Bentuk Marketing Representative, Strategi Menggarap Pasar Regional

Era perdagangan bebas di kawasan ASEAN (Masyarakat Ekonomi ASEAN) segera diberlakukan. Merek-merek lokal perlu didorong menjadi pemain regional, sebelum nantinya mencicipi sengitnya persaingan di pasar dunia.

“Pengusaha perlu didorong untuk berani masuk ke global, paling tidak memulai dengan menjadi pemain regional. Hal ini karena untuk regional ASEAN saja sudah 600 juta penduduk, artinya memiliki potensi pasar yang besar,” kata Asto Sunu Subroto, President Director PT Mars Indonesia.

Beberapa merek besar, termasuk kosmetik asal Indonesia dinilai sudah cukup mampu menembus pasar regional dan dunia. Untuk mendukung langkah tersebut, perusahaan perlu menerapkan strategi marketing melalui marketing representatif.

“Nyatanya banyak negara lain ingin mengimpor produk dari Indonesia. Contoh, Fresh Care yang sudah diimpor oleh Malaysia. Mereka juga harus cerdas melihat peluang pasar melalui analisis pasar dan konsumen,” katanya.

Dr. Ir. Asto Sunu Subroto, MM President Director of MARS Indonesia, berpose berbagai gaya di kantor, Sajuta Edisi20 2015 Asto Sunu Subroto, President Director of MARS Indonesia

Perusahaan-perusahaan yang telah berjaya menjadi market leader di pasar domestik ditantang untuk masuk dan mendapat apresiasi di pasar dunia. Semboyan “Menjadi tuan di rumah sendiri” sudah terjawab bagi sebagian pemilik merek. Nah, sekarang saatnya menjadi pemain ‘di negeri orang’.

Dunia sudah dikejutkan dengan sukses Samsung, pemain asal Korea, yang sukses mengkudeta Nokia di kategori ponsel. Negeri Ginseng juga mampu merubuhkan dominasi merek Sharp asal Jepang dengan merek andalan LG.

Merek lokal asal Indonesia tak perlu ciut nyali. Mereka bisa mencontoh Kopiko yang sudah berhasil mendunia dengan permen rasa kopinya yang luar biasa. Ada juga Kapal Api yang sudah bertahun-tahun memimpin di pasar roast & ground coffee (kopi tubruk) di Malaysia dan sudah eksis di lebih dari 20 negara.

Mereka sudah menunjukkan kekuatannya. Menarik ditunggu, merek lokal manalagi yang akan berjaya di pasar regional dan global. Karpet merah akan selalu dibentangkan untuk merek-merek yang mampu mengharumkan nama Indonesia di pasar dunia. (Reportase: Tiffany Diahnisa)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)