Marketing Strategy

Clear Superfresh Apple, Segar Dimanapun dan Kapanpun

Clear Superfresh Apple, Segar Dimanapun dan Kapanpun

Terobosan Clear Superfresh Apple tidak saja membebaskan rambut dari ketombe, tapi juga segar dan harum tahan lama. Menandai peluncurannya, Clear Superfresh Apple mensponsori Jakarta Internasional Java Jazz Festival 2014.

Semua mata tertuju pada rambut Sandra Dewi. Hitam, panjang, berkilau, sehat dan harum dimiliki rambut Sandra siang itu, saat konferensi pers di sebuah kafe di Jakarta Selatan. Rambutnya seperti idaman setiap wanita. Apa rahasianya? “Sejak keramas menggunakan Clear Superfresh Apple, rambutku tidak saja anti ketombe, tapi juga harum buah apelnya aku suka, sehingga membawa mood positif dan lebih percaya diri untuk beraktivitas sepanjang hari,” jelas artis sinetron,model dan brand ambassador Clear itu.

(ki-ka) Dewi Sandra, Johan Lie, Vivi Tri Andari

(ki-ka) Sandra Dewi, Johan Lie, Vivi Tri Andari

Sandra mengaku kehadiran Clear Superfresh Apple membantu aktivitasnya yang padat. Maklum, selain syuting, model, dia juga menjadi bintang tamu di sejumlah acara on air maupun off air. Jadi, keharuman shampo Clear Superfresh Apple yang tahan lama dapat menunjang penampilannya seharian.

Sensasi kesegaran sepanjang hari yang dirasakan Sandra bukanlah isapan jempol. Pasalnya, shampo ini diproduksi dengan formula khusus.“Keharuman dari ClearSuperfresh Apple kami ciptakan khusus, sehingga dapat bertahan lama agar setiap perempuan Indonesia dapat merasakan kesegaran sesungguhnya dari rambut bebas ketombe yang harum sepanjang hari,” jelas Johan Lie, Senior Brand Manager Clear – PT Unilever Indonesia Tbk.

Peluncuran shampo Clear Superfresh Apple tidak sembarangan. Sebab, produk ini diciptakan setelah melakukan survei mendalam. Berdasarkan hasil riset konsumen Unilever, ada tiga manfaat shampo yang dicari konsumen. Hasilnya bagaimana? Ditemukan bahwa sebanyak 39% konsumen mencari shampo yang dapat mengatasi masalah kesehatan pada rambut dan anti ketombe, jadi yang paling banyak dicari. Lalu, 35% konsumen menginginkan shampo yang dapat merawat dan menutrisi rambut, dan 28% mencari shampo yang dapat menunjang penampilan dan kepercayaan diri salah satunya adalah keharuman tahan lama.

Clear-Sandra

Selain itu, hasil riset konsumen Unilever menemukan bahwa frekuensi mencuci rambut dari tiga kali dalam seminggu menjadi empat kali sejak tahun 2004 sampai 2012. Oleh karena itu, Clear sebagai shampo anti ketombe nomor satu di Indonesia ingin memberikan pemahaman yang tepat akan rambut yang sehat.

“Kini rambut sehat bukan hanya sekadar bebas ketombe, tapi juga rambut segar yang harum tahan lama,” kata Johan. Maklum dengan rambut yang segar, setiap orang khususnya perempuan dapat melakukan aktivitas apapun, di manapun dan kapanpun.

Vivi Tri Andari, Technical Management Manager PT Unilever Indonesia Tbk., menambahkan, rambut yang tak berketombe tentu mencerminkan kebersihan dan perawatan diri kita, apalagi ditunjang dengan keharuman yang dapat membangkitkan mood positif dan kepercayaan diri seorang perempuan.

“Ketombe perlu diatasi secara tepat mulai dari sebab hingga gejalanya. Jika seseorang mulai mengalami kulit kepala kering dan pengelupasan kulit kepala berlebih yang dikenal sebagai ketombe (flake) disertai rasa gatal, maka sudah saatnya ia menggunakan shampo anti ketombe secara teratur. Gejala tersebut dapat disebabkan oleh jamur Malassezia yang berkembang lebih banyak dari biasanya dapat dikarenakan faktor higienitas atau kebersihan dan daya tahan setiap individu,” Vivi menguraikan.

Nah, untuk mengatasi ketombe mulai dari sebab hingga gejalanya, selain terdapat kandungan zinc pyrithione yang dapat mengatasi jamur berlebih, kata Vivi, Clear menciptakan formulasi khusus yaitu Nutrium 10 di setiap variannya termasuk Clear Superfresh Apple. Nutrium 10 yang mengandung nutrient, vitamin dan mineral bermanfaat untuk menutrisi hingga ke dalam tiga lapisan kulit kepala, melembabkan kulit kepala agar tidak mudah kering dan terkelupas, serta melindungi rambut dari pangkal hingga ujungnya.

Clear Dukung Java Jazz Festival 2014

Penyelenggaraan Jakarta Internasional Java Jazz Festival yang ke-10 tahun 2014 sungguh istimewa. Pasalnya, untuk yang pertama kalinya Clear mendukung festival jazz terbesar di dunia itu. Hal ini sekaligus menandai peluncuran varian shampo baru: Clear Superfresh Apple.

“Melalui Clear Java Jazz Festival 2014, Clear tak hanya memberikan suguhan segar musik jazz dari para artis internasional dan Indonesia terbaik, tapi juga kesegaran bagi penikmat musik yang hadir dari rambut yang tak berketombe dan harum sepanjang hari dengan Clear Superfresh Apple,”Johan Lie, Senior Brand Manager Clear, menjelaskan alasan Clear menjadi sponsor festival musik jazz tersebut.

Keputusan mendukung Clear Java Jazz Festival 2014 adalah keputusan yang tepat. Pengunjung konser musik itu tidak perlu khawatir akan penampilan mereka saat menikmati suguhan musik jazz di Clear Superfresh Hall. Dengan memiliki rambut yang segar berkat Clear Superfresh Apple, mereka akan semakin percaya diri karena rambutnya tak berketombe dan harum hingga penampilan musik favorit mereka berakhir.

Kehadiran Clear Superfresh Apple semakin marak dengan berbagai kegiatan yang menarik.“Sebagai shampoo anti ketombe no.1 di Indonesia dan sponsor utama dalam event ini, kami memberikan kesempatan kepada konsumen untuk dapat menikmati penampilan musik Clear JJF 2014 tidak hanya dengan tiket gratis melainkan juga untuk bertemu musisi favorit mereka secara langsung,”ujar Johan.

Adapun beberapa artis ternama yang tampil di panggung Clear Java Jazz Festival 2014 di JI Expo Kemayoran antara lain Jamie Cullum, India Arie, Natalie Cole, Incognito, Earth Wind & Fire, Sadao Watanabe, Agnes Monica, dan Krakatau. “Walaupun ini bukan kali pertama bagi Jamie Cullum dan beberapa musisi Jazz lainnya untuk hadir di Clear JJF, kami yakin mereka tetap akan memberikan pertunjukan yang segar dan menarik,” ujar Johan meyakinkan.

Asyiknya lagi, penonton dapat bertemu dengan musisi favorit secara eksklusif melalui promo seru saat event berlangsung. Caranya, peserta mengikuti Clear mirror tweet di beberapa spot yang telah disediakan. Mereka dapat mencari Clear mirror tweet di booth Clear dan tweet foto mereka. Bagi pemenang dengan foto yang paling mencerminkan superfresh moment, mendapatkan kesempatan untuk bertemu Jammie Cullum, Incognito, dan India Arie.

Paul Dank Meyer, Direktur Program perayaan 10 tahun Jakarta International Java Jazz Festival, menjelaskan, festival ke-10 ini adalah yang terbaik dengan 60 penampilan dalam sehari, lebih dari 180 pertunjukan selama 3 hari festival dan menampilkan 385 musisi mancanegara dan lebih dari 1.000 musisi Indonesia, sehingga diharapkan dapat memuaskan selera bermusik penonton Indonesia.

Setelah event berakhir, kenangan peserta bersama musisi idola didokumentasikan fotonya oleh Clear. Untuk menemukan foto-foto itu, peserta dapat mengunjungi website Clear.co.id, melalui teknologi fancam Clear yang interaktif, menarik dan pertama kali di Indonesia.

Bagaiman prospek shampo Clear Superfresh Apple? Liza Felicia, pakar marketing, berusaha menjelaskan masa depan shampo besutan Unilever ini. Menurutnya, kebutuhan konsumen akan shampo terus berubah. Jika dulu produk shampo sekadar untuk mecuci rambu, terus bergeser ke konsep 2 in 1 (shampo plus conditioner), lalu anti ketombe, belakangan ditambah vitamin, protein, treatment seperti creambath, sensasi jeruk nipis, menthol, dan sebagainya.

Brand awereness Clear sebagai shampo anti ketombe sudah kuat. Dan kini memanjakan konsumen dengan varian kesegaran apel yang alami sepanjang hari tentu akan meningkatkan loyalitas konsumen. Apalagi dulu iklan Clear “Siapa takut” sangat fenomenal dan memenangkan banyak penghargaan bergengsi. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved