Citigroup Luncurkan Program Percontohan Sita-Sewa

Untuk menghindari kerugian yang lebih dalam, Citigroup Inc. membuat program percontohan sita-sewa. Sebuah program yang memberi kesempatan kepada penunggak KPR untuk menyewa rumah yang sudah disita, asalkan mereka mau mengakui tak mampu lagi membayar cicilan.

Program percontohan ini akan diterapkan kepada penunggak KPR di wilayah  Arizona, California, Texas, Florida, Nevada dan Georgia yang dibiayai oleh Citigroup. Jika upaya percontohan ini berhasil, maka wilayahnya akan terus diperluas.

Sebanyak US$ 158 juta portofolio KPR bermasalah di wilayah tadi saat ini sudah dilelang. Pemenang lelang adalah perusahaan patungan yang dibentuk oleh Carrington Capital Holding Company LLC dan Oaktree Capital Management LLC, dua perusahaan yang berinvestasi pada aset real-estate bermasalah.

“Nantinya para pemilik rumah-rumah bermasalah itu mendapat kesempatan untuk menyewa rumah mereka jika mereka tidak mampu lagi membayar hipotek,” kata Bruce Rose, Founder and CEO  Carrington Holding Company LLC, seperti diberitakan Business Wire, Kamis (9/8).

Citi menunjuk Carrington sebagai mitra karena bank yang nyaris bangkrut di 2008 itu tidak memiliki pengalaman untuk mengelola program seperti ini sebelumnya.  Awal tahun ini, Bank of America Corp. meluncurkan program serupa terhadap 1.000 pemilik rumah di Arizona, Nevada dan New York. (Business Wire/Yahoo Finance/Lila Intana)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)