Bandai Menggebrak Industri Animasi di Indonesia dengan Memboyong Aikatsu!

Bertempat di JKT 48 Theater, fX Lifestyle X’enter Bandai Company Limited (Bandai) meluncurkan Aikatsu! di Indonesia. Bandai merupakan sebuah perusahaan Jepang pembuat mainan serta produsen sejumlah besar model kit plastik. Perusahaan ini produsen terbesar ketiga di industri mainan (setelah Mattel dan Hasbro) dan berkantor pusat di Taito, Tokyo.

Aikatsu! atau Idol Katsudo (idol activity – aktivitas idola), merupakan sebuah kisah yang bercerita tentang semangat seorang gadis untuk mewujudkan mimpinya menjadi seorang idola yang terkenal. Pada kesempatan kali ini, Bandai mempersembahkan sebuah karya terbarunya di Indonesia yang memiliki nama Aikatsu!, sebuah serial TV animasi yang akan ditayangkan di RCTI dan akan bertautan dengan permainan kartu digital dari Aikatsu!.

Harada, Deputy General Manager, Card   Business Department Bandai (baju batik) Harada, Deputy General Manager, Card
Business Department Bandai (baju batik)

Menurut Harada, Deputy General Manager, Card Business Department Bandai, Aikatsu! adalah permainan seperangkat kartu digital yang mengandung berbagai macam style
pakaian dan aksesoris dimana para pemain dapat menjadikan tokoh yang dimainkannya menjadi seorang idola dengan mengganti pakaian mereka dan mengikuti tantangan permainan berbagai macam audisi, show dan performance dengan memindai kartu digital. Cara menggunakannya adalah dengan memasukkan kartu yang ingin digunakan ke dalam special card reader, maka secara otomatis pakaian tersebut akan menempel di tubuh sang idol.

Di Jepang, diperhitungkan sekitar 110 juta kartu digital Aikatsu! telah dijual dalam kurun waktu 1,5 tahun sejak tanggal pertama kalinya diluncurkan, dan jumlah total penjualan dari keseluruhan produk yang berkaitan dengan Aikatsu! produksi dari Bandai Namco Holdings mencapai 15,9 milliar Yen Jepang (sekitar Rp1,6 triliun) per Maret 2014.

Berdasarkan hasil kuesioner tentang “Karakter Favorit Bagi Anak-anak” yang telah dilakukan oleh Bandai kepada orang tua yang memiliki anak berusia di bawah 12 tahun pada bulan Mei 2014, Aikatsu! menduduki urutan pertama pada kategori ‘karakter wanita terfavorit’. Hal ini menunjukkan bahwa karakter Aikatsu! semakin populer dan dikenal luas di Jepang.

Serial TV animasi favorit di Jepang Aikatsu! akan mulai tayang di RCTI pada hari Sabtu, 20 September 2014. Bandai secara bertahap akan mulai memasang mesin kartu hiburan Aikatsu! pada Oktober 2014. Selain itu, Bandai juga akan mengembangkan karya yang berhubungan dengan Aikatsu! untuk mempersembahkan sebuah pengalaman dari ‘Idol Activity/Aktivitas Idola yang dirindukan oleh remaja di Indonesia.

Didedikasikan untuk "Membina Mimpi dan Menyalurkan Inspirasi," Bandai Co., Ltd. memproduksi mainan yang memikat imajinasi, memberikan kesenangan tak berujung dan hiburan melalui beberapa merek yang paling populer untuk mainan anak-anak dan hiburan interaktif pada saat ini. Bandai Co., Ltd. adalah bagian dari Bandai Namco Group, yang secara global memiliki tiga unit bisnis strategis yaitu: Mainan dan Hobi, Konten dan Fasilitas Hiburan. Jajaran produk dari Mainan dan Hobi unit, yang dipimpin oleh Bandai Co., Ltd. termasuk mainan, mainan permen, kartu, penjual mesin produk kapsul (Gashapon), model plastik, pakaian, produk pendukung gaya hidup dan produk lainnya. Strategi perusahaan dalam jangka menengah berfokumodel plastik, Pakaian, produk pendukung gaya hidup dan produk lainnya. Strategi perusahaan dalam jangka menengah berfokus pada globalisasi melalui inti bisnis yang dimilikinya - model bisnis merchandising karakter . (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)