Cara Gery Salut Rebut Hati Anak-Anak Indonesia

Siapa tidak kenal dengan Gery Salut. Sebagian besar anak-anak di Indonesia pasti tahu produk tersebut. Selain dia memang sering beriklan di televisi, tapi rasanya juga pas di lidah anak-anak. Maka itu, produk ini sudah pasti banyak penggemarnya. Jadi jelas produk makanan ringan ini tidak kalah dengan berbagai jenis produk sejenis bermerek asing atau lokal yang lain.

Tepat sekali jika merek produk ini memenangkan penghargaan di kategori coated wafer dalam Indonesia Original Brand (IOB) 2013 dari Majalah SWA. Setelah mendapatkan plakat penghargaan tersebut, Swa Online sempat mewawancarai Johanes Bayu Kristianto, Senior Brand Development Food Division PT Garuda Food Putra Putri Jaya. Yuk, kita simak apa kiat-kiatnya dalam membuat brand Gery Salut ini semakin dikenal masyarakat luas, khususnya anak-anak, serta akhirnya bisa menyabet penghargaan tersebut.

Johanes Bayu Kristianto, Senior Brand Development Food Division PT Garuda Food Putra Putri Jaya, ketika menerima penghargaan IOB 2013, dari Redaktur Eksekutif Majalah Swa, Kusnan M Djawahir Johanes Bayu Kristianto, Senior Brand Development Food Division PT Garuda Food Putra Putri Jaya, ketika menerima penghargaan IOB 2013, dari Redaktur Eksekutif Majalah Swa, Kusnan M Djawahir

Bagaimana perasaannya memenangkan penghargaan IOB 2013 dari Majalah SWA ini?

Senang sih sebagai pemilik brand ini bisa mendapatkan kehormatan sebagai Indonesia Original Brand (IOB).

Gery kan cukup terkenal di kalangan anak-anak, jadi bagaimana cara me-manage brand itu sendiri?

Untuk Gery ini sendiri kan kita menargetkan mulai dari anak-anak sampai remaja. Jadi mungkin salah satu cara untuk me-manage brand-nya, pertama kita pasti fokus ke end-user, yaitu kita membuat aktivasi-aktivasi untuk lebih mengenalkan produk-produk kita ke mereka. Kedua, kualitas pasti juga menjadi salah satu faktor yang utama kan, karena kita juga berusaha memberikan yang terbaik untuk anak-anak Indonesia. Lalu kita juga maintain partner-partner kita, seperti toko grosir, ritel, dan sebagainya.

Apakah melakukan survei juga kepada end-user?

Ya, itu adalah suatu hal yang pasti. Secara eksternal, kita akan terus menerus melakukan survei kepuasan pelanggan dan bagaimana respon mereka terhadap produk kita, masukan mereka seperti apa. Kemudian, apakah produk kita sudah sesuai dengan standar yang kita buat. Demikian juga secara internal, kita terus melakukan inovasi-inovasi dan beberapa improvement terhadap kualitas.

Gery sering beriklan di televisi, apa itu memang salah satu strategi promosi yang dilakukan brand ini?

Itu memang salah satu strategi, kan ada above the line (ATL) dan below the line (BTL). ATL kita lakukan dengan beriklan, yaitu mengenalkan produk kita secara lebih luas kepada khalayak ramai. Tapi BTL juga tetap kita jalankan, mulai dari aktivasi, seperti Gery ada program School to School. Untuk anak-anak kita ada lomba menggambar, untuk remaja kita ada program Secret Admirer. Jadi dua-duanya (ATL dan BTL) kita lakukan untuk mengenalkan produk kita kepada masyarakat.

Bagaimana cara Gery mengatasi persaingan dengan produk makanan anak-anak lainnya, baik yang merek asing ataupun lokal?

Karena ini merupakan salah satu produk yang sudah cukup lama dikenal, mungkin salah satu caranya adalah kita mempertahankan kualitas kita, ya kita pastikan produk kita tetap ada di top of mind lah dari anak-anak dan remaja. Caranya seperti tadi, kita ada ATL, yakni beriklan di televisi yang cukup masif. Yang kedua kita melakukan aktivasi di target kita, yaitu kita ke sekolah-sekolah. Kemudian, kita juga me-maintain partner-partner distribusi kita, grosir-grosir, ritel-ritel, sampai ke pasar-pasar.

Bagaimana dengan target di tahun ini, baik dari sisi produk maupun pendapatan?

Pastilah soal target, kita maunya growth kan, tapi dalam hal ini dengan cara yang baik ya. Artinya, untuk Gery Salut sendiri, saat ini kita sudah punya variasi produk yang cukup banyak, mulai dari wafer, egg roll, egg strout, malkist, dan lain-lain. Sebagai brand manager, saya ingin meng-extend variasi produk. Jadi strategi kita adalah memperbanyak variasi produk. Kita juga terus berinovasi dalam hal varian dan rasa. Kita tetap prioritaskan kualitas yang nomor satu.

Sebagai salah satu produk Garudafood, apakah Gery paling ditonjolkan dari perusahaan itu? Mengapa?

Di Garuda Food sendiri, di Divisi Food, kita ada makanan ringan dan biskuit. Kita (Gery) ini adalah satu brand di biskuit, lalu kita ada chocolatos juga. Orang pasti sudah kenal dengan produk-produk itu. Gery memang menjadi salah satu backbone untuk Garuda Food sendiri. Jadi penghargaan ini diharapkan bisa menjadi suatu pengingat bagi kita bahwa produk kita sudah dikenal cukup baik oleh masyarakat. Ini juga menjadi pemacu kita untuk semakin mengembangkan diri, bisa berinovasi, dan memberikan yang terbaik bagi semua masyarakat Indonesia. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)