BNSD Tonjolkan Budaya Flores untuk JFW 2016

Perhelatan Jakarta Fashion Week (JFW) 2016 masih berlangsung hingga 30 Oktober 2015. Kemeriahan fashion show berskala nasional ini terus berlangsung setiap harinya. Pada Selasa 27 Oktober 2015, salah satu yang turut memeriahkan event tahunan ini adalah  Binus Northumbria School of Design (BNSD). Tahun ini merupakan tahun keempat bagi BNSD berpartisipasi dalam event Jakarta Fashion Week.

Berpartisipasi di ajang JFW 2016, BNSD melakukan persiapan khusus. Bersama beberapa siswa terbaiknya, BNSD mengadakan perjalanan selama empat hari ke Flores. Pada kegiatan tersebut, BNSD dan para siswanya berinteraksi secara langsung dengan para pengrajin tenun khas Flores. Tujuan penyelenggaraan perjalanan penelitian ini adalah agar siswa terbaik BNSD dapat mempelajari secara langsung tentang tenun lokal dan warisan budaya Flores. Dari hal tersebut diharapkan para siswa dapat lebih mengembangkan kreativitas mereka dalam membuat design nantinya. Perpaduan antara warisan budaya dan tradisi yang ada di Flores menjadi sebuah bentuk baru pada pola-pola yang akan ditampilkan dengan mencerminkan budaya asli Flores.

IMG_20151028_093539Setiap tahunnya, BNSD selalu mengangkat tema yang berbeda untuk ditampilkan pada JFW. Dan tahun ini, Flores menjadi inspirasi bagi BNSD untuk dapat menonjolkan budaya lokal dengan kualitas Internasional,  tema “The Past Modern to Flores” pun menjadi pilihan BNSD untuk ditampilkan pada tahun ini. Kami berharap Indonesia bisa menciptakan tren-tren terbaru bagi dunia fashion yang terinspirasi dari kekayaan budaya Indonesia. Kedepannya, diharapkan BNSD bisa mengikuti pekan mode lainnya yang diselenggarakan minimal di Indonesia.” ungkap Ratna Dewi Paramitha selaku Head of Program Fashion BNSD.

Binus Northubria School of Design merupakan sekolah design bertaraf Internasional yang berkolaborasi antara Binus University dengan Northumbria University, Newscalte, Inggris. Terdapat empat jurusan yang ditawarkan oleh BNSD yaitu Fashion Design, Fashion Management, Graphic Design New Media dan Interactive Digital Media. Keikutsertaan BNSD dalam JFW merupakan salah satu strategi yang diterapkan oleh BNSD untuk memperiapkan mahasiswa terjun langsung ke dunia profesional baik berskala nasional maupun internasional. Tidak hanya di bidang industri, namun juga di bidang kewirausahaan.

Strategi lain yang diterapkan oleh BNSD adalah dengan memberikan kesempatan kepada mahasiswanya untuk mengambil bagian dalam “immersion dan research trip” baik di dalam  maupun luar negeri. Sehingga mahasiswa BNSD diharapkan mampu mengebangkan keterampilan dan kompetensi mereka dalam lingkungan belajar internasional di bawah pengawasan mutu langsung dari Northumbria University, Newscastle, Inggris. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)