Cara Kalbe Farma Membesarkan Hydro Coco

Kalbe Farma dikenal sebagai produsen obat dan makanan kesehatan yang andal. Tapi, ketika melahirkan Hydro Coco, Kalbe Farma memasuki area yang baru sama sekali, yaitu kategori beverage. Karena itu, Kalbe Farma pun aktif melakukan brand building? Apa saja yang dilakukannya? Arwin Hutasoit, Senior Brand Manager Hydro Coco, didampingi Amar Ramdani, Brand Executive Hydro Coco dan David Adisaputra, Brand Executive Hydro Coco menuturkannya kepada Nimas Novi Dwi Arini dari SWA Online:

Apa saja terobosan pemasaran selama 2-3 tahun terakhir?

Dua tahun terakhir kami banyak belajar dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya dan juga banyak melakukan consumer research untuk dapat membaca konsumen khususnya kategori beverage lebih baik, di mana kategori ini adalah bisnis baru bagi Kalbe. Terobosan pentingnya ada dua hal, yaitu dari sisi brand strategy dan distribusi.

Dari sisi brand strategy, brand building menjadi fokus kami, di mana dua tahun ini secara singkat kami coba membangun awareness, image dan trust dari konsumen, membuat komunikasi lebih mendapat image dan trust dengan memakai brand ambassador Nadia Hutagalung, dan setelahnya kami membuat komunikasi lebih relevan dengan konsumen, dengan menampilkan "reguler people" dan mengangkat insight dalam komunikasi tahun ini.

Selain itu, eksekusi aktivitias marketing, baik branding dan edukasi melalui event dan sampling juga menjadi key success point untuk Hydro Coco. Dari sisi distribusi tidak kalah penting, dua tahun terakhir kami fokus melakukan evaluasi area dan outlet dan kemudian paralel memperbaiki availability dan visibility produk kami di pasaran. Dua hal ini menjadi terobosan yang sangat impactfull di sisi produk.

Arwin Hutasoit, Senior Brand Manager Hydro Coco (pegang bola) Arwin Hutasoit, Senior Brand Manager Hydro Coco (pegang bola)

Apa saja inovasi yang dilakukan baik di bidang produk maupun pemasaran?

Inovasi selalu kami lakukan, di sisi produk, dua tahun lalu kami mengganti packaging dengan metalized cartoon tetra prisma dari Tetra Pak, sehingga saat produk didinginkan dalam cooler box atau container, pack lebih kuat dan tentunya tetap menjaga kualitas air kelapa yang ada didalam pack.

Dari segi pemasaran, banyak inovasi dari segi aktivitas marketing, dari sisi branding, event dan social media, kreativitas dalam branding menjadi salah satu poin penting, tidak hanya efektif tapi juga efisien. Contoh: branding stiker chiller, branding peraturan pada sport center, dan lainnya, selain itu untuk event kita fokus pada kegiatan olahraga atau light sports (umumnya olahraga yang "ringan" dan diminati banyak orang, seperti fun bike, running, atau senam) dan juga membuat kontes display yang menarik di antara outlet. Untuk social media, kami juga membuat event yang terintegrasi dengan social media, event Hydro Coco National Futsal Tournament, merupakan event futsal pertama yang terintegrasi dengan social media, baik saat on air maupun off air, dari event ini pertumbuhan fans dan follower di social media Hydro sangat baik,

Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)