Bidik Pelanggan Setia, Kleepon Tawarkan Loyalty

Menjamurnya situs pemberi diskon (daily deals) di Indonesia ternyata tak selamanya menguntungkan pihak merchant. Kurangnya strategi pemasaran akan membuat program daily deals tidak berjalan (sustainable). Untuk mengatasi masalah tersebut, PT Kleepon Indonesia menawarkan sebuah sistem pemasaran baru bernama “Loyalty”.

Loyalty adalah kelanjutan dari program Promo Store yang telah sukses dijalankan oleh Kleepon.com sejak April 2011. Sistem ini diklaim mampu menggaet banyak pelanggan setia dan mendatangkan sisi positif bagi merchant.

Selain menjual produk atau jasa ke pelanggan melalui situs Kleepon.com, sekarang merchant (outlet/toko/perusahaan yang menawarkan produknya di Kleepon.com) dapat melakukan penawaran spesial untuk para pelanggan melalui program Loyalty.

Hendy Putra, Direktur Kleepon Indonesia, menjelaskan, untuk setiap pelanggan yang melakukan belanja kembali, merchantdapat memberikan LoyaltyPoint yang dapat diakumulasikan secara elektronik di sistem Kleepon dan dapat ditukarkan dengan free gift atau rewards yang ditawarkan oleh merchant tersebut. Semakin sering customer kembali berbelanja, semakin banyak point yang terkumpul dan semakin cepat customer mendapatkan rewards.

Begitu banyaknya situs daily deals yang menawarkan program diskon yang serupayang tentunya membuat persaingan bisnis daily deals menjadi semakin ketat. Dan kami menyadari bahwa program daily deals tidak sustainable dandalam jangka panjangakan merugikan pihak merchant, apabila tidak didukung dengan strategi marketing lainnya. Banyak customer yang datang hanya karena diskon, namun tidak banyak yang kembali. Kleepon Loyalty bertujuan untuk mendukung program Promo Store agar merchant tidak memberikan diskon secara cuma-cuma, tetapi menarik customer menjadi pelanggan setia, yang tentunya akan memberikan nilai tambah kepada merchant” jelas Hendy.

Ia mengklaim, Loyalty juga bertujuan untuk menggantikan peranan dari membership cards atau program loyalitas lainnya berbentuk kertas atau kartu plastik yang memerlukan investasi dan biaya maintenance yang sangat besar. Dengan Kleepon Loyalty, merchant dapat berpartisipasi secara langsung tanpa memerlukan penginstalan alat Point of Sale dan pelanggan tidak perlu lagi membawa beragam kartu untuk berbelanja di merchant favorit mereka. “Sekarang pelanggan dapat menikmati kemudahan pengumpulan/penyimpanan Point secara elektronik di sistem Kleepon melalui jaringan Internet ataupun SMS,” Hendy menambahkan

Menurutnya, dengan program Loyalty, keefektifan pemasaran juga dapat terukur menggunakan data pelanggan yang dikumpulkan oleh Kleepon. Merchant bahkan dapat menyesuaikan promo dan rewards yang diberikan berdasarkan seberapa seringnya pelanggan berkunjung kembali. Dengan demikian, dana marketing tidak terbuang percuma dan dapat digunakan seefektif mungkin.

Beberapa merchant yang telah menggunakan program Loyalty dari Kleepon, yaitu I-ta Suki dan Diva Karaoke. Merchant-merchant tersebut memberikan beberapa hadiah seperti free voucher dan karaoke room untuk pelanggan yang telah mengumpulkan poin yang telah ditentukan.

Sekadar informasi, Kleepon Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce. Merupakan satu-satunya dan pelopor dari sistem Loyalty yang hadir sebagai program terbaru untuk menarik pelanggan menjadi setia bagi para merchant yang berpartisipasi, serta menyediakan berbagai macam diskon menarik untuk para anggotanya. (Ario Fajar/EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)