Cocoa X’Tend Perkenalkan Kandungan Flavanol dalam Cokelat

Juliana Wijaya, pendiri Cocoa X’tend Indonesia yang menjual kakao bubuk untuk diminum. (dok. Cocoa X’Tend)

Tingginya kandungan flavanol atau senyawa antioksidan yang terdapat di biji cokelat membawa Juliana Wijaya selaku pendiri Cocoa X’tend Indonesia untuk menjual produk cocoa powder. Menurutnya, produk cocoa powder bukan hal baru bagi masyarakat Indonesia. Namun, umumnya produk minuman cokelat telah dicampur dengan bahan lain seperti kandungan gula tinggi, susu dan lainnya, serta tidak mencantumkan kadar flavanol.

Didirikan pada November 2019, hingga saat ini produk Cocoa X’Tend telah dijual secara online melalui marketplace dan jaringan reseller. “Cocoa X’Tend adalah cocoa powder dengan kandungan cocoa flavanol tinggi, murni tanpa gula dan aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Kandungan flavanol Cocoa X’Tend sebanyak 300mg sudah cukup untuk kebutuhan harian, baik untuk remaja hingga dewasa. Kami tidak menggunakan gula karena ingin memberikan pilihan kepada konsumen untuk menikmati Cocoa X’Tend sesuai selera masing-masing,” terang Juliana.

Sebagai makanan pendukung yang memiliki banyak fungsi bagi kesehatan tubuh, beberapa jurnal dan studi global telah mengulas manfaat flavanol dalam cocoa terhadap berbagai penyakit, salah satunya meringankan beban kerja jantung. Peredaran darah sehat sangat bergantung dari pembuluh darah elastis yang bisa didapatkan dengan konsumsi rutin cocoa flavanol minimal 200mg/hari. Cocoa flavanol dapat memperbaiki pembuluh darah yang tidak elastis sehingga meringankan beban kerja jantung dan meningkatkan fungsi jantung.

Fungsi lainnya, konsumsi jangka panjang 900 mg atau lebih cocoa flavanol per hari dapat membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Antioksidan dalam cocoa flavanol dapat merangsang produksi nitrat oksida dalam tubuh yang berperan dalam meningkatkan elastisitas pembuluh darah dan membuat tekanan darah menjadi normal.

Melansir laman MDPI, kandungan flavanol dalam cocoa dapat membantu penderita diabetes tipe 2 meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu mengurangi kandungan gula dalam darah.

Selain itu, menurut British Journal of Clinical Pharmacology cocoa flavanol dapat melancarkan aliran darah ke otak dan menimbulkan suasana hati yang positif. Dan konsumsi cocoa murni juga berpotensi mengurangi risiko penyakit alzheimer dan stroke.

Antioksidan tinggi yang terkandung dalam cocoa flavanol mempunyai sifat anti inflamasi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Selain digunakan dalam pengobatan, antioksidan juga melindungi kulit dari dalam terhadap proses oksidasi (penuaan dini). Efek jangka panjangnya, akan membuat kulit lebih cerah dan sehat.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)