Marketing Strategy

Cara Clear Tingkatkan Image Shampo Anti Ketombe Nomor 1 di Indonesia

Cara Clear Tingkatkan Image Shampo Anti Ketombe Nomor 1 di Indonesia

Jika Head&Shoulders punya Lionel Messi sebagai brand ambassador-nya, maka Clear punya Cristiano Ronaldo. Persaingan dua mega bintang sepakbola itu di lapangan seakan mewakili persaingan dua merek shampo anti ketombe paling laris tersebut di pasar global.

Khusus untuk pasar Indonesia, dua merek tersebut menggandeng artis sebagai brand ambassador. Pihak Unilever selaku pemegang merek Clear merangkul Ello dan Sandra Dewi, sedangkan P&G yang memasarkan Head&Shoulders memakai Asmirandah dan Darius Sinarthrya. Namun hari ini Unilever resmi mengangkat brand ambassador barunya dari kalangan atlet, yakni satu-satunya pembalap perempuan Indonesia di kelas Formula, Alexandra Asmasoebrata.

Keputusan Unilever mengontrak atlet yang akrab disapa Andra ini seiring dengan kampanye yang juga mereka launching hari ini, yakni kampanye “Cool Riders-Ayo Pake Helmmu!”.

“Pengguna sepeda motor di Indonesia jumlahnya sangat banyak, bahkan salah satu yang terbanyak di dunia. Pengendara motor itu sering dihinggapi masalah rambut lengket hingga ketombe karena penggunaan helm. Untuk itu Clear hadir memberi solusi,” ujar Susi Bong selaku Senior Brand Manager Clear di Jakarta, Selasa (26/3).

Kampanye tersebut menurut Susi tidak ditujukan untuk menaikkan penjualan Clear di Indonesia. “Kami sudah nomor satu, kampanye ini lebih ke apa yang bisa kami berikan kepada konsumen kami yang pada akhirnya bisa memperkuat image kami sebagai shampo khusus anti ketombe,” katanya.

Susi menjelaskan, Clear memiliki tujuh varian shampo yang semuanya mengandung formula anti ketombe. Dua varian, yakni Ice Cool Menthol dianggap sangat cocok untuk membidik para pengendara motor karena kandungan menthol yang dingin dan menyegarkan.

“Jika kondisi kepala dingin dan segar, maka pengendara motor tak ragu lagi untuk menggunakan helm. Menggunakan helm sangat penting untuk keselamatan inilah yang ingin kami kampanyekan.”

Kampanye Cool Riders-Ayo Pakai Helmmu! sendiri dilakukan baik secara on air maupun off air. Untuk kegiatan on air yakni penayangan iklan televisi yang dibintangi Alexandra Asmasoebrata.

Sedangkan kampanye off air dilakukan selama dua bulan dari 1 April hingga 31 Mei 2013, berupa rangkaian kegiatan yang diadakan di seluruh kota-kota besar di Indonesia. Rangkaian kegiatan meliputi program cuci rambut gratis hingga cuci helm gratis.

“Kami juga menggelar undian dengan hadiah utama Ducati Monster 795. Caranya mudah, kirim label Clear yang ada di depan botol shampo, kirim ke PO BOX CLEAR Jakarta 10000 atau kirim via website kami di www.clear.co.id . Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada 17 Juni 2013,” papar Susi.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved