Bandung Pesta di Gedung Sate

Kepala Biro Humas Protokol dan Umum Sekretariat Daerah Jawa Barat Ruddy Gandakusumah mengatakan ada sejumlah acara baru yang dipersiapkan untuk gelaran Pesta Rakyat De Syukron, yang sudah menginjak tahun kelima. “Lebih besar karena yang terlibat lebih banyak,” katanya.

Sejumlah acara ikonik Pesta Rakyat De Syukron juga masih ada, seperti video mapping, pameran, bazar, pertunjukan musik dan kesenian, serta pertunjukan kembang api. Namun ada sejumlah acara baru yang dipersiapkan dalam Pesta Rakyat yang digelar tiga hari sejak Jumat, 23 Oktober 2015, ini.

Gedung-Sate-Trees Foto: Wikipedia

Ruddy mencontohkan, momen itu akan dimanfaatkan untuk meluncurkan buku profil Jawa Barat yang disiapkan menjadi tanda mata bagi semua tamu resmi pemerintah yang bertandang ke Gedung Sate. “Paling tidak bisa menggambarkan kebutuhan informasi tentang Jawa Barat. Kita masih update data-datanya karena cukup tebal, edisi lux,” ujarnya.

Di sela Pesta Rakyat itu juga akan diresmikan pengoperasian air mancur menari, fasilitas baru yang sengaja dibuat di depan halaman Gedung Sate dengan merenovasi taman yang sudah ada. “Ada launching air mancur yang bisa berjoget dan bernyanyi, ada di depan,” tutur Ruddy.

Ruddy mengatakan Pesta Rakyat juga dijadikan ajang pemecahan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia), yakni Drapping Contest atau mendandani mannequin dengan kain sarung bermodalkan peniti dan seni melipat lebih dari 600 peserta. Pemecahan rekor itu dibarengi dengan Fashion Show on the Street Jabar Ngagaya “Gandrung Kasarung 3” untuk mengangkat industri sarung di Majalaya, pada Sabtu, 24 Oktober 2015.

Lima panggung disebar di kawasan kompleks Gedung Sate. Sejumlah pertunjukan kesenian disiapkan, dari seni modern, kontemporer, hingga tradisional. Pesta Rakyat juga menampilkan pameran multiproduk dari sejumlah perwakilan negara sahabat yang punya kerja sama resmi dengan pemerintah Jawa Barat, komunitas hobi, kuliner, hingga klub.

Di Pesta Rakyat itu juga akan dipamerkan sejumlah makanan non-beras. Warga boleh mencicipi penganan unik yang disiapkan Badan Ketahanan Pangan berbahan non-beras. Dinas Perikanan dan Kelautan juga membagikan telur dan susu gratis bagi pengunjung; Dinas Sosial membuka dapur umum dan makanan gratis; Dinas Kesehatan menggelar pemeriksaan kesehatan gratis untuk pengecekan kolesterol, asam urat, lemak darah, hingga Pap Smear; dan Biro Pemerintahan Umum membuka layanan pembuatan KTP elektronik gratis.

Tempo

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)