Cara Cerdas Menghadapi Gejolak Ekonomi

Bank Indonesia memerkirakan ekonomi mulai membaik di semester kedua tahun ini. Para pengusaha diminta cerdas menghadapi gejolak ekonomi global dan nasional yang sedang terjadi. Gejolak ekonomi global memengaruhi sendi-sendi perekonomian nasional dan menciptakan perubahan di berbagai sektor.

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, agen pemegang merk kendaraan Mitsubishi di Indonesia, mengajak konsumen setianya untuk menghadapi gejolak ekonomi lewat seminar bertajuk “Gejolak Ekonomi Global dan Indonesia, Siapkah Anda?” di Hotel Mulia, Jakarta.

“Kami berharap seminar ini dapat memberikan inspirasi kepada konsumen setia Mitsubishi Fuso untuk berperan serta dalam memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini dan di masa yang akan datang,” kata Presiden Direktur KTB, Hisashi Ishimaki dalam rilisnya.

Menurut dia, KTB ingin memberikan spirit positif, strategi serta pengetahuan yang bermanfaat di tengah situasi ekonomi yang sulit. Harapannya, bisnis bisa bertahan dan semakin berjaya saat ekonomi pulih kembali. Ini sejalan dengan spirit FUSO BIG BANG yang yakin dapat mempertahankan posisinya sebagai market leader kendaraan niaga di Indonesia.

DSC_0494

Akademisi Bisnis, Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Prof. Rhenald Kasali memberi materi yang terbagi dalam tiga sesi, yaitu faktor pemicu perubahan, Jokowinomics dalam era kepemimpinan baru, serta solusi langkah apa yang harus ditempuh oleh para pengusaha di tengah kondisi sulit seperti sekarang ini.

“Meski dalam situasi sulit, pengusaha harus terus kreatif membuka peluang. Apalagi pemerintah menjanjikan pembangunan infrastruktur yang membuat ekonomi lebih seimbang. Dengan kreativitas yang terus dipupuk, peluang tetap terbuka lebar bagaimanapun kondisinya,” katanya.

Ia mengimbau pengusaha untuk cerdas mengambil peluang dari perubahan besar-besaran yang tengah terjadi di Asia-Pasifik, maupun dari kerja keras dari presiden baru. Perubahan juga harus dilakukan, yaitu mengubah mental from passangers to be drivers, sehingga pengusaha memiliki prinsip kemandirian.

“Seminar ini sangat membuka wawasan saya mengenai kondisi yang sebenarnya terjadi, sehingga dapat mempengaruhi strategi perusahaan kami kedepannya,” kata Rudi Eko dari PT Sinar Niaga Sejahtera, salah satu fleet customer.

Darmadji, Managing Director OT Logistik mengatakan seminar ini sangat bermanfaat. Ini adalah wujud komitmen KTB dalam membina hubungan baik dengan para pelanggannya.

“Saya menjadi lebih optimis di tengah isu krisis yang beredar. Materi yang disampaikan Rhenald Kasali dapat saya aplikasikan terhadap strategi perusahaan. Melalui seminar ini KTB memberikan pencerahan kepada kami para konsumen,” Tulus Widodo, Owner dari PT Tenang Jaya Sejahtera.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)