CIMB Niaga Syariah, Tingkatkan Citra Merek dengan “Festival Online ”

Bung Aldilla, Kepala Sharia Consumer Banking CIMB Niaga.
Bung Aldilla, Kepala Sharia Consumer Banking CIMB Niaga.

CIMB Niaga Syariah, unit usaha syariah PT CIMB Niaga Tbk., mengimplementasikan pemasaran digital bertajuk Haya Online Festival 2020 untuk memudahkan akses masyarakat berbelanja melalui kanal digital di masa pandemi ini. “Ide dasarnya dari melihat gaya hidup syariah yang sekarang sedang tren. Kami mengambil tema Be Grateful and Celebrate Life. Jadi, tidak hanya mensyukuri telah diberi kesehatan dan keselamatan di masa pandemi ini, tapi juga harus celebrate life. Artinya, menolong orang lain dalam hal positif,” tutur Bung Aldilla, Kepala Sharia Consumer Banking CIMB Niaga.

Target acara virtual itu: meningkatkan citra merek CIMB Niaga Syariah, dengan mempererat relasi kemitraan antara mitra bisnis, komunitas, dan nasabah. Bung Aldilla mengatakan, pihaknya berkolaborasi dengan 130 pengelola merek (fashion, hobi dan aksesori, gadget, otomotif, pengembang properti, dan lembaga filantropi).

Jumlah pengikut (follower) potensial dari acara ini sebanyak 9 juta dan target pengunjung sebanyak 90 ribu. Sejumlah terobosan pemasaran digital dilakukan CIMB Niaga Syariah untuk meningkatkan pengunjung dan transaksi di Haya Online Festival 2020, misalnya menyediakan kode batang (quick response code/QR Code) untuk mengakses hayaonline.dream.co.id.

Guna memanjakan konsumen, acara ini memberikan free microsite belajar pemasaran digital, potongan harga 65%, reward untuk pengunjung setia berupa konser virtual grup Kahitna, promosi di berbagai media arus utama dan media sosial, seminar virtual (webinar) eksklusif, atau live streaming bersama influencer, dipromosikan berbagai media.

Bung Aldilla menyebutkan, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang bermitra di acara ini mengapresiasi free microsite lantaran bisa mempelajari pemasaran digital di masa pandemi Covid-19. “Sebagian besar merchant yang bekerjasama memberikan respons positif untuk belajar digital marketing. Jadi, kami tidak hanya hardselling, tetapi juga membuat komunitas UMKM yang bekerjasama dengan kami itu bersama-sama mempelajari digital marketing,” tuturnya. Sekitar 100 merchant terkurasi yang berpartisipasi di Haya Online Festival 2020.

Ada beragam dampak positif dan pencapaian yang menggembirakan dari acara yang digelar pada September-November 2020 itu. Disampaikan Bung Aldilla, jumlah total pemirsa (viewer) live Instagram sebanyak 4,8 juta --di akun IG dream.co.id dan CIMB Niaga; yang di YouTube ditonton 11.725 kali, serta valuasi komunikasi dan iklan senilai Rp 1,1 miliar.

“Hasilnya juga bisa dilihat dari sales volume funding yang kami peroleh sebesar Rp 424 miliar, pembiayaan perumahan dari incoming apps sekitar Rp 56 miliar,” ungkap Bung Aldilla. Pencapaian lainnya, ada 4.592 pemohon Syariah Card, pembiayaan berbasis syariah untuk membeli sepeda motor (Motor Xtra) sebesar Rp 8,4 miliar, CNAF Rp 3,9 miliar, dan transaksi valas di iB Forex senilai Rp 7,9 miliar.

“Hasil dari Haya Online Festival ini sangat membanggakan. Kami berharap ini bisa menjadi pijakan atau batu loncatan untuk industri perbankan, terutama perbankan syariah,” kata Bung Aldilla.

Ia menyebutkan, beberapa indikator keberhasilan lainnya, yaitu nilai sales volume funding pada kegiatan itu tercapai dalam dua bulan, atau lebih cepat dibandingkan di masa normal (prapandemi) yang membutuhkan lima bulan. “Acara Haya ini menjangkau customer lebih banyak, misalnya adanya konser online Kahitna yang memudahkan penjualan,” ujarnya.

Bung Aldilla mengatakan, pemasaran digital CIMB Syariah kian semarak karena menghadirkan solusi perbankan digital yang menginduk ke aplikasi yang dirilis perusahaan induk, CIMB Niaga. Sebut saja, aplikasi Go Mobil4.592e dan  OCTO Mobile. (*)

Yosa Maulana & Vicky Rachman

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)