CitiDirect Banking Evolution, Membuat Transaksi Nasabah Korporasi Lebih Efisien

Citibank Indonesia terus mengembangkan produk dan layanan perbankan digitalnya yang pastinya akan memudahkan nasabah korporasi mereka dalam melakukan dan mengontrol transaksi keuangan perusahaan. Pada tahun ini, Citibank memperkenalkan layanan CitiDirect Banking Evolution (BE) dengan fitur payment analytics yang memberikan visibilitas dari keseluruhan data pembayaran nasabah melalui tampilan dashboard interaktif sesuai dengan keperluan nasabah.

Adapun fitur lainnya yakni receivables vision yang dapat menampilkan proses data penerimaan untuk membantu nasabah dalam mengoptimalkan manajemen keuangan dan meningkatkan efisiensi likuiditas.

Citi Indonesia Digitization

Fitur populer lain dari layanan CitiDirect BE tersebut adalah CitiDirect BE Mobile yang memungkinkan nasabah untuk menerima notifikasi transaksi melalui SMS, melihat posisi saldo kas, dan melakukan otorasi transaksi pembayaran melalui smartphone atau tablet tanpa batasan waktu dan lokasi. Meskipun layanan CitiDirect BE dapat diakses melalui perangkat elektronik seperti PC, smartphone atau tablet kapan dan di mana saja, namun kecepatan dan keamanan penggunaan layanan ini telah diperhatikan dan diuji secara khusus oleh tim Citi Innovation Lab di Singapura dan Dublin, Irlandia.

“Dalam collection sampai payment di perusahaan, kami sudah mempunyai platform untuk membuat segalanya lebih efisien; layanan tersebut bernama CitiDirect Banking Evolution (BE). Dengan ini, nasabah korporasi bisa bertransaksi dan mengecek hal itu di smartphone atau tablet-nya. Jadi mereka bisa transaksi anytime, everywhere, dan realtime,” kata Riko Tasmaya, Managing Director Treasury and Trade Solutions Citibank Indonesia.

Riko juga menerangkan bahwa layanan tersebut selain bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan keuangan perusahaan, juga dapat mendukung gaya hidup para nasabah korporasi yang belakangan ini cenderung lebih mobile. “Dengan adanya layanan seperti CitiDirect BE Mobile, para nasabah tetap dapat mengontrol dan melakukan transaksi keuangan perusahaan walaupun mereka harus melakukan kegiatan lain di luar kantor,” ujarnya.

Citibank, jelas Riko, sudah mempunyai 6 ribu channel transaksi domestik, dan mereka adalah bank asing pertama di Indonesia yang sudah bekerja sama dengan PT Pos, dalam melakukan collection kepada para nasabahnya. Total nasabah korporasi Citibank yang aktif sampai saat ini ada sekitar 1000 nasabah, dan dari jumlah tersebut baru sekitar 150 nasabah yang sudah melakukan transaksi via CitiDirect BE Mobile, dan sekitar 700 nasabah sudah memakai CitiDirect namun melalui PC. Sekarang, di Citibank Indonesia, hanya 15% transaksi yang masih melalui bank, jadi ke depannya ditargetkan ada kenaikan dua kali lipat jumlah nasabah yang bertransaksi via mobile.

“US$11 miliar transaksi yang sudah kami lakukan melalui mobile. Ini sangat masif, mudah, dan mempunyai security tinggi. Target kami dalam 2-3 tahun ke depan adalah dua sampai tiga kali meningkatnya (volume transaksi via mobile). Sektor-sektor yang volume transaksinya banyak, jadi berubah ke online transaction, antara lain dari sektor farmasi, FMCG, pertambangan, penerbangan, asuransi dan manufaktur,” ucap Riko.

Riko menuturkan bahwa transaksi melalui CitiDirect BE sudah dimulai sejak Oktober 2013, tapi core-nya sudah dimulai jauh sebelum itu. Target pasar CitiDirect BE adalah perusahaan multinasional, perusahaan lokal yang top, dan perusahaan non finansial, seperti asuransi; tapi yang terbesar pangsa pasarnya yaitu dari (perusahaan) multinasional. “Untuk fee based income, dari (bidang) treasury dan payment yakni sebesar 25%-30% dari CitiDirect BE. Dan corporate banking berkontribusi sekira 30%-35% dari revenue Citibank keseluruhan,” ungkap Riko.

Selain CitiDirect BE, Citibank juga menawarkan layanan Treasury Vision, yakni sebuah layanan berbasis situs internet yang memungkinkan nasabah untuk memantau posisi keuangan perusahaan secara keseluruhan, melakukan perkiraan, serta mengelola likuiditas global dan risiko perusahaan secara lebih efektif. Untuk meningkatkan pengendalian sekaligus mempermudah manajemen penggunaan corporate cards atau kartu kredit perusahaan, Citibank juga menghadirkan Citi Manager yang setiap saat dapat mengkonsolidasi penggunaan corporate cards ke dalam layanan situs yang bersifat user-friendly.

“Kami percaya bahwa rangkaian produk dan layanan perbankan digital, serta jaringan global kami, dapat bermanfaat bagi pertumbuhan banyak korporasi di Indonesia. Sehingga mereka dapat mengkapitalisasi berbagai peluang yang ada saat ini maupun pada masa mendatang. Kami berkomitmen tinggi untuk terus menjadi yang terdepan dalam menghadirkan teknologi dan inovasi guna meningkatkan efisiensi, akurasi, dan keamanan pengelolaan transaksi keuangan nasabah korporasi,” tambah Tigor M. Siahaan, Citi Country Officer Citibank Indonesia.(EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)