Beli Pertamax Turbo, Bawa Pulang Sedan Mewah

Melalui program undian Pertamax Turbo Ultimate Experience, Pertamina ingin mengapresiasi pelanggan yang melakukan transaksi non tunai dalam membeli produk Pertamax Turbo. Bagaimana performa sempurna Pertamax Turbo?

Awal tahun 2017 menjadi momen keberuntungan bagi 4 orang ini. Bak mendapat durian jatuh, impian indah menjadi kenyataan dialami oleh 4 orang yang hoki ini. Mereka adalah Josef Dwinata dari Tangerang berhasil meraih mobil BMW 528i. Lalu, Imam Setiadhi dari Tangerang, Wanda Patricia Ento dari Bali, serta Arvin Warsanta asal Surabaya dan Imam Setiadhi dari Tangerang berhasil meraih VIP Invitation dari Lamborghini Italia untuk mengunjungi pabrik di Venesia.

 

Keempat orang tersebut adalah pemenang program undian berhadiah “Pertamax Turbo Ultimate Experience” yang telah memasuki tahap akhir penyelenggaraannya. Program undian ini dimulai sejak November 2016 hingga ditutup pada 5 Februari 2017, dan berhasil membukukan sekitar 100.000 transaksi .

Pada penarikan undian sebelumnya yaitu tahap pertama dan kedua, telah diumumkan para pemenang yang telah mendapatkan 8 hadiah utama dan ribuan hadiah eksklusif.

“Hari ini, Pertamina kembali memberikan 5 hadiah utama dan 675 hadiah eksklusif bagi para pelanggan setia Pertamax Turbo yang beruntung dalam penarikan undian tahap akhir Pertamax Turbo Ultimate Experience yang diselenggarakan di Locanda Italian Restaurant, Jakarta (9/2/2017),” ujar Afandi Anwar, Vice President Retail Fuel Marketing PT Pertamina (Persero).

Sejak awal diselenggarakannya program undian Pertamax Turbo Ultimate Experience pada 17 November 2016 hingga pengundian ditutup pada 5 Februari 2017 para pelanggan setia Pertamax Turbo terus menunjukkan antusiasmenya yang tinggi. Melalui program ini Pertamina berharap dapat memberikan bentuk apresiasi terbaik kepada para pelanggan, terutama konsumen Pertamax Turbo di seluruh Indonesia.

Program undian Pertamax Turbo Ultimate Experience terselenggara atas kerja sama Pertamina dengan Mastercard. Tujuan kerja sama untuk sosialisasi penggunaan kartu pembayaran non tunai di jaringan SPBU Pertamina. Dan Mastercard mendukung Pertamina dalam menjual produk baru andalannya. “Harapan Pertamina dengan peluncuran Pertamax Turbo adalah undian ini sebagai apresiasi Pertamina buat pelanggan yang setia transaksi non tunai,” Afandi menuturkan.

Pernyataan Safdar Khan, Division President, Indonesia, Malaysia dan Brunei, Mastercard menguatkan pendapat Afandi. ”Kami mengucapkan selamat kepada para pemenang yang telah menerima berbagai hadiah eksklusif dari program Pertamax Turbo Ultimate Experience. Program ini menjadi sebuah komitmen bersama kami untuk terus memberikan sebuah priceless experience kepada seluruh pelanggan Pertamina dan jpara pengguna kartu Mastercard di Indonesia sekaligus menikmati sebuah transaksi pembayaran yang lebih mudah, nyaman dan menguntungkan,” jelas Safdar.

Menurut Safdar, program spesial untuk memberikan pelanggan beragam manfaat dan keuntungan yang hanya dapat diperoleh dari transaksi non-tunai. Pihaknya berjanji akan terus mendukung program-program istimewa selanjutnya dari Pertamina. Manfaatnya, tidak hanya untuk pelanggan, tapi juga menjadi wadah edukasi berkelanjutan bagi masyarakat agar lebih terbiasa menggunakan kartu pembayaran atau non tunai dalam aktivitas sehari-hari, termasuk dalam pembelian bahan bakar.

Menariknya, saat ini konsumen tidak sulit untuk mendapatkan produk bahan bakar Pertamax Turbo karena sudah tersedia di 625 SPBU Pertamina dari total 5.400 SPBU Pertamina di seluruh penjuru Nusantara. Jumlah ini nantinya, akan terus diperluas jangkauannya.

Ke depan, Afandi berharap, agar konsumen yang sudah memakai Pertamax Turbo sebagai bahan bakar mobil tidak beralih ke produk yang kualitasnya berada di bawahnya. “Saya optimistis konsumen Pertamax Turbo loyal, karena karakter konsumen Pertamax Turbo tidak sensitif terhadap harga,” ucapnya sambil berkata pihaknya akan mengajak semua SPBU Pertamina agar tidak membatasi nilai transaksi pelanggan yang selama ini banyak dikeluhkan.

Performa Sempurna Pertamax Turbo

Banyak yang belum paham apa sih Pertamax Turbo? Pertamax Turbo merupakan produk unggulan PT Pertamina dengan Research Octane Number (RON) 98 yang membuat tarikan tarikan mesin kendaraan menjadi lebih ringan dan memberikan kecepatan maksimal.

Pertamax Turbo merupakan hasil inovasi Pertamina dalam menyediakan produk bahan bakar bagi kendaraan berbahan bakar dengan kategori RON minimal 98, khususnya bagi kendaraan dengan teknologi Gasoline Direct injection, Turbo Charger, Super Charger, dan High Compression.

Dengan kualitas lebih baik dibandingkan Pertamax Plus, Pertamax Turbo diharapkan menjadi jawaban bagi konsumen yang ingin mendapatkan bahan bakar dengan akselerasi yang lebih cepat. "Pertamax Turbo merupakan produk unggulan baru Pertamina, yang disediakan bagi konsumen yang menyukai performance sempurna dalam berkendara, dengan angka oktan 98 dan akselerasi yang lebih cepat," ‎ kata Afandi Anwar, Vice President Retail Fuel Marketing PT Pertamina (Persero).

Apa saja keunggulan Pertamax Turbo? Salah satu keistimewaan bahan bakar ini adalah didesain khusus untuk mobil-mobil yang memiliki kompresi mesin tinggi (1:12) atau sudah dilengkapi dengan perangkat turbocharger dan supercharger. Umumnya mobil yang dijual di Indonesia rata-rata hanya memiliki kompresi 1:10. Tapi, ada juga sejumlah model Toyota yang tingkat kompresi mesinnya 1:12, yakni Alphard 3.5, Lexus 460 dan Lexus 570. Secara garis besar, mobil-mobil yang memakai kompresi 1:12 adalah jenis mobil balap atau supercar.

Penggunaan oktan yang besar ditujukan untuk mobil-mobil yang memiliki kompresi tinggi, agar pembakarannya sempurna,” ujarnya. Sebaliknya, jika mobil diisi dengan BBM yang kadar RON-nya lebih tinggi dari rekomendasi, maka ada kemungkinan mesin sulit menyala.

Ya, beberapa bulan lalu, PT Pertamina (Pesero) secara resmi mengumumkan menghapus dan menghentikan produksi BBM (Bahan Bakar Minyak) Pertamax Plus, bensin untuk otomotif dengan RON (Research Octane Number—nilai oktan bahan bakar) 95. Jadi, Pertamax Plus telah dihapus dari line up produk Pertamina sejak awal Desember.

“Produksi Pertamax Plus sudah kami hentikan awal Desember lalu. SPBU yang masih menjual Pertamax Plus, itu hanya itu hanya sisa. Kami menggantinya Pertamax Turbo bahan bakar yang memiliki kualitas tinggi,” ujar Afandi menegaskan.

Memang betul Pertamax Plus sebelumnya sempat menjadi bensin tertinggi Pertamina selama bertahun-tahun. Namun, Maret 2016, Pertamina memperkenalkan Pertamax Turbo yang diklaim high octane serta memiliki kandungan aditif untuk menjamin kebersihan pembakaran mesin.

Sebelum dipasarkan di dalam negeri, Pertamax Turbo dites ke beberapa mobil supercar di negara Eropa. Lamborghini adalah salah satunya. Menurut Ahmad Bambang, Direktur Pemasaran PT Pertamina (Persero), penjualan ke Eropa tersebut merupakan upaya tes pasar serta untuk menguji kualitas produk. Hasilnya, ternyata cukup bagus. Respons konsumen cukup positif dan Pertamina mampu menjual 5 ribu liter per bulannya.

Setelah sukses di Eropa, maka sejak Agustus 2016, Pertamax Turbo mulai dijual di SPBU Pertamina. BBM ini dikhususkan bagi mereka atau pecinta otomotif penyuka balap dan pemilik mobil supercar dan mobil moderen lainnya. Respon konsumen pun bagus. Penjualan Pertamax Turbo dalam waktu tiga bulan sudah mencapai 400 ribu liter. Dengan konsumsi sebulan saja yang rata-rata mencapai 40 ribu liter, Pertamina waktu itu menargetkan penjualan mencapai 150 ribu liter sampai akhir tahun 2016.

Harga Pertamax Turbo di pasar Eropa dipatok US$ 1 per liter plus pajak. Di Indonesia, para konsumen cuma membayar Rp 8.700 tiap liter. Dengan hilangnya Pertamax Plus dari SPBU Pertamina, maka BUMN minyak tersebut sekarang hanya menjual Pertalite (Ron 80), Pertamax (Ron 92) dan Pertamax Turbo (Ron 98). Konsumen memiliki banyaki pilihan untuk memenuhi kebutuhan akan BBM yang berkualitas.

Sejauh ini volume lebih banyak penjualan Pertamax Turbo ketimbang Pertamax Plus. "Angkanya lupa, yang jelas sehari sudah sampai angka 500 ribu liter dan ini tumbuh terus," ungkap Afandi. Menurutnya,, penjualan Pertamax Turbo di arena balap internasional juga positif, yaitu 320 ribu liter di race Lamborgihi.

Distribusi pasokan Pertamax Turbo di pasar nasional makin diperluas. Tidak cuma di seluruh pulau Jawa, tapi sudah masuk ke beberapa kota di Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan. Contoh di Medan, Riau, Batam, Bali, Makassar, dan sebentar lagi Manado. Justru, penjualan Pertamax Turbo di luar Jakarta lebih besar. Alasannya, jalanan di luar Jakarta lebih lengang, sehingga lebih asyik untuk memacu laju kendaraan lebih kencang sembari merasakan tarikan Pertamax Turbo.

Mastercard Dukung Produk Kebanggaan Anak Bangsa

Program transaksi pembelian produk Pertamax Turbo dengan kartu Mastercard berlangsung dari November 2016 sampai Januari 2017 disambut antusias oleh masyarakat. Buktinya, jumlah transaksi menembus angka 100.000 transaksi.“ Ini adalah produk anak bangsa, jadi harus kita dukung Pertamax Turbo, produk baru dengan kualitas tinggi,” ujar Tommy Singgih, Direktur Mastercard Indonesia, dengan nada bersemangat.

Menurut Tommy, perjuangan 100.000 orang yang melakukan transaksi non tunai itu untuk pembelian Pertamax Turbo besar sekali. Mengapa? “Sebab, mereka tidak langsung bayar begitu saja. Tapi, harus buka website dulu untuk mengisi kartunya,” ujar Tommy seraya mengatakan kerja sama kedua pihak ini adalah indikasi awal yang baik bagi perkembangan bisnis di masa depan.

“Kami kerja sama tidak hanya untuk penjualan produk Pertamina, tapi juga mendorong inovasi dan customer experience yang belum pernah dirasakan sebelumnya,” Tommy menambahkan penjelasannya. Contoh, dengan hadiah mengunjungi pabrik Lamborghini di Venesia, Italia merupakam pengalaman yang berharga dan tidak semua orang bisa mengalami.

Jadi, pengguna kartu tidak hanya menginginkan benefit atau fitur dari kartu Mastercard, tapi juga pengalaman eksklusif tak terlupakan. Untuk itu, Mastercard senang menjadi bagian dari program bergengsi ini.

“Kami berharap transaksi non tunai terus meningkat. Selama ini jumlah transaksi non tunai di Indonesia cuma 3-4%. Nah, dengan program Pertamina ini bisa menggalakkan orang transaksi non tunai demi mendorong terciptanya cashless society di Indonesia,” kata Tommy lagi.

Menurut Tommy, transaksi non tunai itu sudah menjadi bagian dari masyarakat modern, sehingga harus convinience. Jadi, tidak perlu dompet tebal atau pergi ke ATM untuk transaksi pembayaran bahan bakar Pertamax Turbo ataupun transaksi lainnya.

Untuk itu, Tommy menyarankan, jaringan distribusi Pertamina harus didukung dengan jaringan terminal atau mesin EDC (Electronic Data Capture) lebih banyak lagi untuk kartu kredit Mastercard atau bank-bank lain dalam memudahkan konsumen bertransaksi. Saat ini, sudah ada 2..500 SPBU Pertamina yang memiliki mesin EDC.

Saat ini pembayaran non tunai di SPBU Pertamina sudah bisa dilakukan di Sumatera, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan akan menjangkau wilayah Indonesia Timur.

Dukungan Master Card lainnya, pelanggan akan mendapatkan hadiah vocer jika beli BBM Pertamax Turbo di SPBU-SPBU Pertamina.

Dengan didukung kemudahan pembayaran non tunai melalui kartu kredit Mastercard, pelanggan bisa leluasa membeli bahan bakar Pertamax Turbo dan menikmati laju kendaraan yang tarikannya lebih ringan, masih mendapat kesempatan memenangkan hadiah mobil mewah, motor gede dan jalan-jalan ke Eropa yang didambakan banyak orang. Jadi, Anda sudah tidak sabar menunggu program undian berhadiah “Pertamax Turbo Ultimate Experience” berikutnya?

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)