digencarkan BNI Life melalui media cetak dan radio. Menurut Lia, produk asuransi biasanya diambil nasabah karena ajakan atau informasi orang terdekat.

"Ibu salah satu influencer terkuat menurut insight kami. Ibu juga dikenal sebagai salah satu pengambil keputusan di keluarga makanya ibu sebagai target utama kampanye ini," tegasnya. Lia melanjutkan seperti kita tahu ibu sangat memperhatikan bekal anak-anaknya, dengan nilai keluarga inilah pendekatan BNI Life lakukan bahwa bukan saja bekal makanan sehat saja yang dibutuhkan keluarga buat anak-anak tapi juga bekal kesehatan dan pendidikan terbaik. Inilah inti kampanye #SiapkanBekalnya BNI Life.

Agar gaungnya lebih kuat, kampanye ini digelar dalam berbagai kegiatan antaranya hari bebas kendaraan bermotor di Jakarta pada 24 September lalu. Pada acara ini diadakan cek kesehatan mamografi, kegiatan olahraga, artist performance, flash mob, hingga kontes foto di media sosial dengan cara meng-upoad foto ke Instagram atau Twitter.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)