Bank Muamalat Gandeng Arsenal Jaring Nasabah Anak Muda

Keinginan menjadi bank syariah yang moderen dan profesional membuat Bank Muamalat meluncurkan sejumlah strategi untuk mencapai tujuan tersebut. Salah satunya dengan menggandeng klub sepak bola Liga Inggris, Arsenal. Endy Abdurrahman, CEO Bank Muamalat, mengatakan pihaknya sengaja memilih bekerja sama dengan Arsenal, dikarenakan klub sepak bola ini memiliki basis penggemar yang jumlahnya cukup fantastis di Indonesia, yakni lebih dari 3 juta yang tersebar di seluruh Indonesia dan 14, ribu resmi menjadi anggota Arsenal Indonesia Supporter (AIS). “Ini sejalan dengan cita-cita kami yang ingin menjadi bank pilihan anak muda, selama ini kan bank syariah kurang mendapat perhatian anak muda untuk membuka rekening dan kegiatan lainnya,” ujar Endy.

IMG20160114103847

Kerja sama ini ditandai dengan peluncuran kartu debit Bank Muamalat yang didesain dengan logo Arsenal, juga beberap pemain bintang Arsenal. Menurut Endy, pihaknya telah punya sejumlah agenda dalam kerja sama ini, di antaranya adalah memberikan layanan-layanan khusus bagi AIS, seperti memfasilitasi acara nonton bareng. Kedua, kartu debit tersebut juga bisa digunakan sebagai kartu resmi menjadi anggota AIS. Selain itu, nantinya setiap AIS yang memiliki akun di Bank Muamalat akan berkesempatan menonton langsung pertandingan klub bola kesayangannya itu di lapangan Arsenal, di Inggris.

Selain para fans, Bank Muamalat juga menaruh perhatian pada talenta-talenta muda pesepak bola Indonesia di sekolah sepak bola asuhan Arsenal, “Kami juga memberikan dukungan bagi sekolah sepak bola Arsenal,” ujarnya. Endy mengaku, pihaknya beharap kelak jika Bank Muamalat mampu mencapai target size yang besar, mereka berencana akan memasang logo Bank Muamalat di lapangan Arsenal.

William Brown, Director and Board Member of Arsenal Football Club for Asia, mengatakan,  pihaknya setuju bekerja sama dengan Bank Muamalat karena adanya kesamaan visi yakni inovasi. Menurutnya, ini adalah sebuah inovasi yang baik bahwa sebauh bank syariah merangkul klub sepak bola guna mendapatkan pasar anak muda. Selain itu Arsenal juga meilihat, basis fansnya yang besar di Indonesia yang notabene adalah negara mayoritas muslim, tentunya akan terapresiasi dengan kerja sama ini.

Sementara itu, Pejabat Eksekutif Bank Muamalat yang juga calon Direktur Ritel Banking Bank Muamalat, Purnomo B. Soetadi, mengatakan, dari kerja sama ini, diharapkan mampu meningkatkan size bisnis ritel Bank Muamalat, sekaligus mendorong pertumbuhan pangsa pasar industri perbankan syariah di Indonesia. “Kerja sama dengan klub sepak bola Arsenal merupakan bagian dari strategi kami untuk menyempurnakan struktur komposisi dana pihak ketiga (DPK) ritel, khususnya dengan meningkatkan porsi dana murah,” ujarnya.

Hingga Desember 2015, himpunan DPK Bank Muamalat telah mencapai nilai Rp 45 triliun dengan komposisi perolehan CASA (dana murah) sebesar 38,44 % dan time deposit sebesar 61,56 %. Sejalan dengan fokus bisnis 2016, Bank Muamalat menargetkan pertumbuhan DPK senilai Rp 4 triliun dari akhir 2015 dengan kompoisisi  dana murah sebesar 42 %. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)