Marketing Strategy

BNI Gencarkan Kampanye ‘Transaksi Lebih Hemat, Hidup Lebih Hebat’

BNI Gencarkan Kampanye ‘Transaksi Lebih Hemat, Hidup Lebih Hebat’

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk terus memperkuat bisnis kartunya untuk menopang upayanya sebagai transactional bank yang kuat di Indonesia dengan mengusung tema utama: “Transaksi lebih hemat, hidup lebih hebat.

Dengan program tersebut BNI berupaya terus mempermudah akses nasabah ke berbagai fasilitas less cash transaction yang pada akhirnya akan bermuara pada masyarakat yang memiliki kebiasaan bertransaksi tanpa menggunakan uang tunai ata cashless society.

(Kiri) Dodit Wiweko Probojakti, GM Product Management Division-Consumer & Retail Banking BNI dalam suatu kesempatan

(Kiri) Dodit Wiweko Probojakti, GM Product Management Division-Consumer & Retail Banking BNI dalam suatu kesempatan

Dodit Wiweko Probojakti, GM Product Management Division-Consumer & Retail Banking BNI, menjelaskan, upaya penguatan bisnis kartu yang dilakukan BNI tersebut telah mendapatkan pengakuan masyarakat, salah satunya adalah dinobatkan sebagai penyedia Kartu Cobranding dengan pertumbuhan tercepat untuk produk BNI-Chelsea Payment Cards dalam Apresiasi ReBi ke-10 tahun 2013 belum lama ini. Pengakuan ini dengan sendirinya memberikan asupan energi bagi BNI untuk mendekatkan program Cashless Society yang diserukan Bank Indonesia (BI) ke arah realita.

Guna mendukung program BI itu, BNI aktif mengedukasi masyarakat agar transaksi yang bersifat harian atau kebutuhan rutin dapat menggunakan produk perbankan seperti transaksi kartu debit/ATM di merchant, e-Banking (ATM banking, SMS Banking, Internet Banking, Phone Banking, uang elektronik/prepaid) dan e-Commerce (BNI Debit Online, Doku Walet).

Dijelaskan Dodit, ada tiga keuntungan dari cashless society. Pertama, transaksi non tunai lebih efisien karena setiap orang tidak perlu repot membawa uang tunai kemana-mana untuk melakukan transaksi bisnis. Kedua, transaksi non tunai relatif tidak berbiaya mahal. Ketiga, transaksi non tunai lebih memudahkan untuk dilacak apabila terjadi tindak pidana.

Program BI ini sejalan dengan rencana jangka panjang dan berkesinambungan dari BNI yang menjadikan BNI sebagai transactional bank. Nasabah dapat bertransaksi di seluruh kantor cabang BNI terdekat, baik dari lokasi tempat tinggal maupun lokasi tempat kerja. Apabila jika menggunakan e-banking, nasabah dapat melakukan dari mana saja dan kapan saja.

Nasabah juga akan memperoleh manfaat hemat lainnya yaitu melalui promo-promo e-banking, e-commerce dan kartu debit baik berupa diskon, cashback atau hadiah langsung. Beberapa promo menarik yang akan menggugah nasabah untuk terus bertransaksi antara lain:

Kartu Debit/ATM

BNI memberikan berbagai penawaran khusus bagi nasabah dengan memfokuskan program penawaran ini di merchant-merchant Groceries/Supermarket yang merupakan tempat favorit berbelanja bagi para nasabah. Nasabah dapat menikmati penawaran menarik dari BNI baik di merchant berskala nasional dan lokal, yaitu Hypermart (dengan program extra 10 Stamp setiap transaksi minimal Rp 500rb, stamp yang terkumpul bisa menukar Gratis produk Anchor dan Special Price di weekend IV setiap bulan); Super Indo Supermarket (minyak murah refill 2 liter Rp 9.900,- dan disc 10% all product di weekend); Pasar Buah (Pekanbaru); Pasaraya JM & Diamond Supermarket (Palembang); Borma Supermarket (Bandung); Progo dan Luwes Supermarket (Semarang); Bonnet Supermarket (Surabaya); Maxi Swalayan dan Susana Mart (Balikpapan); Mini Mart (Manado); dan Toko Satu Sama dan Alaska (Makassar).

Untuk menghadapi liburan akhir tahun 2013, BNI juga sudah menyiapkan penawaran menarik bagi nasabah, yang bertujuan untuk meningkatkan awareness nasabah sekaligus mengedukasi nasabah untuk terbiasa bertransaksi non tunai. BNI memberikan discount sampai dengan 50% ditempat liburan keluarga favorit seperti: The Jungle & Bogor bowling center, Atlantis Waterpark, Snowbay TMII, Dufan, Ocean Dream Samudera, Waterboom Lippo Cikarang, Water Kingdom, Taman buah Mekarsari, dan merchant lokal seperti Opi waterpark (Palembang) dan Bugis Waterpark (Makassar).

Sampai November 2013, Kartu Debit BNI telah mencatatkan pertumbuhan volume belanja sebesar 43% dibandingkan periode yang sama tahun 2012, sementara untuk jenis merchant groceries tumbuh 51% dibandingkan periode yang sama tahun 2012.

Kartu Kredit BNI

Untuk Kartu Kredit, BNI memberikan penawaran menarik akhir tahun bagi nasabah yang berencana untuk menghabiskan waktunya dengan berlibur ke tempat wisata pilihan dengan memanfaatkan program diskon hingga 60% di Agoda.com, Tiket.com, Go Indonesia, Ticktab.com, Courtyard Marriot, The Atanaya, Accors, Pegipegi.com, Klikhotel.com, Parador Hotels & Resorts, B Hotel Bali, Traveloka.com.

Selain penawaran untuk travelers, BNI juga memberikan penawaran menarik bagi pecinta kuliner dengan memberikan diskon hingga 50% untuk resto-resto favorit seperti Pizza Express, Han Gang, Shabu Tei, Shin Men Japanese Resto, dan masih banyak lagi.

Memperkenalkan BNI TapCash

Untuk mendukung program Cashless Society yang digagas oleh BI, BNI yang sebelumnya telah memiliki Kartu BNI Prepaid akan melakukan Rebranding dengan meluncurkan BNI TapCash pada event Java Jazz 2014. Kartu ini dapat digunakan untuk bertransaksi yang sifatnya daily dan rutin.

Transactional Banking Experience

Guna mendukung BNI sebagai Transactional Banking, BNI menjalankan program yang variatif lainnya, salah satunya melalui program Around The World. Untuk meningkatkan awareness nasabah BNI dalam bertransaksi menggunakan produk e-Banking dan e-Commerce yang dimiliki oleh BNI seperti ATM, SMS Banking, Internet Banking, Phone Banking, dan BNI Debit Online.

Program ini menawarkan kesempatan baik bagi nasabah BNI maupun non BNI yang bertransaksi di fasilitas e-Banking BNI untuk dapat menikmati wisata gratis ke luar negeri hanya dengan bertransaksi sesering mungkin menggunakan produk BNI e-Banking dan BNI e-Commerce selama periode September 2013 – Februari 2014. Kontribusi Fee Based Income dari program Around The World ini bagi BNI pada tahun 2013 diharapkan mencapai sebesar Rp 29,4 miliar.

Tidak hanya itu, BNI juga menawarkan kemudahan dan kenyamanan bagi nasabah pemegang produk Taplus Bisnis, yaitu program Bonus Refund & Reward. Melalui program ini, BNI memberikan Refund kepada nasabah pemilik rekening Taplus Bisnis Perorangan di BNI yang aktif melakukan transaksi transfer/ kiriman uang keluar, BNI akan menanggung biaya yang dikeluarkan atas transaksi itu dengan nilai refund maksimal senilai Rp 500 ribu, BNI juga memberikan reward sebagai apresiasi bagi nasabah yang menerima transfer/ kiriman uang masuk dari bank lain dengan nilai reward maksimal senilai Rp 100 ribu selama periode September – Desember 2015.

Chelsea Payment Cards

Untuk penggila bola, BNI mempersembahkan program khusus untuk pemegang Chelsea Payment Cards dengan meluncurkan BNI Goes to Stamford Bridge 2014, program jilid ke dua ini mengundi 18 nasabah yang beruntung yang akan diberangkatkan untuk menonton langsung pertandingan Chelsea FC Vs Arsenal FC pada tanggal 22 Maret 2014 di Stadion Stamford Bridge, London.

Dengan melakukan transaksi belanja minimal Rp 2.500,- atau menabung minimal Rp 25.000,- nasabah sudah berhak mendapatkan 1 poin undian, selain itu, BNI juga memberikan signed home jerseys, signed pennants dan home jersey untuk Top Spender bulanan Chelsea Payment Cards.

Sebagai bentuk apresiasi media terhadap Chelsea Payment Cards, belum lama ini, BNI menerima penghargaan “Chelsea Payment Cards, Co Branding Card dengan pertumbuhan tercepat” dari Rekor Bisnis, hal ini tidak lepas dari komitmen BNI yang memberikan layanan terbaik bagi nasabah. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved