Cara Baru Sharp Bidik Segmen Middle Up

Televisi merupakan salah satu kebutuhan masyarakat untuk menyajikan berbagai suguhan acara yang menghibur. Konsumen pun semakin pandai dalam memilih TV seperti apa yang akan mereka beli. Pada umumnya, konsumen memiliki pertimbangan melihat resolusi gambar  selain harga.

Nah, jika melihat bagaimana tren perkembangan TV, di tahun 2016, selain sebagai alternatif hiburan, dari segi ukuran masih didominasi di bawah 32 inch. Ada pula ukuran 40 inch ke atas yang tergolong smart TV atau Android TV. Membaca peluang tersebut, Sharp melakukan inovasi.

Jika lihat ke belakang, perusahaan elektronik yang berbasis di Negeri Sakura ini masuk ke Indonesia sejak tahun 1970 dengan produk TV tabung. Menurut hasil riset perusahaan, masyarakat Indonesia masih ada yang menggunakan TV tabung, bahkan ada yang mencapai 10 tahun dan masih dalam keadaan baik. “Selama ini total penjualan kamia sudah mencapai 18 juta unit TV di Indonesia,” klaim Toshio Kawata, Division Deputy General Manager PT Sharp Electronics Malaysia.

Top Management PT Sharp Electronics Indonesia Top Management PT Sharp Electronics Indonesia

Selama 46 tahun, korporat terus mengikuti tren perkembangan TV mulai dari SD, wideWXGA, Full HD 1080P, 4K, dan 8K. Dalam setiap produk TV LED miliknya, Sharp mengusung tiga konsep utama, yaitu high picture, one of kind, dan high quality. Salah satunya melalui Aquos Series XU dengan resolusi 8K monitor 70 inch dan 80 inch.

Produk yang sebelumnya sudah terlebih dulu diluncurkan di negara asalnya, Jepang ini, memiliki keunggulan menampilkan bermacam warna yang lebih cerah dan alami. Kecanggihan ini didukung dengan teknologi anti glare by N Black Panel. Selain itu, TV Android yang memiliki konten Google Play dengan monitor TV, sehingga dapat digunakan untuk bermain games, Google voice search, dan Google cast.

Menurut Anita Pisceria, General Manager Product Planning Division PT Sharp Electronics Indonesia, seri ini diperuntukkan untuk segmen middle up. Tak heran, jika harga per unit tergolong tinggi. Untuk XU series dengan monitor 70 inch seharga Rp 129.9 juta, sedangkan jika layar 80 inch seharga Rp 189,9 juta.

Untuk meningkatkan engagement konsumen, Sharp melakukan pendekatan terhadap komunitas-komunitas yang memiliki kecenderungan spend money tinggi, seperti komunitas Ferrari, Lamborghini, dll. Juga, bekerja sama dengan Best Denki, Electronic City, dan Electronic Solution untuk penjualan. “Target penjualan kami tahun 2016 sekitar 20 unit/bulan untuk kedua jenis ukuran monitor 70 inch dan 80 inch 20 unit/bulan. Lalu juga target market share 10 persen untuk semua UHD,” jelas Toshio. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)