Marketing Trends zkumparan

Bangkitkan Industri Kopi Lokal, Rasa Group Gelar Barista Innovation Challenge

Pemilik Rasa Group, Sherley Ruslie. (dok. istimewa)

Demi menggairahkan kembali industri kopi di tengah pandemi, Rasa Group menggelar kompetisi antarpembuat minuman kopi bertemakan Barista Innovation Challenge 2020. Beragam jenis kopi dari sejumlah daerah penghasil kopi di Indonesia akan diracik agar dapat menjadi penerus kesuksesan beberapa kopi kekinian saat ini.

Rasa adalah grup produsen minuman yang membawahi merek dagang DRiPP, Multibev, dan Flavorshot. Perusahaan ini menawarkan pilihan produk gourmet syrup dan powder serta minuman ready-to-drink untuk private label bagi berbagai perusahaan di industri food and beverages.

Kompetisi ini dilatarbelakangi banyaknya barista nasional yang berkiblat kepada industri kopi luar negeri. Barista Innovation Challenge 2020 diharapkan dapat menginspirasi seniman kopi tanah air untuk mengembangkan tren minuman kopi yang benar-benar Indonesia.

Pemilik Rasa Group, Sherley Ruslie, menjelaskan kompetisi ini tidak hanya memberikan peluang bagi barista Indonesia untuk memenangkan hadiah senilai puluhan juta rupiah. “Kompetisi ini didedikasikan bagi para barista Indonesia agar dapat menjadi stimulus dan mempersiapkan mereka dalam membangun coffee shop mereka sendiri melalui penciptaan resep khas yang bisa dimanfaatkan untuk bisnis kopi mereka,” kata Sherley dalam keterangan resminya, (11/11/2020).

Sherley menambahkan dalam membuat kreasi minuman, peserta diajak untuk menggunakan biji kopi tanah air sehingga bisa menghasilkan minuman bercita rasa Indonesia. Peserta diminta untuk menciptakan resep khas mereka dan mempelajari bagaimana keunikan, cerita dan penggunaan media sosial dapat menjadi poin penting dalam memenangkan persaingan di industri kopi Indonesia.

“Saran untuk para peserta, buatlah kreasi minuman yang mempunyai latar belakang yang khas, menggambarkan identitas dan keunikan Anda sebagai barista dan tentunya memiliki cita rasa yang sesuai dengan lidah orang Indonesia,” jelas Sherley.

Acara ini akan digelar dalam tiga tahap. Di tahap kualifikasi pertama pada 06 November – 21 Desember 2020, video kreasi minuman dikumpulkan dari seluruh peserta dan akan dipilih 30 peserta teratas (top 30). Dilanjutkan dengan babak semifinal dimana akan dipilih lima peserta teratas (top 5) dari 30 kreasi minuman yang lolos seleksi.

Lima barista terbaik akan bersaing untuk membuat dua kreasi minuman baru pada tahap final, yang akan digelar pada 26 Januari 2021 di Jakarta. Pemenang akan ditentukan oleh dewan juri yang terdiri dari pelaku industri dan pakar industri kreatif. “Dari Barista Innovation Challenge, kami harap barista Indonesia dapat menggali lagi tingkat kreativitas mereka, yang dapat ditunjukkan dalam skala nasional,” paparnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved