Bukti Bisnis APP Sinar Mas Berkelanjutan

Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas meraih penghargaan Sustainable Business Award (SBA) untuk kategori special recognition Strategic dan Sustainability management. Sementara, 3 unit industri APP Sinar Mas meraih penghargaan Social Business Innovation Award.

Prestasi ini menegaskan perusahaan telah memenuhi praktik bisnis yang berkelanjutan, dalam upaya konkrit mengurangi laju deforestasi serta menggunakan 100% bahan baku yang berasal dari tanaman industri. Penghargaan SBA diberikan langsung oleh Menteri PPN/ Bappenas Bambang Brodjonegoro.

"Apresiasi dan penilaian dari pihak luar ini merupakan wujud nyata upaya dan komitmen kami dalam membangun bangsa yang bertumpu pada peningkatan ekonomi namun tetap memprioritaskan praktik bisnis yang berkelanjutan," kata Direktur APP Sinar Mas, Suhendra Wiriadinata dalam rilisnya.

app sinar mas

Penghargaan SBA merupakan hasil kerja sama PwC Indonesia, Kadin Indonesia dan IBCSD (Indonesia Business Council for Sustainable Development) dan dilaksanakan di 6 negara. Tujuannya, untuk meningkatkan kesadaran bisnis yang berkelanjutan serta menunjukkan bagaimana bisnis yang berkelanjutan juga menguntungkan perusahaan, lingkungan dan semua pemangku kepentingan.

APP Sinar Mas juga berkontribusi di bidang sosial lewat program Corporate Social Responsibility (CSR), yakni PT Pindo Deli Pulp & Paper Mills untuk program efisiensi energi, PT Lontar Papyrus Pulp & Paper Industry untuk program kesehatan dokter apung, dan PT Ekamas Fortuna untuk program pengembangan reaktor biogas.

Penghargaan Social Business Innovation Award yang diselenggarakan Warta Ekonomi menunjukkan peran aktif perusahaan dalam menciptakan lingkungan hijau, pendidikan yang layak, keseimbangan sosial, serta program kemitraan dengan masyarakat dalam rangka memajukan ekonomi.

Upaya APP Sinar Mas dalam mengembangkan strategi dan konsep praktik keberlanjutan (Sustainability) tertuang melalui komitmennya, yakni Kebijakan Konservasi Hutan atau Forest Conservation Policy (FCP), sebuah inisiatif yang pertama kali dikembangkan oleh sektor swasta, yakni APP Sinar Mas pada awal tahun 2013 bersama dengan organisasi nirlaba dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Zero Deforestation merupakan semangat FCP, yang berarti penghapusan secara meyeluruh penggunaan bahan baku dari hutan alam di seluruh rantai pasokan industri APP.

“Penghargaan ini mendorong kami untuk terus berupaya memberi manfaat bagi semua. Kami yakin dalam menghasilkan produk berkualitas tak hanya memperhatikan unsur keuntungan semata, namun faktor manusia dan lingkungan juga turut dijaga,” kata Suhendra.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)