Capacity Building Carrefour Sukses Antar UMKM

20140430_151003Program Capacity Building Carrefour telah mencapai akhir, sejak diluncurkan 18 April 2012 UMKM yang mengikuti program ini mengalami peningkatan. Peningkatan yang terjadi ada pada jumlah peserta dan juga peningkatan kenaikan penjualan produk-produk binaan program ini.

Untuk diketahui program Capacity Building Carrefour ini juga mengajak Yayasan Sahabat Cipta dan 7 universitas untuk bersinergi membantu bisnis UMKM di tujuh kota. Program yang telah berlangsung selama dua tahun ini hadir di Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Makassar, Medan, dan Palembang.

Capacity Building Carrefour yang juga didukung oleh Kementerian Koperasi dan UMKM RI ini memberikan pembinaan untuk melakukan promosi, akses pasar, capacity building, dan evaluasi. Keempat poin ini bertujuan untuk menambah nilai para pelaku UMKM yang telah bergabung.

Dalam acara penutupan program dilaporkan di tahun pertama yaitu 2012-2013 sudah ada 405 UMKM di Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Sedangkan di tahun kedua 2013-2014 dari tujuh kota tercatat ada 513 UMKM yang mendapatkan pembinaan ini.

Kenaikan penjualan juga dirasakan para UMKM binaan ini, tahun 2012-2013 tercatat penjualan naik 48,71% sedangkan untuk tahun 2013-2014 ada pula kenaikan sebersar 47%.

“Potensi lokal market itu masih sangat besar sekali dan Indonesia ini sudah diakui kreativitasnya. Saya rasa hal ini bisa mendorong UMKM untuk lebih maju dan bersaing di negeri sendiri,” ujar RM Adji Srihandoyo, Corporate Affairs Director PT Trans Retail Indonesia (Carrefour).

Di kesempatan yang sama Adji juga menyampaikan, Carrefour terbuka untuk menyerap produk-produk UMKM. Saat ini sudah ada sekitar 64 UMKM potensial yang sudah bersiap untuk masuk ke pasar ritel modern. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)